Pengantar Pastor untuk seluruh umat Des 2016-2017

Yth. Para Pengurus DPP, Wilayah, Stasi dan Umat se-Paroki St. Paulus Pekanbaru!

Selamat jumpa kembali melalui surat pengantar ‘Jadwal Kegiatan Pastoral Bulan Desember 2016 & & Januari 2017 ini.

Pesta Paroki yang kita rayakan di pusat paroki tgl 20 November merupakan puncak segala kegiatan di paroki tahun ini: suatu ungkapan indah dari kebersamaan kita sebagai paroki yang hidup dari kerahiman Bapa dan bersedia berjalan bersama untuk makin mengembangkan Kerajaan-Nya. Selanjutnya kita memasuki Tahun Liturgi Baru – masa Adven dan Natal – dengan berbagai peristiwa dan perayaan yang meminta perhatian khusus dari  kita, antara lain:

  • Tema untuk kegiatan pastoral tahun baru: Menurut rencana Keuskupan kita, tahun baru ini ialah tahun “Martyria”, yang artinya “Kesaksian”. Maka unsur-unsur hidup Kristiani, seperti Pewartaan, Peribadatan, Pelayanan, Persekutuan yang sudah kita geluti selama beberapa tahun terakhir ini, hendaknya sekarang dilihat dari segi penghayatannya: sejauh mana kita sanggup / mau memberikan kesaksian tentang apa yang kita imani itu dalam realitas hidup.  “Saatnya bersaksi untuk Gereja Mandiri dan Berbuah”, demikianlah tema yang dirancang oleh Keuskupan.  Tema tersebut selama masa Adven di paroki kita telah dijabarkan dalam empat sub-tema untuk direnungkan dalam pertemuan di lingkungan: “Kesaksian Hidup Dalam Keluarga”, “Kesaksian Hidup Dalam Gereja”, “Kesaksian Hidup dalam Masyarakat”, “Yesus, Maria, Yosep/ Keluarga Kudus sebagai Teladan Kesaksian”. Semoga kita dapat memanfaatkan pertemuan lingkungan dalam masa Adven untuk persiapan rohani untuk perayaan Natal dan Tahun Baru.
  • Sakramen Tobat: Suatu wujud penting untuk mempersiapkan diri merayakan Natal ialah menerima Sakramen Tobat. Pastor-pastor akan melayani Sakramen tersebut di beberapa stasi. Diharapkan agar umat memanfaatkan kesempatan itu untuk menerima Sakramen tersebut. Juga umat dari stasi-stasi lain berdekatan boleh saja bergabung untuk menerima Sakramen tersebut menurut jadwalnya.
  • Novena Natal: menjelang Perayaan Natal, umat Kristiani sudah biasa mengintensifkan persiapan melalui ibadat Novena Natal. Dianjurkan agar novena ini diadakan di stasi-stasi. Contoh buku panduannnya dapat ditemukan di kantor paroki.
  • Aksi Sosial Natal: Amplop untuk Aksi Sosial Natal akan diedarkan dalam rapat DPP Pleno. Sumbangan kita akan dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial di paroki kita.
  • Rapat DPP Pleno akan diadakan di pusat paroki tgl 9-10 Desember. Rapat ini bertujuan untuk membuat evaluasi tentang kegiatan-kegiatan pastoral di paroki selama tahun 2016 dan merencanakan secara garis besar kegiatan-kegiatan pastoral untuk tahun 2017. Rapat ini akan berhasil baik jika persiapan diadakan dengan saksama di masing-masing stasi, dengan mempersiapkan laporan dan mengisi-formulir-formulir yang sudah diedarkan, menurut petunjuk yang telah kita terima dalam surat undangan.
  • Natal OMK Separoki: Tgl 26 Desember akan diadakan Natal OMK separoki kita di pusat paroki. Diharapakan kerja sama yang baik dan dukungan dari pengurus dan umat stasi agar peristiwa ini dapat terlaksana dengan baik.
  • Natal Oikumene: Natal Agung Oikumene Gereja-Gereja, Umat, TNI, POLRI Dan PNS Provinsi Riau akan diadakan tgl 26 Desember, mulai pukul 18:00 WIB, di Gelanggang Remaja, Jl. Jenderal Sudirman Pekanbaru. Patutlah kita dukung perayaan tersebut dan, menurut kesanggupan, kita menghadirinya.
  • Tahun Baru 2017. Dalam suasana Natal kita akan sempat juga merayakan pergantian tahun.  Semoga perayaan tersebut dapat kita nikmati dalam suasana kekeluargaan dan penuh suka cita.

Demikianlah kami sampaikan.

Kepada Saudara sekalian atas nama para pastor dan Dewan Pastoral Paroki, kami ucapkan:

Selamat  menghayati dan merayakan Masa Adven, Natal dan Tahun Baru!

November 30, 2016

P. Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki

pleno

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s