Berita perjalanan Pastoral Okt-Nov 2016

  1. Kunjungan Pastoral Bapak Uskup.

Bapak Uskup telah mengadakan kunjungan pastoral di paroki kita  10-14 September 2016. Dengan kunjungan ini kita mengalami pertemuan, perjumpaan, dialog/ “sharing”,  ramah-tamah dengan beliau. Dalam diri beliau kita melihat sosok Rasul,Nabi dan Guru yang patut kita teladani dalam hidup, panggilan, dan perutusan kita. Lewat berbagai kegiatan/pertemuan baik di pusat maupun di semua  wilayah sungguh nampak persekutuan (“koinonia”)  kita dengan “Gembala kita”,  teristimewa dalam Perayaan Ekaristi sebagai puncak  dan sumber persatuan, persaudaraan, persekutuan sejati. Menyinggung tentang “persekutuan”, beliau menegaskan “jangan ada orang/keluarga/kelompok yang terabaikan”.

  1. Rosario dan Misi.

Kebiasaan/tradisi untuk berkumpul sebagai suatu persekutuan dan berdoa Rosario khususnya di bulan Oktober jangan dilupakan. Dengannya kita akan semakin menyadari panggilan dan perutusan/misi kita  sebagaimana  diteladankan oleh Bunda Maria.  Adapun ujud misi Hari Misi Sedunia tahun ini (16 Oktober) adalah “Semoga dalam semua komunitas Kristiani Hari Misi sedunia memperbarui kegembiraan Injil dan tanggungjawab mereka untuk mewartakannya”.  Gereja/komunitas yang  hidup adalah Gereja/komunitas  yang misioner.

  1. Pesta Paroki St. Paulus

Dalam rangka Tahun Persekutuan dan Tahun Yubileum Kerahiman kita akan mengadakan “pesta separoki” pada HARI RAYA TUHAN KITA YESUS KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM tanggal 20 November 2016  Akan diadakan berbagai kegiatan/pertemuan/lomba dalam rangka pesta tersebut maka dimohon agar setiap kelompok/ kring/stasi/wilayah memperhatikan setiap informasi/pemberitahuan/undangan dari Panitia. Sangat di harapkan agar kita  semua ikut mengambil bagian atau berpartisipasi secara aktif sebagai tanda/wujud nyata persekutuan kita dan memperoleh/ mengalami belas kasih/Kerahiman Allah sumber sukacita, ketentraman, dan damai. “Belas kasih adalah tindakan Allah yang paling agung dan paling tinggi; dengan belas kasih Allah dating menjumpai kita. Belas kasih adalah hukum dasariah yang bersemayam di hati setiap insane yang dengan tulus menatap mata saudara dan saudari seperjalanan. Belas kasih adalah jembatan yang menghubungkan Allah dan manusia; belas kasih menumbuhkan dalam hati kita harapan bahwa kita akan dikasihi sepanjang masa meskipun kita berdosa”, kata Paus Fransiskus.

  1. Hari Orang Muda Katolik Indonesia (Indonesian Youth Day =IYD)

Akan diadakan Pertemuan Orang muda Katolik se-Indonesia  tanggal 1-7 Oktober 2016 di MANADO, Sulawesi Utara. Keuskupan kita Keuskupan Padang akan mengutus 100 orang OMK termasuk  4 orang dari paroki kita. Kita menyertai/mendukung mereka dengan doa-doa kita agar orang muda kita semakin mengenal/menyadari  identitas kekatolikan mereka dan semakin terlibat secara aktif dalam kehidupan menggereja dan masyarakat.

  1. Tahun Liturgi Gereja (TLG).

Penanggalan Tahun Liturgi Gereja (TLG) yang baru yakni Tahun A mulai pada Hari Minggu Adven I, 27 November 2016. Selama masa Adven hendaknya menghindari pesta pernikahan dan pesta adat.

  1. Kursus Persiapan Perkawinn (KPP): tanggal 11-13 November 2016 di paroki.

Pekanbaru, 26 September 2016.

Yulius Tangke Bandaso, SX

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s