Turut Bersyukur dan Bergembira Bersama Xaverian

Pada tanggal 29 Agustus 2016 pukul 09.00 wib rombongan dari Paroki Santo Paulus Pekanbaru bergerak menuju Aek Nabara. Adapun tujuan perjalanan ini adalah untuk menghadiri tahbisan imam baru Xaverian yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus di Aek Nabara. Nama-nama ke tiga imam baru tersebut adalah Fr. Hotman Parluhutan Sitanggang, SX, Fr. Justin Hibur, SX, dan Fr. Ferdinandus Supandri, SX. Robongan tiba di Aek Nabara sekitar pukul 20.00 wib, hal ini nampak lama karena rombongan menikmati perjalanan dan berheti di beberapa tempat. Setibanya di tempat tujuan rombongan masih sempat sesi photo-photo dengan Bapa Uskup Pius Datubara, OFM.Cap. dan Bapa Uskup Anicetus Sinaga, OFM.Cap.  sambil menunggu rombongan yang belum tiba, karena memang berangkat belakangan. Jadi total rombongan kami yang berangkat ke Aek Nabara adalah 15 orang ditambah 3 suster dari gobah dan 1 ibu dari Kerinci. Pastor Natti, SX. sebagai tuan rumah, sibuk menerima tamu dibantu oleh suster-suster KYM. Sebagian tamu tidur di asrama, aula, dan sebagian di rumah umat.

Pagi hari tanggal 30 Agustus acara Misa Tahbisan dimulai pukul 08.30 Wib. Walau waktu sudah menjelang tetapi nampaknya belum begitu banyak umat yang hadir, baru beberpa orang saja yang tampak menduduki kursi-kursi yang telah disediakan pada podium di belakang gereja. Tetapi tanpa harus mengulur-ulur waktu acara tetap mulai dilaksanakan, yang diawali dengan perarakan dari depan gereka diiringi gondang batak. Walaupun umat tidak seramai tahbisan ditempat-tempat lain tetapi acara tetap hikmah dan khusyuk. Nampak ketiga imam muda diapit oleh keluarga dalam perarakan itu. Terlihat dari pakaian yang digunakan oleh keluarga bahwa 2 imam muda berasal dari Flores.

Dalam Kotbahnya bapa Uskup Anicetus Sinaga menegaskan 7 point penting yang harus dilakukan oleh seorang imam Serikat Xaverian. Yaitu seorang imam Xaverian harus melakukan Katese kepada umat, tidak hanya mengandalkan pengajaran dari guru agama tetapi melakukan pengajaran langsung kepada katekumen. Pastor-pastor yang hadir dalam acara pentahbisan ini ada 40 orang ditambah 3 imam muda dan 2 Uskup.

Setelah acara Misa selesaia kurang lebih pukul 12, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan pengumuman. Dalam pidato propinsial Serikat Xaverian yaitu Romo Anton, SX. mengumumkan penugasan ketiga imam muda tersebut yaitu ada yang bertugas di Italia, Philipina dan di Padang Baru. Pastor Hotman nampak senang karena bertugas di Padang Baru. Selanjutnya acara makan bersama dan acara ramah tamah.

Beberapa Pastor dari pematang Siantar ada yang langsung pulang setelah perayaan Ekaristi selesai. Sedangkan yang lain tetap bertahan sampai acara usai. Dalam kesempatan istimewa ini, tampak juga partisipasi petugas keamanan yang berseragam mapun tidak untuk membantu menjaga keamanan.

|Rosalaura P

 

Turut bersyukur dan bersukacita atas Tahbisan …
Semoga dilimpahi sukacita dalam hidup melayani dan keseharian…
Dan banyak terimakasih atas pilihan hidup yang istimewa ini.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s