Menuju Paroki Baru – Kring St Yohanes Minas ke Paroki St Yohanes Pembaptis Perawang

MInggu, 3 Juli 2016, pukul 15.00 diadakan Misa bersama di Aula HKBP Ress Judika Minas di sekitar kawasan Camp Chevron Minas. Misa dipimpin oleh Pastor Franco Qualizza, SX didampingi Romo Paulus Driyan Suwandi, SCJ. Misa yang dihadiri oleh Dewan Paroki Harian St Yohanes Pembaptis Perawang, Dewan Paroki Harian St Paulus Pekanbaru, Dewan Stasi Santa Lusia Rumbai, beberapa umat dari Stasi Karo Simalem, Stasi Menjuah-juah, stasi-stasi dekat baik dari paroki St Yohanes Pembabtis maupun dari Paroki St Paulus, dan terutama umat dari Kring St Yohanes  Minas yang bernaung di bawah Stasi St Lusia RUmbai – memiliki tujuan khusus, yaitu menyerahkan Kring St Yohanes Minas ke dalam naungan Paroki St Yohanes Pembatis Perawang.

Misa berakhir pukul 16.30, dilanjutkan dengan beberapa ucapan sambutan yang dipandu oleh Bapak Budi Suyudi.

Sambutan pertama datang dari Bapak Rinto Silaban yang merupakan ketua Kring St Yohanes. Beliau benryukur atas bimbingan yang diterima selama ini dari para pengurus Stasi St Lusia, dan walaupun sedih, takut, beliau menyatakan bahwa Kring St Yohanes yang akan diserahterimakan ke Paroki St Yohanes ini akan bekerjasama dan berpartisipasi dalam kegiatan dan arahan dari Paroki baru mereka.

Sambutan disambung oleh Bapak Paulus C Motoh selaku Ketua Stasi St Lusia Rumbai, yang menyempaikan sambutan sangat singkat, menyemangati umat yang akan diserahkan untuk terus semangat, jangan takut, dan agar tetap berusaha untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan.

Pastor Franco Qualizza, SX, dalam kesempatan beliua sebagai Pastor Paroki St Paulus Pekanbaru mengungkapkan perasaan bahwa keadaan saat ini diibaratkan seperti sebuah keluarga yang memiliki anak yang telah dewasa yang menemukan tempat baru untuk berkembang, menjadi satu komunitas sendiri. Tak lupa beliau berterimakasih kepada pengurus dan umat Stasi St Lusia Rumbai atas bimbingan yang diberikan kepada Kring St Yohanes, dan juga kepada Paroki St Yohanes Pembaptis Perawang yang sudah mau bersabar dalam menanti serah terima ini, karena toh secara geografis memang Kring St Yohanes ini lebih dekat ke Paroki Perawang.

Setelah sambutan Pastor Paroki St Paulus, beberapa “tanda kasih” diserahkan, lalu beberapa perwakilan umat Kring St Yohanes diselubungi oleh satu ulos besar dan digiring oleh Pastor Franco Qualizza SX dan Bapak Paulus C Motoh kepada Pastor Driyan Suwandi SCJ dan DPP St Yohanes Pembaptis Perawang. Prosesi ini menyimbolkan bahwa umat-umat Kring St Yohanes Minas telah diserahkan oleh Pastor Paroki St Paulus dan Stasi St Lusia Rumbai ke Paroki St Yohanes Pembaptis Perawang.

Dalam sambutan penerimaan, Romo Driyan Suwandi SCJ mengucapkan terimakasih dan menghimbau kepada Kring baru yang akan segera menjadi stasi diparoki yang dibimbing beliau agar jangan takut, karena bersama Paroki dan Stasi akan tumbuh dan semoga menjadi kekuatan untuk bertumbuh menjadi mandiri dan berbuah.

Acara yang diketuai oleh Bapak T K GInting ini dilanjutkan dengan makan menjelang sore bersama, doa penutup, berkat dari Rm Driyan Suwandi SCJ, dan foto bersama.

Foto tersedia di facebook Paroki Santo Paulus Pekanbaru

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s