Kamis Putih 2017 di Stasi St Yohanes Don Bosco Rajawali

Sejuknya udara malam turut serta mengiringi perayaan misa Kamis Putih di stasi St. Yohanes Don Bosco. Tepat pukul 19:00 WIB, perayaan misa dimulai yang dimulai dengan perarakan para petugas misa, para rasul dan diakhiri oleh pastor Kornelius Sipayung. Perarakan para petugas misa disambut meriah oleh para umat dengan menyanyikan lagu pembukaan. Para umat yang terlihat dominan menggunakan pakaian putih dan memenuhi ruangan gereja.

Perayaan misa berlangsung begitu tenang dan damai. Bacaan demi bacaan, mazmur hingga bait pengantar injil semua berjalan dengan baik. Dalam homili yang disampaikan oleh pastor Kornelius, ia menyampaikan bahwa meskipun manusia dipandang rendah oleh Allah, tapi dimata Allah manusiasungguh berharga dan sungguh dihormati. Seperti yang disampaikan Yesus kepada para muridNya “Jika Saya adalah rabi-Mu membasuh kakimu, maka hendaklah kamu membasuh kaki yang lainnya” maka didalam kehidupan nyata dapat kita implementasikan “Jika saya menghormati mu, maka hendaklah kamu menghormati orang lain juga”.

Oleh sebab itu, marilah kita belajar seperti Yesus meskipun Ia tuan, guru, rabi, Ia tetap mau menghormati murid-muridNya dengan melakukan pembasuhan kaki.

Perayaan misa dilanjutkan dengan pembasuhan kaki kedua belas para rasul yang diiringi oleh nyanyian dari seluruh umat nan indah. Diakhir perayaan misa dilanjutkan dengan Tuguran yang diikuti oleh seluruh umat. Tuguranpun berlangsung penuh hikmad yang dipimpin langsung oleh pastor.

~Gusmariani Tinambunan

Foto-foto di Facebook Santo Paulus Pekanbaru

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s