Kunjungan Pastoral Mgr Martinus D Situmorang OFM Cap ke Wilayah III Paroki Santo Paulus

Firman Tuhan adalah pemberian diri – seperti embun dan hujan yang turun ke bumi dan tidak kembali ke langit sebelum mengerjakan apa yang menjadi tugasnya.

~Mgr Martinus D Situmorang OFM Cap (dalam homily misa penerimaan Sakramen Krisma di Wilayah III)

Kembali rombongan Misdinar, DPP, Suster, Diakon dan Bapa Uskup melangkahkan kaki ke Stasi St Sisilia Siabu – dimana sudah menanti para pengurus stasi Wilayah III bersama dengan 36 calon penerima Krisma, yang terdiri dari 15 calon dari St Fransiskus Xaverius Bukit Payung, 8 calon dari Stasi St Rafael PT Johan dan 13 calon dari Stasi St Caecilia Siabu.

Misa untuk penerimaan Sakramen Krisma di Wilayah III berlangsung Senin, 4 September 2017 jam 10.00 pagi, dipersembahkan langsung oleh Mgr Martinus D Situmorang OFM Cap.

Membaca Firman Tuhan berarti mengerti, bertemu dengan Tuhan, dan menangkap pesanNya. Ia tidak hanya memberi diri-Nya, melainkan menghendaki kita ambil bagian. Bapa adalah cinta, kekuasaan yang penuh dengan cinta. Ia mau kita serupa dengan Dia – berbelaskasih seperti  Bapa. Tuhan memberkati setiap orang untuk tumbuh dan berkembang. Bila kita mengikuti hal-hal  yang ditawarkan dunia ini, Tuhan akan mencari kita. Itulah yang terjadi seperti ketika Tuhan menyerahkan Anak-Nya. Tuhan memandang kita lebih penting  karena kita tidak dapat dibayar oleh apapun yang ada di dunia ini. Kita tidak saja bukan hamba atau budak yang menerima remah-remah, melainkan adalah kecintaan-Nya. Kita ini adalah kepercayaan Tuhan untuk menyebarkan cinta dalam kasih. “Kamu harus pergi menjadi saksi,” ucap Bapa Uskup mengakhiri homili beliau sebelum menerimakan Sakramen Krisma kepada pada calon.

Seusai Perayaan, seluruh umat menikmati santap siang bersama. Sementara ibu-ibu pengurus wilayah melayani umat wilayah III yang hadir untuk makan, rombongan bapa uskup dilayani oleh bapak-bapak pengurus wilayah dan pengurus stasi. Mereka – bapak-bapak – terlihat begitu luwes mondar-mandir membawa nampan, piring, lauk, buah sampai tissue untuk melayani rombongan Bapa Uskup yang terdiri dari DPP, Diakon, dan para putra-putri altar.

 

Bapak Matius Daryanto – Koordinator Wilayah III dalam kesempatan setelah makan siang menyampaikan beberapa laporan secara lisan tentang perkembangan umat stasi Wilayah III, dan dilanjut oleh Pastor Paroki untuk melangkapi. Dalam kesempatan ini, Bapa Uskup mengungkapkan rasa terimakasih – “bukan sekedar kata, melainkan dari hati yang paling mendalam” kata beliau – atas keterlibatan para pengurus stasi di wilayah III untuk membangun umat sedemikian rupa.

Hari yang menyenangkan dan mengesankan di Stasi St Sisilia Siabu sebagai tuan rumah penyelenggaraan Misa Krisma untuk umat wilayah III ini harus berakhir seiring dengan kembalinya rombongan Bapa Uskup ke Paroki.

Foto di Facebook Santo Paulus

 

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s