ADA YANG PERGI DAN PERGI LAGI

P Casali Otello,SX – Pict. Ren

Ada yang pergi dan pergi lagi untuk selamanya. Begitu kira-kira situasi Xaverian di Indonesia saat ini. Pastor Otello Casali SX meninggalkan kita semua pada Rabu, 10 Mei 2017, sekitar jam 10.55 WIB. Dia meninggal di Rumah Sakit Yos Sudarso kota Padang, Sumatera Barat.

Pastor Otello bermisi di Paroki St Paulus Pekanbaru di masa akhir hidupnya. Itulah sebabnya, banyak umat paroki merasa kehilangan. Seperti umat ini, banyak juga kenalan lainnya yang ikut kehilangan. Mulai dari keluarga di Italia sampai kenalan di banyak daerah di Indonesia. Halaman facebook Xaverian Indonesia menerima banyak ucapan turut berduka dari para sahabat Pastor Otello SX yang tersebar di banyak tempat.

Di Indonesia, Pastor Otello bekerja di beberapa komunitas seperti Pekanbaru, Bagansiapi-Api, Dumai, Pekanbaru e Padang Baru. Pernah juga bekerja sebagai Prokurator Xaverian di Jakarta. Setelahnya, masih melayani di beberapa komunitas seperti Toasebio-Jakarta, Bukit Tinggi dan terakhir kali di Pekanbaru.

Beberapa mantan murid dan konfrater Pastor Otello SX di Italia berkomentar bahwa pastor ini punya semangat yang kuat. Semangat ini kiranya tampak dalam berbagai pelayanan yang ia buat. Sebelum ke Indonesia, semangat pelayanan ini yang ditawarkan Pastor Otello di beberapa komunitas di Italia seperti di Pulau Sardegna-Italia: Komunitas Macomer dan Cagliari.

BIOGRAFI

PASTOR OTELLO SX (82 tahun)

Lahir di Castel Vecchio, Prignano Secchia, kota Modena-Italia pada 20 Desember 1934.

Masuk Xaverian di kota S. Pietro in Vincoli-Ravenna pada 1 September 1954. Saat itu, Pastor Otello SX datang dari Seminari Keuskupan Reggio Emilia. Di kota ini, Pastor Otello mengikrarkan kaul pertama setelah menjalani masa Novisiat pada 12 September 1955.

Tiga tahun kemudian, Pastor Otello SX menerima Rahmat Tahbisan di Parma, tepatnya pada 21 Desember 1958.

Setelahnya, Pastor Otello SX melayani komunitas Xaverian di Pulau Sardegna (Macomer dan Cagliari) selama 6 tahun, dari 1959 sampai 1965.

Dari Italia, Pastor Otello SX dikirim ke Indonesia. Beberapa tugas yang pernah ia layani di Indonesia:

Selama 1965-1983: Menjadi Pastor Rekan dan Pastor Paroki di komunitas Pekanbaru, Bagansiapi-Api, DUmai, Pekanbaru lagi, dan Padang Baru.

Pada 1983-1986, Pastor Otello SX diutus kembali ke Italia dan menjadi Rektor di Komunitas Xaverian di kota Salerno, Italia Selatan.

Setelah 3 tahun itu, dia kembali ke Indonesia: di Komunitas Pasaman dan Sumai (1988-1995), Toasebio-Jakarta (1997-2000), Padang Baru (2003-2006), Bukit Tinggi (2006-2012), Pekanbaru (2015-2017).

Di sela-sela tugas pastoral ini, Pastor Otello SX juga melayani komunitas Prokura di Jakarta yakni pada 1995-1997 dan 2000-2002.

Rest in peace

Riposi in pace

Beristirahatlah dalam damai

Selamat Jalan Pastor, doa kami menyertaimu.

Gordi SX

Source: Xaveriani Indonesia

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s