Penerimaan Sakramen Krisma untuk Wilayah I dan Wilayah Pusat 2016

Akan ada sukacita besar di surga karena 1 orang berdosa yang bertobat (Injil hari ini adalah Lukas 15:1-10)

Dalam pengantar teks misa dikatakan “ kita adalah manusia yang penuh dosa, namun demikian Allah selalu berbelas kasih. Ia tidak akan terus memperhitungkan dosa manusia. Yang justru lebih kuat adalah Allah mengasihi dan memberi kerahiman-NYA kepada manusia yang berdosa.”

Hari ini tgl 11 September 2016 di Paroki Santo Paulus Pekanbaru hanya ada 1 kali Misa yaitu Misa Penerimaan Sakramen Krisma yang dipimpin oleh Bapa Uskup Mgr. Martinus Dogma Situmosang, OFM. Cap. Usia boleh senja tetapi semangat beliau yang luar biasa membuat tidak pernah tampak capek. Sering umat yang lebih merasa gelisah melihat beliau tidak pernah capek menanggapi permintaan umat untuk bersalaman, berphoto (walaupun sebenarnya beliau tidak terlalu senang berphoto) tetapi karena hal-hal tersebut memberikan kebahagiaan bagi umat maka beliaupun mengabulkan semua permintaan umat. Sunggu tampak sikap humble, kebapaan namun tetap namapak karisma kepemimpinan Gerejawinya.

Pada hari ini ada 131 orang yang menerima sarana keselamatan Allah melalui Sakramen Krisma yang terdiri dari 71 orang berasal dari wilayah pusat, 48 orang dari Stasi Rajawali, 7 dari Arengka Ujung, 4 dari Stasi Majapahit dan 3 dari Stasi Tambusai. Tampaknya ada beberapa peserta sudah sepuh dan bahkan sudah biasa aktif dalam kegiatan dan kepengurusan stasi.

Seperti yang dikisahkan oleh Ibu Yohaneta “ beliau baru tahun lalu (2015) dipermandikan sebagai Katolik dan permandian dilaksanakan di Sungai Yordan saat beliau sedang berziarah. Sebelumnya beliau pemeluk Budha dan akhirnya memutuskan untuk satu perahu dengan iman yang dianut oleh anak-anaknya yang sudah dari kecil dipermandikan sebagai Katolik”. Ibu Yohaneta mengatakan “bahwa suaminya beragama Katolik juga tetapi anak-anaknya lebih mendapat bimbingan iman dari pengasuh mereka yang mengajarkan tentang iman Katolik dan mengajak anak-anaknya untuk selalu pergi ke Gereja saat mereka masih kecil-kecil. Sekarang anak-anaknya sudah pada dewasa dan juga tetap aktif dalam kegiatan menggereja”. Lebih lanjut Ibu yang masih tetap tampak cantik itu mengatakan waktu masih muda ia sibuk mencari uang terus maklumlah karena keluarga muda sehingga ia tidak terpikir untuk kegiatan-kegiatan rohani. Bukan berarti tidak bersyukur, tetap besyukur kepada Tuhan tetapi bekerja sepertinya lebih diutamakan untuk mendapat uang. Pada saat-saat itu ia bersyukur karena ada yang mampu membimbing anak-anaknya. Melihat anak-anaknya yang aktif dan setelah mengetahu tentang ajaran Yesus yang mengajarkan tentang cinta kasih, dan ajaran kasih itu juga di ajarkan oleh Sang Budha, maka ia melihat adanya kesamaan dalam hal cinta kasih dalam ajaran Sang Budha dan juga Ajaran Yesus. Akhirnya agar ia tidak berbeda perahu dengan anak-anaknya maka ia memutuskan untuk masuk Katolik hari ini menerima Sakramen Krisma.

Setelah Perayaan Ekaristi selesai dilanjutkan dengan acara peserta Krisma berphoto bersama Bapa Uskup dan membagikan sertifikat kepada masing-masing peserta Krisma. Kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah bersama dengan semua peserta Krisma, orang tua dan undangan dari DPP. Panitia untuk acara ini adalah dari orang tua Krismawan-Krismawati, yang menjadi ketua panitia adalah Bapak Purba.

Dalam acara ramah tamah Bapak Uskup uskup masih tetap menyempatkan diri untuk memberikan nasehat dan pengajaran karena di minta untuk menyampaikan sepatah kata. Dalam pesanya Bapak Uskup mengingatkan untuk selalu siap menjadi saksi dan rasul Kristus, menjadi rasul tidak hanya di sekitar gereja tetapi dimanapun kita di utus. Melalui tugas sehari-hari selalu dapat menunjukkan ke utamaan. Bersaksi dalam sikap tidak mudah putus asa. Dalam kehidupan yang tidak selalu indahpun masih tetap dapat menunjukkan sikap kebaikan-kebaikan. Sebagaimana di tunjukkan oleh para rasul Kristus.

~Rosalaura Purba, Foto Fika Angela Silaban

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s