PEMBINAAN IMAN, PENTAS SENI DAN OLAHRAGA OMK SE-PAROKI ST. PAULUS 

“AKU SIAP BERSAKSI”

  • Hari /Tanggal: Minggu-Senin / 25-26 Juni 2017
  • Lokasi: Gereja Stasi St.Yohanes Kota Batak

Ratusan Orang Muda Katolik turut serta mengikuti kegiatan Pembinaan iman, Pentas Seni dan Olahraga Se-Paroki. Kegiatan ini merupakan program regular yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali, yang juga merupakan program kerja Seksi Kepemudaan Paroki.

Tercatat sebanyak 503 peserta yang merupakan perwakilan kontingen dari 21 Stasi di wilayah Paroki St.Paulus ikut meramaikan acara ini. Adapun stasi yang turut hadir yaitu, Wilayah Pusat, Stasi Rajawali, Stasi St Veronika Palas, Stasi Kualu Tarai, Stasi Majapahit, Stasi Sriwijaya, Stasi Tambusai, Stasi Takuana, Stasi Rumbai, Stasi Muara Beringin, Stasi Muara Fajar, Stasi Salo, Stasi Siabu, Stasi Bukit Payung, Stasi Flamboyan, Stasi Petapahan, Stasi Sukaramai, Stasi Kota Baru, Stasi Kota Bangun, Stasi Indahkiat, dan Stasi Kota Batak sebagai tuan rumah.

Adapun tujuan dari kegiatan Pembinaan iman, Pentas Seni dan Olahraga ini adalah untuk memupuk kekompakan, kebersamaan, saling mengenal, dan tentunya tetap dalam rangka pembinaan iman Orang Muda Katolik dan disesuaikan dengan tema liturgy tahun ini yaitu kesaksian ( martirya ).

Kegiatan ini diawali dengan Misa Pembukaan yang juga dihadiri umat Stasi Kota Batak, Misa yang langsung dipimpin oleh P.Franco Qualizza, SX berjalan dengan khidmat diiringi dengan lagu-lagu koor yang dibawakan oleh OMK Wilayah Pusat, dan kostum persembahan yang bertema inkulturatif, menampakkan kesan kebhinekaan yang kuat di dalam tubuh OMK sendiri.

Setelah Misa Pembukaan selesai, Kegiatan dilanjutkan dengan Pembukaan secara resmi oleh Pastor, diteruskan dengan kata sambutan dari DPP, Seksi Kepemudaan Paroki dan Laporan Kegiatan dari Ketua Panitia Kegiatan. Dalam Laporan Kegiatan, Daniel Azhari Gultom yang juga sebagai Ketua OMK Paroki menyampaikan tentang Perjalanan Kepanitiaan, dalam laporan kegiatan tersebut juga dijelaskan mengenai peningkatan jumlah stasi dan jumlah kontingen OMK dalam event reguler ini meningkat sebesar 25 % dibandingkan dengan kegiatan yang sama dua tahun lalu di Rindu Sempadan. Setelah pembukaan acara secara resmi, peserta langsung diarahkan untuk registrasi ulang dan pembagian kamar, lalu seluruh kontingen diajak saling berkenalan dengan menampilkan yel-yel khusus yang telah disiapkan panitia. Tepat pada pukul 13.00 WIB acara dilanjutkan dengan penyampaian Materi oleh P.Beni Manullang, Pr yang membawakan materi dengan tema “ Kesaksian “ ditambah dengan pengetahuan umum mengenai dokumen dan ensiklik-ensiklik gereja . Pada Pukul 16.00 WIB lomba mazmur pun dimulai, seluruh peserta ikut menyaksikan perlombaan ini dan disore hari tepatnya pada Pukul 19.30 Wib dilanjutkan dengan perlombaan Cerdas Cermat, Lomba Vokal Group , dan Lomba Yel-yel. Rangkaian kegiatan pada hari minggu ditutup dengan doa malam yang dibawakan oleh perwakilan Stasi.

Kegiatan dilanjutkan kembali di pagi hari, dibuka dengan penyampaian materi oleh Mas Daud Darmono dengan judul “ Menjadi Saksi Kristus “, materi yang cukup berat ini dapat dengan mudah diserap oleh peserta karena disajikan dengan bahasa yang ringan dan ditambah dengan permainan gerak dan lagu oleh pemateri. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Pertandingan Volley Putra dan Putri, Lomba Tarian Nusantara, dan Lomba Tarik Tambang di sore harinya. Selurung rangkaian perlombaan selesai pada Pukul 17.30 WIB. Kemudian Panitia mengarahkan seluruh peserta untuk melaksanakan operasi bersih-bersih di lapangan dan didalam kelas.

Pada Pukul 18.00 WIB, panitia mengumumkan hasil perlombaan, Stasi Muara Fajar berhasil merebut juara 1 pada cabang perlombaan Bola Volley Putra, dan dicabang Putri berhasil direbut Stasi Kualu Tarai. Cabang Tarik Tambang, Tarian Nusantara, Vocal Group, dan Mazmur berhasil diboyong Stasi Wilayah Pusat, untuk Cabang Cerdas Cermat direbut oleh Stasi Bukit Payung, dan cabang Yel-yel dimenangkan oleh Stasi Rajawali. Berdasarkan akumulasi dari pemenang lomba maka di putuskanlah bahwa yang membawa Piala Juara Umum untuk dua tahun kedepan adalah wilayah Pusat.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini tentu saja memakan banyak tenaga dan pengorbanan , serta persiapan yang matang kurang lebih selama 3 bulan, Panitia yang dalam hal ini dipegang Langsung oleh Pengurus OMK Paroki Periode 2015-2018 ( Daniel , Fika, Christin ) dan Team, telah berupaya dan berusaha secara maksimal, namun masih banyak ditemukan beberapa kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan, tentunya hal tersebut menjadi evaluasi dan PR tersendiri tentunya bagi Pengurus OMK Baru yang rencananya akan dipilih dalam beberapa bulan kedepan. Untuk Output dari kegiatan ini kita berharap tentunya agar Orang Muda Katolik semakin berkembang baik secara pribadi maupun team, mampu bersaing dan tanggap dengan perubahan zaman, serta semakin tumbuh dan berkembang di dalam iman. Selamat berkarya, “Jadilah Saksi Kristus”.

~Fika Angela Silaban 

Foto tersedia di Facebook Paroki Santo Paulus

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s