Stasi St Yohanes Don Bosco Rajawali – Masa Natal 2017

ALLAH HADIR SEBAGAI SAUDARA

Allah yang hadir sebagai saudara… Sukacita Natal begitu terasa pada perayaan Malam Natal dan Hari Raya Natal di Gereja Stasi St.Yohanes Don Bosco – Rajawali, Pekanbaru, Riau. Dengan tema Natal “ Hendaknya damai sejahtera memerintah dalam hatimu,karena untuk itulah kamu dipanggil menjadi satu tubuh dan bersyukurlah “ dan “Aku datang untuk melayani dan bukan untuk dilayani “ sebagai sub Tema Natal tahun 2017.

Tampak suasana yang berbeda dari Natal tahun-tahun sebelumnya, kali ini disudut ruangan tampak sebuah kreasi OMK (Orang Muda Katolik) berbahan botol mineral yang didaur ulang, ditata menyerupai gua Natal,dan pada perayaan Misa Kudus Malam Natal “gua” tersebut diberkati oleh Pastor Pancani SX, perayaan Misa Malam Natal, 24 Desember 2017, berlangsung hikmad walaupun dipertengahan acara sempat diguyur oleh hujan yang cukup lebat, tapi tidak mengurangi sukacita Natal ditengah-tengah umat yang hadir.

Rangkaian perayaan Natal dilanjutkan keesokan harinya yakni Misa Natal 25 Desember 2017, dalam kotbah nya Pastor Franco,SX menyampaikan, dalam Natal yang kita rayakan sabda Allah datang untuk diam dan menjelma menjadi manusia yang tinggal ditengah kita dan kepada siapa saja yang menerimaNya untuk menjadi Allah. Inilah yang merupakan misteri Natal yang kita rayakan bersama. Yesus anak Allah sungguh lahir didunia ini dari Perawan Maria yang terpilih menjadi bundanya. Tuhan telah datang ditengah kita, maka perayaan Natal memberi kesempatan bahwa Yesus telah membuka suatu harapan baru, yakni surga sudah disatukan dengan dunia agar kita sanggup menikmati kemuliaan sebagai anak Allah.

Dengan perayaan Natal yang kita rayakan secara sukacita menunjukkan kesungguhan kita menyambut anugrah Allah itu sendiri. “Lihatlah sang bayi yang terbaring dipalungan” seru pastor bersuara halus ini. Dia, bayi yang datang dari Allah,

Yesus menyatakan suatu sikap “Aku mencintai kamu, dengan apapun yang ada padamu, karna Aku sudah mengalami apapun di dunia ini, baik itu segala dukacita maupun sukacita, dan Aku akan bersertamu dalam keadaan apapun. Inilah point penting, dimana Allah itu hadir sebagai saudara yang menyertai seluruh hidup kita.

Dalam pesan Natalnya, seluruh para Imam mengajak kita memaknai bayi Yesus sebagai raja damai untuk dunia, damai yang membawa anugrah untuk kita. Damai itu boleh terwujud jika kita bersikap “saudara” kepada sesama. Kita memandang orang lain dalam kasih, bukan sebagai pesaing. Yesus sebagai Raja Damai, yang membawa damai bagi sesama, dimana damai itu sendiri bisa terealisasi jika kita mewujudkan kepentingan sesama, dan atas iman menerima, menghormati satu sama lain.

Dalam perayaan Natal juga diisi dengan agenda pelantikan pengurus kring yang ada di Stasi St.Yohannes Don Bosco, dengan susunan kepengurusan sebagai berikut :

  1. Kring St Fransiskus Xaverius : M.Sinaga (Ketua), S,Simarmata (Sekretaris), MS Br.Simanjuntak (Bendahara)
  2. Kring St Agustinus : G.Situmorang (Ketua), T.W Siregar (Sekretaris), M.Br.Sihotang (Bendahara)
  3. Kring St Petrus : R.Sihombing (Ketua), J.Tamba (Sekretaris), R.F Br.Aruan (Bendahara)
  4. Kring St Fransiska : O.Hutabarat (Ketua), Bp. Mujiono (Sekretaris), Y. Br. Hutapea (Bendahara)
  5. Kring St.Monika : Ignatius Suyanto (Ketua), J.Marbun (Wa.Ketua), Ny.Sitompul/br Turnip (sekretaris), L.Br.Manullang (Bendahara)
  6. Kring St Bernadeth : F.Br.Saragih (Ketua), E.Br.Sianturi (Sekretaris), R.Br.Ginting (Bendahara)
  7. Kring St Yosef : J.B Pasaribu (Ketua), A.Pasaribu (Sekretaris), Ny.Simbolon/Br.Manurung (Bendahara)
  8. Sring St Anna : Ny. Sigalingging /Br. Siregar (Ketua), Ny. Naninggolan/Br.Marbun (Sekretaris), Ny.Sitio/br.Hutagaol ( Bendahara)

Dengan dilantiknya pengurus kring yang merupakan ujung tombak pelayanan umat di Kring, diharapkan dapat sunguh-sunguh melaksanakn tugasnya dengan baik, dan meniru teladan Yesus, datang untuk melayani bukan untuk melayani, pesan Pastor setelah mereciki pengurus terpilih dengan air suci. Dengan berkumandanganya lagu Alam Raya Karya Bapa, maka berakhirlah perayaan Misa Natal 25 Desember 2017, dan dilanjutkan dengan acara Natal BIA-BIR. (MSS)

This slideshow requires JavaScript.

Malam Natal

This slideshow requires JavaScript.

Hari Natal

 

 

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s