Mengintip KAPITEL PROVINSI XVI Serikat Xaverian – Indonesia

Bertempat di ruang perpustakaan Biara Xaverian, Padang, pada Senin malam tanggal 25 April 2016 lalu, 18 anggota kapitel bersama P. Mario Mula dan P. Eugenio Pulcini, wakil Direksi Jenderal dari Roma, mengawali kegiatan Kapitel Provinsi XVI Xaverian Indonesia. Kehadiran para anggota kapitel dengan kompisisi multikultural yang penuh warna itu mencerminkan keanekaragaman negeri dan daerah asal kebangsaan yang berbeda: Indonesia (terdiri dari berbagai kelompok etnis lokal seperti Jawa, Toraja dan Tionghoa), Italia, Meksiko, Spanyol, dan untuk pertama kalinya, wakil dari Afrika, yakni Republik Demokratik Kongo.

Kegiatan kapitel ini diselenggarakan dalam bahasa Indonesia—seperti kebiasaan selama beberapa waktu, mengingat komponen keindonesiaan yang kuat, yang merupakan karakteristik dari provinsi ini. Di pihak lain, hal tersebut menuntut adanya kebutuhan untuk terjemahan langsung bagi kedua wakil Direksi Jenderal dari Roma yang tidak bisa berbahasa Indonesia. Akan tetapi, hal ini tidak menciptakan kesulitan.

Setelah acara pembukaan dan permohonan datangnya Roh Kudus, kegiatan kapitel dimulai dan berlangsung secara marathon hingga hari Minggu, 1 Mei. Suasana dan atmosfir kapitel tersebut dihayati oleh semua kapitularis dalam iklim saling menghormati, mendengarkan dan kerjasama yang baik.Tentu ada juga silang pendapat, perdebatan dan konfrontasi atas ide yang berbeda. Tapi semuanya berlangsung dalam suasana persaudaraan, tanpa oposisi yang mengkhawatirkan. Demikian pula dalam voting atas teks/dokumen yang akan disetujui itu, hasilnya sering merupakan konsensus (musyawarah) yang bulat.

Topik atau pokok pembicaraan yang didiskusikan dalam kapitel mencakup empat bidang berikut: 1) Karya misi, dialog antar agama dan Awam Xaverian; 2) Hidup mengeluarga dan Hidup Bakti; 3) Formasi, animasi misioner dan promosi panggilan; 4 Bina Lanjut. Topik-topik pembicaraan tersebut sebagian sudah tercermin dalam sharing dan diskusi pada saat kegiatan Asemblea Xaverian sebelumnya di Jakarta pada 18-22 Januari 2016, dan bahkan pada kegiatan diskusi Pra Komisi. Semua kegiatan refleksi, sharing dan diskusi yang dilakukan sebelum Kapitel justru menuntut keahlian dan kecepatan tertentu. Selanjutnya, hasil akhir dari diskusi dan pembahasan topik-topik yang dibagi dalam 4 Komisi Kapitel adalah beberapa teks yang memuat program kerja dan arah baru Provinsi Indonesia yang dimandatkan kapitel bagi Dewan Provinsi untuk periode 4 tahun ke depan.

Hanya sebagai contoh, di antara berbagai topik yang didiskusikan, adalah: pentingnya dialog antar agama sebagai bentuk misi, dukungan bagi Paguyuban Awam Xaverian (PAX) di Indonesia, perlunya kejelasan tentang beberapa aturan hidup komunitas, perubahan kurikulum yang baru untuk studi filsafat, karya pastoral digital dan juga kebutuhan untuk berjalan bersama dalam kharisma yang satu dan sama hingga setelah formasi dasar.

Selain penyusunan program/pedoman untuk kehidupan Provinsi Indonesia, perhatian besar dan penting dalam Kapitel tersebut adalah pemilihan Dewan Provinsi yang baru untuk periode 2016-2020. Prosedur pemilihan tersebut terlebih dahulu dilakukan melalui angket penjajakan dan diskusi atas calon-calon yang terpilih, sebelum sampai pada pemilihan yang definitif dan resmi. Pada akhirnya, hasil pemilihan Dewan Provinsi yang baru terpilih adalah sebagai berikut: P. Antonius Wahyudiyanto (Provinsial), P. Matteo Rebecchi (Wakil Provinsial). Para penasihat lainnya adalah P. Yakobus Sriyatmoko (Penasihat I),  P. Rafael Bardon Sedano (Penasihat II) dan P. Vitus Rubianto Solichin (Penasihat III). Kita ucapkan “Proficiat” dan Selamat Bertugas bagi Dewan Provinsi yang baru Serikat Xaverian di Indonesia.

~ rangkuman P.Matteo + P.Anton

One thought on “Mengintip KAPITEL PROVINSI XVI Serikat Xaverian – Indonesia

  1. Ikut Berdukacita atas kepergian Pastor Fransesco Marini kita baru mendengarnya!
    Apa bisa saya dapat alamat email pastor Corrado Stradiotto SX dna dimana beliau sekarang?
    Email saya; lennyangriawan@gmail.com

    Salam & Terima kasih

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s