Ketika tidak ada bintang penuntun…, Dimana Yesus ? (Hari Anak Misioner 2018)

  • HARI RAYA PENAMPAKAN TUHAN
  • HARI ANAK MISIONER SEDUNIA
  • Mat. 2:1-12

Bila kita mau mengunjungi seseorang di kota lain, mungkin pertama-tama kita akan bertanya kepada seseorang bagaimana caranya menuju ke sana. Mereka mungkin akan memberikan petunjuk umum dan menyarankan jalan terbaik yang seharusnya kita ambil. Hal lain yang bisa kita lakukan adalah melihat peta. Peta akan menunjukkan secara pasti bagaimana mencapai tempat yang akan kita kunjungi. Dalam perjalanan itu kita harus selalu mengecek peta untuk memastikan bahwa kita ada di jalan yang benar.

Setelah Yesus lahir, tiga orang bijak yang disebut orang-orang Majus, melihat bintang di langit yang menunjukkan lahirnya seorang raja. Mereka mengadakan perjalanan ke Yerusalem dan bertanya: “Di manakah Raja Orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya dan datang untuk menyembah-Nya.”

Mendengar pertanyaan orang-orang Majus yang mencari raja itu, Herodes sangat terganggu. Ia mengundang rapat para Imam Kepala dan Ahli-ahli Taurat bangsa Yahudi dan bertanya: “Di manakah Mesias diperkirakan akan lahir?” Para Imam mengatakan kepada Herodes bahwa ada nubuat nabi tentang Mesias yang akan dilahirkan di Betlehem. Lalu Herodes memanggil orang-orang Majus itu dan mengatakan kepada mereka: “Pergilah ke Betlehem dan carilah Anak itu. Jika kalian sudah menemukan-Nya, kembalilah dan beritahukan kepada saya, agar saya dapat pergi menyembah-Nya juga!”

Orang-orang Majus itu tidak mempunyai peta untuk menemukan Betlehem, tetapi mereka memiliki bintang penuntun. Mereka mengikuti petunjuk para Imam Kepala dan bintang yang Tuhan berikan untuk menemukan Yesus. Ketika menemukan Yesus, mereka menyerahkan hadiah, lalu berlutut dan menyembah-Nya.

Banyak orang, pria-wanita, tua-muda, dan anak-anak masih mencari Yesus. Banyak orang yang dengan senang hati mau menolong, seperti para pastor dan para pendamping Bina Iman. Namun tidak ada peta yang bisa dipakai untuk menemukan Yesus. Bintang penuntun pun tidak ada, tetapi kita dapat menemukan jalan menuju Yesus dengan membaca Kitab Suci. Peta dan bintang yang bisa menuntun kita kepada Yesus adalah Kitab Suci. Karena itu kita harus membacanya setiap hari untuk memastikan bahwa kita berada di jalan yang benar.

 

 

 

Misa Naatl BIA BIR Stasi St Agatha Kualu Tarai – Des 2017

 

 

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s