Dari Pastor Paroki UNtuk seluruh umat – Juni 2017

Saudara-saudari terkasih,

 Kita sedang mengakhiri bulan Mei, bulan Maria, yang selalu membawa pencerahan dalam hidup paroki kita berkat ibadat doa Rosario yang diadakan umat kring dan stasi di rumah-rumah secara bergantian.

Bulan Juni dan Juli, yang terbentang di depan kita, merupakan suatu masa yang dinanti-nantikan, teristimewa oleh murid-murid / Siswa-i beserta guru-gurunya karena masa libur sekolah. Semoga masa libur tsb dapat dinikmatinya sepenuhnya. Beberapa ‘tips’ untuk menikmati liburan, antara lain:

  • Dalam perjalanan, patuhilah peraturan lalu lintas dan hormatilah sesamamu!
  • Dalam mencari kebahagiaan, janganlah lupa membahagiaan sesama!
  • Dalam bepergian, berjalanlah bersama Tuhan, janganlah membiarkan Tuhan ‘tertinggal’ di rumah!…

Mulai akhir bulan Mei dan selama bulan Juni Saudara kita dari agama Islam akan menunaikan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri. Kita menghormati dan mendukung mereka dalam ibadah dan perayaan tersebut agar mereka dapat memperoleh buah yang mereka harapkan dari padanya.

Di dalam paroki, di RAWIL RIAU dan di Keuskupan kita ada juga beberapa peristiwa penting yang patut kita perhatikan dalam bulan-bulan yang akan datang ini, antara lain :

  • OMK separoki St. Paulus pada tgl 25-26 Juni akan mengadakan Kegiatan Pembinaan Iman, Pentas Seni dan Olah raga di Stasi St. Yohanes Pembaptis Kota Batak. Dimohon dukungan moral dan dukungan dana dari Pengurus Stasi dan Umat agar kegiatan Pembinaan ini dapat berlangsung dengan baik.
  • Pada tanggal 26-30 Juni 2017 di Padang akan diadakan Pertemuan Para Imam sekeuskupan Padang dengan Bpk Uskup. Pertemuan seperti ini diadakan secara rutin dua kali setahun dan bagi para imam merupakan kesempatan untuk penyegaran rohani, untuk memupuk persaudaraan dan untuk menerima bimbingan dari Bpk Uskup.
  • Pada tgl. 3-5 Juli akan diadakan Pembinaan Anak-anak serta Pembinanya di Duri. Kegiatan ini diprakarsai dan disponsori oleh RAWIL RIAU. Diharapkan kerja sama Pengurus stasi dengan Seksi Pembinaan BIA Paroki agar kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan mencapai tujuang yang diharapakan.
  • Komuni Pertama.

Di beberapa stasi akan diadakan Komuni Pertama. Dimohon perhatian dari para pembina agar anak-anak calon Komuni I sungguh menyelesaikan kursus persiapan menurut petunjuk dalam buku panduannya, agar mereka mengerti makna dari Sakramen Ekaristi dan Sakramen Tobat dan sanggup menerimanya dengan sikap yang pantas.  Dimohon pula perhatian dan peran serta dari orang tua untuk membantu dan menemani anak-anak mereka untuk menerima ke dua sakramen ini.

  • Dengan memandang lebih jauh ke depan, kita ingat akan berakhirnya masa bhakti DPP dan Pengurus Stasi serta rencana pembaharuannya. Rencana DPP yang baru akan dipilih bulan Agusutus. nanti.
  • Kunjungan Pastoral Bpk Uskup tgl 2-7 September mengingatkan kita untuk meningkatkan persiapan penerimaan Sakramen Krisma di stasi-stasi. Untuk itu dimohon perhatian Pengurus Stasi agar persiapan diadakan dengan tanggung jawab. Dimohon juga bantuan dari Ketua masing-masing Wilayah beserta Ketua-ketua stasinya untuk merencanakan kunjungan Bpk Uskup di Wilayahnya. Untuk hal ini diminta koordinasi dengan Pastor/DPP.
  • Pentahbisan Imam Baru: Ada rencanA dua even pentahbisan imam di Keuskupan kita tahun ini:
    • Pada hari Rabu, tgl 26 Juli di Katedral Padang akan ditahbiskan imam projo untuk Keuskupan Padang dua orang diakon, yaitu: Wolfram Pr dan Prian Pr.
    • Pada hari Sabtu, tgl 21 Oktober di gereja pusat paroki kita akan ditahbiskan imam untuk Kongregasi Xaverian, yaitu: Diakon Gordianus Afri SX, yang baru selesai studi teologi di Itali. Peristiwa ini disambut baik oleh DPP yang menganggap “Suatu kehormatan dan karunia besar bagi Paroki kita” kesempatan yang diberikan Bapa Uskup dan Provinsial Serikat Xaverian dengan memilih paroki kita sebagai tempat pelaksanaan pentahbisan imam Xaverian ini.  Panitia Pentahbisan di paroki sudah terbentuk tgl 22 Mei. Berita selanjutnya tentang kegiatan panitia ini akan menyusul.

Kita semua diminta untuk memperhatikan dan mendoakan calon-calon imam ini. Semoga peristiwa-peristiwa pentahbisan ini membawa semangat baru di paroki kita, terutama di kalangan anak-anak dan OMK.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Semoga Tuhan memberkati segala usaha kita demi Kerajaan-Nya.

Pekanbaru, 26/5/2017

Salam dan hormat kami,

Franco Qualizza, SX

Pastor paroki

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s