Dari Pastor Yulius Tangke Bandaso,SX tentang Bulan Kitab Suci

Saudara-saudari terkasih, setiap mengikuti perayaan Ekaristi kita memang mendengarkan Sabda Tuhan. Tetapi hal itu kiranya tidak cukup. Gereja mengajak seluruh umat Katolik untuk membaca Kitab Suci agar kita semakin mengenal Yesus Kristus, Tuhan yang telah menyelamatkan kita. Dengan membaca Kitab Suci kita dapat mengenal Juruselmat kita dengan sungguh-sungguh. Tentang hal ini St. Hieronimus mengingatkan: “Tidak mengenal Kita Suci berarti tidak mengenal Yesus”.  Pembacaan Kitab Suci menjadi sarana yang sangat penting untuk membina relasi kita dengan Penyelamat kita.

“Sabda-Mu itu adalah pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku” (Mzm 119:105). Melanjutkan tema-tema tahun sebelumnya, Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) tahun 2016 mengambil tema: “Keluarga Bersaksi dan Mewartakan Sabda Allah”.  Kita umat Katolik Indonesia diajak untuk merenungkan bagaimana  keluarga menjadi saksi dan mewartakan  Sabda Allah di tengah Gereja dan masyarakat. Keluarga diajak  untuk terlibat  dalam bersaksi  dan mewartakan Sabda Allah dalam perkataan dan perbuatan. Keluarga tidak hanya hidup untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk Gereja dan masyarakat . Karena misi inilah maka motto BKSN 2016 adalah: “Hendaknya Terangmu Bercahaya….” (Matius 5:16).

 “Kamu adalah garam dunia.” Apakah kita sudah menjalankan permintaan  Yesus untuk menjadi  “ garam” dalam keluarga dan masyarakat?  “Kamu adalah terang dunia”. Apakah kita sungguh menampakkan keberadaan iman kita  di tengah masyarakat sebagai pengikut Kristus? Apakah kita sungguh menghadirkan  terang dalam keluarga dan masyarakat kita? Apakah kita berani melakukan kebenaran dan mencerahkan banyak orang dengan perilaku dan tutur kata kita yang baik?

Keluarga (Foto BKSN Wil 4 2013)

Keluarga (Foto BKSN Wil 4 2013)

Mari kita mengadakan  kegiatan/pertemuan dalam rangka BKSN di tingkat keluarga/stasi/wilayah/paroki.  Kita menjadikan Kitab Suci sebagai bacaan rohani dan tuntunan hidup. Semoga  dengan membaca, merenungkan, mendalami, belajar dan mengambil inspirasi dari Kitab Suci, Sabda Allah, kita menjadi “Terang yang bercahaya”.

~P.  Lius SX

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s