Penerimaan Sakramen Krisma Wilayah II – 2016

Sabtu tanggal 10 September 2016 pukul 15.00 ada perayaan penerimaan Sakremen Krisma di Stasi Santa Monica Mejuah-juah. Penerimaan Sakremen Krisma dilakukan oleh Bapa Uskup Keuskupan Padang Mgr. Martinus Dogma Situmorang, OFM.Cap. Dalam Kunjungan Pastoral beliau tahun ini di Paroki Santo Paulus Pekanbaru penerimaan Sakramen Krisma di mulai di Wilayah II dan di pusatkan di mejuah-juah.

Adapun krismawan/wati berjumlah 84 orang yang terdiri dari Stasi Santa Lusia Rumbai 26 orang, Stasi Santa Veronika Palas 21 orang, Stasi Santa Elisabeth Muara Fajar 15 orang, Stasi Santa Monica Mejuah-juah 18 orang, dan Stasi Muara Beringin 5 orang. Peserta krisma tidak ada dari Stasi Takwana. Perayaan Ekaristi di iringi oleh Paduan Suara dari Rumbai.

Dalam kata pengantar Bapa Uskup berkata “Allah menyatakan diriNYA dalam kebenaran agar kita juga mendapatkan kebenaran tentang diri kita”. Dan dalam kotbahnya yang agak melucu tetapi tetap memberikan makna pelajaran beliau beliau berkata “ bahwa sudah lama tidak pergi ke Roma, dan beliau baru menyadari hal tersebut setelah ditanya oleh Pastor Pancani, SX. selanjutnya beliau berkata lagi “kalau pergi ke Roma yang utama dan tidak tergantikan adalah bertemu dengan Bapa Paus Fransiskus. Sedangkan kalau yang lain misalnya gereja-gereja tentu di sini juga banyak gereja termasuk di mejuah-juah yang didirikan oleh Pastor Veraro juga berbau Roma.”.

Lebih lanjut beliau berkata dalam kotbahnya “ Kita yang ambil bagian dalam perjamuan Ekaristi yang Imamnya, makanannya, minumannya, dan juga altarnya adalah Yesus sendiri, akan menerima rahmat yang berlimpah dari Allah. Barang siapa mengenal aku, karena rahmatKU, maka BapaKU akan langsung serta merta akan mencintai dia. Tuhan menjamin segala rahmat untuk kita maka kalaupun dalam hidup kita mengalami banyak kesusahan atau kalau kita terjerembab atau bahkan babak belur, kita menoleh saja kepada Tuhan dan maka kita tidak perlu takut Dia akan menjamin hidup kita. Selain untuk bekerja dan mencari nafkah tentu bersama dengan kekudusan hidup kita, kita juga menjadi saksi, rasul dan juga promotor-promotor keselamatan Tuhan, menjadi saluran rahmatNYA. Barang siapa sibuk dengan dirinya maka ia akan kehilangan dirinya.

Setelah acara misa dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan malam bersama. Dalam acara ramah tamah OMK Mejuah-juah menari dengan berpasang-pasangan diiringi nyanyian Karo, dan umat yang lain ikut menari dengan melakukan saweran. Selanjutnya uskup, pastor-pastor dan para suster menari. Ketua Panitia Acara ini adalah Koordinator Wilayah II yaitu Bapak Paulus Motoh. Dalam laporannya beliau juga melaporkan kondisi keuangan di semua stasi kecuali Takwana. Stasi mejuah-juah yang akan membangun mendapat bantuan dana dari Bapa Uskup sebesar dana pembangunan yang ada di Stasi Rumbai sekarang. Marilah hidup untuk memuliakan Allah yakinlah Tuhan akan selalu menyertai dan merahmatimu.

~Rosalaura Purba
Foto by Christin Malem

Untuk foto-foto penerima Krisma dapat dilihat dan diunduh di Facebook Bapak Kurniadi (Andre T)

 

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s