Kamis Putih 2017 di Paroki St Paulus

Kamis, 13 April 2017.

“Perjamuan pertama kali yang dilakukan Yesus, Yesus tidak mengenakan jubah seperti saya,” demikian ucap Pastor Otello Pancani, SX – yang mempersembahkan Misa Kamis Putih di Paroki. “Yesus mengenakan celemek. Menggunakan pakaian kerja seorang buruh, siap untuk melayani. Setelah Yesus memilih 12 murid, Ia tidak langsung mengajari murid-muridnya berdoa, tidak langsung mengajari mereka memuji Allah. Namun yang dilakukan-Nya adalah mendatangi tempat dimana orang sudah menunggu untuk disembuhkan. Yang Yesus paling perhatikan adalah kesehatan manusia. Yesus datang untuk melayani, untuk mencintai. Allah Yesus adalah Allah yang mencintai ciptaan-Nya.”

Misa Kamis Putih di Paroki, berlangsung mulai pukul 19.00 dengan perarakan masuk dari luar gereja. Kisah pembasuhan kaki-pun dlakukan pastor kepada 12 laki-laki dari beberapa kring.  Misa dimeriahkan oleh koor Ave Maria dan tarian persembahan.

Di akhir Misa, tanpa berkat penutup,  dilakukan ritus pemindahan Sakramen Maha Kudus di dalam sibori ke Tabernakel lain – dalam hal ini gedung fasilitas telah “disulap” menjadi tempat Tabernakel lain. Diadakan tuguran – (dijagai) terhadap Sakramen Maha Kudus secara bergantian. Tuguran dilaksanakan dengan doa, sedikit nyanyian, dan terutama “saat hening”, karena tuguran adalah bentuk partisipasi kita dalam doa bersama Yesus di Taman Getsemani. Di taman itu Yesus berdoa sebelum nyawanya disiksa oleh serdadu Yahudi. Pantas kiranya  suasana heninglah yang utama.

Foto-foto di Facebook Paroki St Paulus

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s