KEGIATAN PASTORAL PAROKI ST. PAULUS BULAN AGUSTUS DAN SEPTEMBER 2017

Saudara-saudari terkasih,

Selamat jumpa kembali melalui surat edaran ini.  Kita sudah melewati bulan Juni dan Juli yang telah diwarnai dengan masa ‘lebaran’ dan ‘libur sekolah’. Semoga saat-saat jedah dari rutinitas kerja dapat dinikmati dalam kebersamaan dengan keluarga.

Bulan Agustus dan September sudah terbentang di depan kita dengan berbagai kegiatan yang amat penting bagi paroki kita, yaitu antara lain:

  1. Kunjungan Pastoral Bpk Uskup ke paroki kita:

Mgr Martinus D Situmorang OFM Cap

Sebagai Gembala Utama di dalam Keuskupan Padang, Mgr Martinus D. Situmorang, OFMCap akan mengadakan kunjungan pastoral tahunan ke paroki kita tgl 2-7 September y.a.d. Dalam kunjungan ini ada even-even penting yang direncanakan, yaitu:

  • Kunjungan Bpk Uskup ke masing-masing Wilayah paroki dengan mengadakan perayaan Ekaristi dan penerimaan Sakramen Krisma (lihat jadwal terlampir). Perayaan-perayaan ini amat penting:  bagi calon-calon Sakr. Krisma, penerimaan Sakramen ini ibarat hari Pentekosta yang dialami oleh para rasul dulu. Maka persiapan harus sungguh mantap. Para pembina dan Pengurus stasi dimohon untuk sungguh memperhatikan agar tidak ada yang menerimanya asal-asalan saja.
  • Pelantikan DPP baru. Karena periode tugas DPP Lama sudah hampir selesai, maka pada akhir bulan Agustus (tgl 26/8) akan diadakan pemilihan DPP Baru. DPP Baru akan dilantik nanti oleh Bpk Uskup di gereja pusat paroki tgl 6 September.  Pemilihan dan pelantikan DPP Baru adalah juga suatu even penting untuk paroki kita yang perlu kita persiapkan dengan doa dan dengan tanggung jawab, karena jalannya kegiatan-kegiatan paroki selanjutnya banyak akan tergantung dari DPP yang kita pilih.
  • Dalam kunjungan ke masing-masing Wilayah Bpk Uskup pasti ingin mengetahui situasi di stasi-stasi kita, maka diminta kepada ketua-ketua stasi bersama dengan masing-masing ketua Wilayah utk mempersiapkan suatu laporan tentang keadaan yang dialaminya agar pengarahan dan bimbingan Bpk Uskup semakin mengena. Perayaan di gereja juga diharapkan dipersiapkan sungguh dengan baik. Di stasi Kualu Tarai dan di stasi Suka Ramai direncanakan pula kegiatan penggalangan dana untuk pembangunan gereja. Kegiatan ini pun perlu dipersiapkan dengan baik agar hasilnya memuaskan.

2. Pemekaran paroki St. Paulus:

Melihat luasnya paroki St. Paulus dan jumlah umatnya yang cukup besar, maka sudah lama Bpk Uskup merencanakan untuk memekarkan paroki kita ini. Paroki yang baru akan berpusat di stasi St. Yohanes – Kota Batak dan akan meliputi semua stasi Wilayah IV ditambah beberapa stasi dari paroki Pasir Pangarayan.  Pastor-pastor yang akan menggembalakan paroki baru ini ialah para pastor dari Tarekat SCJ. Di stasi Kota Batak sedang dipersiapkan tempat tinggal para pastor.  Waktu peresmian paroki yang baru telah ditetapkan oleh Bpk Uskup pada hari Minggu, tgl 8 Oktober 2017. Maka diminta kepada Ketua Wilayah, Pengurus stasi Kota Batak bekerja sama dengan Pengurus dan Umat Wilayah IV untuk membentuk Panitia Peresmian Paroki dan mengadakan segala persiapan yang layak untuk even yang penting ini.  DPP tetap akan terlibat dalam persiapan tersebut.

Dalam Proses pembangunan – RUmah Pastor Sementara di Stasi St Yohanes Kt Batak

3. Pentahbisan Pastor Xaverian Baru:

Dengan penuh rasa gembira kita telah menerima berita, bahwa seorang Diakon dari Serikat Xaverian yang baru selesai studi teologinya di Italia akan ditahbiskan di Paroki kita pada tanggal 21 Oktober mendatang.  Nama Diakon ini ialah Gordianus Afri, SX asal Manggarai (NTT). Panitia persiapan tahbisan sudah dibentuk oleh DPP dan kegiatan-kegiatan persiapan tahbisan ini sudah dirancang. Kita patut bersyukur atas anugerah seorang Imam baru ini dan atas kesempatan yang baru pertama kali diberikan kepada  paroki kita untuk merayakan pentahbisan seorang imam. Kami meminta agar segala kegiatan yang direncanakan oleh panitia pentahbisan ini diterima dan di dukung oleh kita semua. Semoga kegiatan-kegiatan persiapan pentahbisan ini dapat menjadi dorongan untuk munculnya panggilan-panggilan baru di paroki kita

Diakon Gordianus Ardi, SX

4. Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia (17 Agustus).

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita ikut mensukseskan kegiatan-kegiatan masyarakat dan Pemerintah setempat yang diadakan sehubungan dengan Perayaan 17 Agustus dan sedapat mungkin kita juga berkumpul untuk beribadat di gereja pada Hari Raya tsb untuk mensyukuri Tanah Air kita dan memohon perlindungan Tuhan atas Pemerintah dan atas seluruh rakyat Indonesia.

Kemensetneg Logo HUT RI ke-72

5. Bulan Kitab Suci.

Seperti sudah biasa kita lakukan setiap bulan September, tahun ini juga kita diminta untuk memanfaatkan bulan September untuk meningkatkan perhatian dan pengetahuan kita tentang Kitab Suci.  Di semua stasi dan kring diminta untuk mengadakan pertemuan Kitab Suci, menurut petunjuk dari bahan panduan BKSN yang akan disampaikan kepada kita.  Sekaligus kita diminta untuk mendukung segala kegiatan dari Sie Kitab Suci tingkat paroki, wilayah dan stasi.

BKSN 2017

Demikianlah yang kami sampaikan. Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasama demi lebih meningkatkan terwujudnya kerajaan Allah di paroki kita.

Pekanbaru, 28 Juli 2017

Salam & hormat

P. Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki

 

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s