Pengantar Kegiatan Pastoral Paroki Juni-Juli 2016

Yth. Para Pengurus Stasi dan Umat se-Paroki St. Paulus Pekanbaru!

Selamat jumpa kembali melalui surat pengantar ‘Jadwal Kegiatan Pastoral Bulan Juni & Juli 2016’ ini. Disegarkan oleh kegiatan-kegiatan devosi kepada Bunda Maria selama bulan Mei, kita menatap penuh pengharapan pada yang disajikan kepada kita selama bulan Juni dan Juli, antara lain:

  1. HARI RAYA HATI KUDUS YESUS (Hari Jumat tgl 3 Juni). Perayaan ini mempunyai makna penting bagi kita dalam tahun Kerahiman Ilahi: Hati Kudus Yesus yang ditembusi tombak, untuk membebaskan kita dari dosa, menunjukkan secara konkrit betapa besarnya belaskasih / kerahiman Allah untuk kita manusia.  Kita akan dibantu untuk merenungkan misteri KERAHIMAN ILAHI ini oleh P. Agustinus Yew, pakar dalam bidang ini.  Beliau akan memimpin Kurban Misa Hati Kudus Yesus (tgl 3/6/’16) dan selanjutnya sampai hari Sabtu malam Beliau akan memimpin juga suatu seminar tentang Kerahiman Ilahi di pusat paroki. Seminar tsb. ditujukan kepada pengurus stasi dan kepada semua orang yang ingin mengembangkan devosi kepada Kerahiman Ilahi.
  2. ORANG MUDA KATOLIK (OMK): Dua kegiatan penting sedang dipersiapkan, yaitu:
    1. PEMBINAAN OMK RAWIL RIAU DI PERAWANG (tgl 23-26 Juni). Jumlah peserta yang diminta dari masing-masing paroki ialah 60 org. Maka terbuka kemungkinan kepada semua stasi untuk mengutus OMK-nya. Kriteria seleksi diserahkan kepada Sie Kepemudaan DPP beserta Pengurus OMK Paroki. Mengingat pentingnya pembinaan OMK, maka kegiatan ini disponsori terutama oleh RAWIL RIAU.
    2. DIOCESAN YOUTH DAY (DYD) tgl 1-8 Juli: Hari OMK keuskupan ini akan diselenggarakan di paroki Muara Siberut (Mentawai). Sudah menjadi suatu kebiasaan di keuskupan kita untuk menyelenggarakan DYD sekali dua tahun. Tahun ini kegiatan DYD dimaksudkan juga sebagai persiapan untuk INDONESIAN YOUTH DAY (IYD) yang akan diselenggarakan di Manado (Sulawesi Utara) tgl 2 Oktober 2016.  Kriteria seleksi baik untuk DYD maupun untuk IYD tetap pada Sie Kepemudaan Paroki dan Pengurus OMK Paroki.
Seleksi Peserta Lomba Bola Voli wilayah 3 dan 4 OMK St.Paulus Pekanbaru menuju Temu OMK Rawil Riau Daratan - Foto OMK St Paulus

Seleksi Peserta Lomba Bola Voli wilayah 3 dan 4 OMK St.Paulus Pekanbaru menuju Temu OMK Rawil Riau Daratan – Foto OMK St Paulus

  1. KOMUNI PERTAMA: Beberapa stasi sudah mendaftarkan diri untuk perayaan Komuni Pertama. Dimohon perhatian dari para pembina agar anak-anak calon Komuni I sungguh menyelesaikan kursus menurut petunjuk dalam buku panduannya, agar mereka mengerti makna dari Sakramen Ekaristi dan Sakramen Tobat dan sanggup menerimanya dengan sikap yang pantas. Dimohon pula perhatian dan peran serta dari orang tua untuk membantu dan menemani anak-anak mereka untuk menerima ke dua sakramen ini. Pembinaan untuk menerima Komuni Pertama dan untuk Sakramen Krisma janganlah juga dibatasi hanya pada masa sebelum menerima, Sakramen-sakramen tersebut, melainkan seharusnya diteruskan sebagai suatu pembinaan berkelanjutan untuk membiasakan anak-anak menerimanya dan menghayatinya sepanjang hidupnya dengan penuh rasa hormat dan syukur.
  2. SAKRAMEN PERKAWINAN: Berkaitan dengan masa libur, cukup banyak pernikahan direncanakan dalam bulan Juni-Juli. Sayangnya masih ada kasus pernikahan ‘instant’ yang tentu tidak dapat dilayani oleh Gereja. Apakah ada yang masih lupa bahwa syarat pertama dalam persiapan pernikahan ialah melaporkannya ke kantor paroki setidaknya tiga bulan sebelum pelaksanaannya?….
  3. Dengan memandang lebih jauh ke depan, kita ingat akan KUNJUNGAN PASTORAL BPK USKUP bulan September (9-15/9/2015). Peristiwa ini mengingatkan kita untuk meningkatkan PERSIAPAN PENERIMAAN SAKRAMEN KRISMA di stasi-stasi. Dimohon perhatian dari Pengurus Stasi untuk persiapan Sakramen Krisma. Dimohon juga bantuan dari Ketua masing-masing Wilayah beserta Ketua-ketua stasinya untuk merencanakan kunjungan Bpk Uskup di Wilayahnya. Untuk hal ini diminta koordinasi dengan Pastor/DPP.
  4. Selama bulan Juni dan minggu pertama bulan Juli Yulius, atas permintaan Pastor Provinsial Xaverian dan seizin Bpk Uskup, akan membantu paroki di Aek Nabara (SUMUT) yang membutuhkannya. Kita menyertai P. Yulius dalam tugasnya ini dengan doa. Berbahagialah umat paroki Aek Nabara dapat bertemu kembali dengan mantan Pastornya… Pasti tidak kurang bahagia P. Yulius, apa lagi atas kesempatannya untuk mengasah kembali logat Batak dengan segala pepatahnya. Sekaligus kita memaklumi adanya kekurangan tenaga pastor di paroki kita.
  5. Masa Ibadah Puasa untuk yang beragama Islam: Dalam bulan Juni dan Juli Saudara kita dari agama Islam akan menunaikan ibadah puasa. Kita menghormati dan mendukung mereka dalam ibadah tersebut agar mereka dapat memperoleh buah yang mereka harapkan dari padanya. Ini kesempatan baik bagi kita untuk menjalin hubungan yang baik melalui kunjungan dan silaturahmi dengan mereka.
  6. ‘Last but not least’: “Selamat” diucapkan kepada semua murid-murid / siswa-i beserta orangtuanya dan guru-gurunya atas pencapaian garis finish tahun ajaran! Semoga semua merasa senang dan puas atas hasil prestasinya. “Selamat” juga dalam menikmati masa libur! Suatu nasehat: hati-hati di jalan…. dan jikapun berjalan jauh janganlah tinggalkan imanmu di rumah karena tidak ada tempat di mana Tuhan tidak menunggumu dengan wajah-Nya yang berseri!

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Semoga Tuhan memberkati segala usaha kita demi Kerajaan-Nya.

Pekanbaru 21 Mei 2016

Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s