Kirab Salib OMK – Paroki St Paulus Pekanbaru

Kirab Salib OMK Keuskupan Padang yang diadakan Paroki St. Paulus Pekanbaru merupakan perjalanan ke 5 dari 9 kunjungan paroki yg terpilih untuk mewakili paroki paroki di Keuskupan Padang (07/05).

Kegiatan yang di bawakan oleh tim Komisi Kepemudaan Keuskupan Padang, digawangi oleh Bp. Lorensius Purba selaku ketua Seksi Kepemudaan DPP dan diorganisir oleh OMK yang diketuai Sdr. Daniel Gultom; diawali dengan rekoleksi yang dimulai pada pkl. 16.20 wib.

Peserta yang hadir di awal acara, tidak begitu banyak dikarenakan hujan yang turun sangat deras. Total peserta yg hadir berjumlah 168 org dari 11 stasi berpartisipasi termasuk rekan rekan OMK dari Paroki St. Maria a Fatima.

Rekoleksi yg bertema “Orang Muda Katolik: Sukacita Injil di Tengah Masyarakat Indonesia yang Majemuk” ini dibawakan langsung oleh tim Komkep Padang, dipimpin oleh P. Riduan Naibaho.
Sebelum materi disampaikan, Sdr. Felvi yg mewakili tim komkep menjelaskan mengenai pemaparan IYD 2016 dan mengenalkan Theme Song IYD 2016 yang merupakan lagu pada acara puncak di Manado.

Kegiatan rekoleksi di akhiri dgn berbagai kuis dan games yg telah dikemas menarik oleh tim komkep.

Setelah Rekoleksi, acara dilanjutkan dengan perarakan Salib OMK, bermula dari teras pastoran menuju Altar gereja diikuti oleh seluruh peserta OMK dan umat untuk merayakan Misa. Perarakan dimulai dengan penyalaan lilin, dan seluruh peserta berlutut.

Perayaan Ekaristi diawali dengan pengantar tentang Salib OMK Keuskupan Padang: “Di atas pijakannya masing-masing, OMK yang lahir dan tumbuh dalam situasi dan lingkungannya selalu berhadapan dengan tantangan-tantangan: relasi, sentimen minoritas-mayoritas, budaya dan mentalitas masyarakat, dll. Diharapkan dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut OMK akan berdiri teguh bersama Kristus”.

Dalam homili, Pastor Ridwan menyampaikan sedikit pesan kepada OMK, bahwa “Jangan gadaikan Iman Katolikmu.” Sedangkan pada para orang tua, dengan tegas beliau menekankan bahwa pelajaran dan contoh yang paling relevan bagi OMK kita adalah orang tua mereka sendiri, sehingga janganlah mendiskreditkan OMK. Disajikan juga drama tentang Santa Philomena, yang meninggal pada usia 14 tahun.

Usai Misa, dilanjutkan dengan makan malam bersama dan penutup. Dalam kata penutup, Pastor paroki, Pastor Franco Qualizza, SX menyampaikan rasa senang karena acara telah berjalan dengan lancar dan melihat partisipasi peserta yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Beliau berharap agar keterlibatan ini tetap penuh di acara-acara OMK mendatang.

~Fika Angela Silaban – Foto Re

Foto tersedia di Facebook Paroki St Paulus

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s