BKSN 2016: Keluarga Bersaksi dan Mewartakan Sabda Allah

Dengan memasuki bulan September ini, umat Katolik Indonesia memasuki Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2016. Tema BKSN 2016 adalah Keluarga Bersaksi dan Mewartakan Sabda Allah. Keluarga dan Sabda Allah masih menjadi fokus permenungan BKSN 2016. Sebab, kedua hal tersebut merupakan arah dasar kegiatan kerasulan Kitab Suci Nasional 2012-2016. Ini merupakan hasil keputusan Pertemuan Nasional LBI 2012 di Wisma Samadi Klender. Setelah membahas tema keluarga yang bersekutu dalam Sabda (2013), beribadah dalam Sabda (2014), melayani seturut Sabda (2015), maka pada tahun 2016 umat Katolik Indonesia diajak untuk merenungkan bagaimana keluarga menjadi saksi dan mewartakan Sabda di tengah Gereja dan masyarakat. Keluarga diajak untuk terlibat dalam bersaksi dan mewartakan Sabda dalam perkataan dan perbuatan. Keluarga tidak hanya hidup untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk gereja dan masyarakat. Ini adalah amanat Tuhan Yesus Kristus. Ia mengajak pengikutnya untuk terus-menerus menjadi garam dan terang di tengah masyarakat. Karena misi inilah, motto BKSN 2016 dikutip dari Injil Matius “Hendaknya Terangmu Bercahaya” (Matius 5:16).

Buku panduan BKSN 2016 terwujud berkat kerjasama berbagai pihak. Secara khusus, kami mengucapkan terima kasih kepada Komisi Kerasulan Kitab Suci (KKS) Keuskupan regio Nusa Tenggara yang telah menyusun bahan-bahan permenungan dan pendalaman Kitab Suci. Bahan Pendalaman Kitab Suci untuk Dewasa disusun oleh Komisi KKS Keuskupan Atambua; untuk OMK disusun oleh Komisi KKS Keuskupan Agung Ende; untuk Remaja KatoliK disusun oleh Keuskupan Larantuka; untuk anak-anak disusun oleh Keuskupan Maumere, dan untuk Liturgi disusun oleh Keuskupan Ruteng. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada RP. Petrus C. Dogo SVD yang telah menyusun Gagasan Pendukung untuk BKSN 2016. Gagasan pendukung ini bertujuan untuk memberi wawasan pengetahuan dan penafsiran atas tema dan perikop yang akan direnungkan selama bulan September ini. Tak lupa kami juga berterimakasih kepada Yulius Ferry Kurniawan OFM yang selama ini mendesain logo BKSN, termasuk logo BKSN 2016; dan akhirnya kepada Staf Naskah LBI yang membantu mengedit naskah dan membuat layout buku ini.

Akhir kata, semoga buku panduan BKSN 2016 bermanfaat bagi kita semua dalam merenungkan, mendalami, belajar dan mengambil inspirasi dari Kitab Suci, Sabda Allah bagi kita. Kita berharap supaya apa yang menjadi arah dasar LBI selama 4 tahun terakhir ini bisa terwujud maksimal, yaitu menjadikan keluarga semakin akrab dan mencintai Kitab Suci. Dari situ, keluarga menjadi ujung tombak gereja dalam menjadi saksi Kristus di tengah masyarakat, dengan berani mewartakan Sabda Allah, dalam perkataan dan perbuatan.

PENGURUS LBI

Klik Gambar untuk unduh panduan

Klik Gambar untuk unduh panduan

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s