Pemberkatan & Peresmian Gereja Paroki

Minggu, 23 Agustus 2015. Paroki kita, Paroki Santo Paulus di kota bertuah ini kembali mengukir sejarah. Gedung Gereja yang telah lama dicita-citakan umat telah paripurna, dan diberkati serta diresmikan.

Perayaan Ekaristi di mulai pukul 08.30 dengan iring-iringan yang dimulai dengan tarian dari Flores, misdinar, para prodiakon, petugas, para imam, dan Bapa Uskup, Mgr Martinus D Situmorang OFM Cap. Sebanyak sekitar 5000 umat menyaksikan perarakan tersebut dari tenda-tenda yang disediakan.

Perarakan berhenti di depan pintu gereja yang masih tertutup dan ter”palang” oleh tali janur yang siap dipotong.

Ketua Panitia pembangunan Gereja – Bapak Viktor Sihotang – membacakan kilas balik tumbuh kembangnya Paroki. Dilanjutkan dengan pemotongan tali janur oleh Bapa Uskup, dilanjutkan penabuhan gong dan pemberkatan seluruh bagian luar gedung gereja.

“Marilah memasuki rumah Tuhan,” demikian ucap Bapa Uskup di depan pintu Gereja yang terbuka, dan mempersilahkan iring-iringan petugas dimulai dari misdinar dan seterusnya sampai seluruh umat memasuki Gedung Gereja yang baru.

Altar diminyaki, diberkati, dipasang kain penutup dan seluruh peralatan perayaan diletakkan di atasnya. Perayaan nan agung ini dimeriahkan oleh orchestra dari siswa-siswi SMP St Maria.

Misa dipimpin langsung oleh Bapa Uskup didampingi pastor Paroki Pastor Franco Qualizza, SX dan Pastor Alex Suwandi Pr, beserta Pastor Florianus Sarno Pr dari Paroki Santa Maria, Pastor Sibagariang OFM Cap juga para pastor Xaverian yaitu Pastor Manuel Sãnchez Gutiērrez SX, Pastor Salvador Cruz Rojo SX, Pastor Franciskus Xaverius Sudarmanto SX, Pastor Yulius Tangke Bandaso SX, Pastor Nasarius Rumairi Marilalan SX, Pastor Casali Otello SX, Pastor Antonius Wahyudianto SX, Pastor Josē Robledo Sãnchez SX,  Pastor Antonius Suhud Budi Pranoto SX, dan Pastor Valentin Shukuru Bihaira SX.

Perayaan Ekaristi berakhir pukul 11.30, dilanjutkan dengan acara peresmian gereja meliputi penandatanganan Prasasti oleh Bapak Plt Gubernur Riau, Bpk Ir. Arsyadjuliandi Rachman, MBA dan Gembala Keuskupan Padang Mgr Martinus Dogma Situmorang OFM Cap, disaksikan oleh Walikota Pekanbaru Bpk. DR. Firdaus MT, beberapa pejabat pemerintahan dan juga tak kalah penting ketua rt/rw sekaligus pengurus Masjid dimana Paroki kita bertetangga dan berdomisili – Bpk H. Amri.

Acara hiburan dilanjutkan sampai pukul 15.00, ditutup dengan doa penutup dan berkat oleh Bapa Uskup.

Album Pemberkatan & Peresmian

This slideshow requires JavaScript.

Juru Foto:

Martinus Anwar Noviato ~ Hardi Gowonto ~ P.Salvador Cruz Rojo,SXFirsty Relia Renata, ST 

 

==============

Pesan Santo Paulus: 

“……dengan segala kerendahan hati aku melayani Tuhan.”

~ Kis 20:19

Perbuatan baik yang dilakukan orang bisa dilakukan dengan bermacam-macam alasan, bahkan tidak jarang dengan motivasi tersembunyi….

Ada yang kelihatannya melayani, namun sesungguhhnya popularitas yang dicari…

Panggilan Tuhan pada diri Paulus ditanggapi dengan sepenuh hati dan totalitas.

Dengan segala keusngguhan dan kerendahan hati ia memberikan diri dalam pelayanan.Meskipun mengalami tantangan dan pencobaan, bahwkan dari teman-temannya, ia terus melayani.

Bagaimana semangat pelayanan kita?