Kegiatan Pastoral Paroki St Paulus April-Mei 2016

Saudara-saudari terkasih,

Dengan harapan bahwa pengantar ini sudah dapat dibaca umat sebelum Perayaan Paskah, maka pertama-tama, atas nama para Pastor dan Suster beserta seluruh Dewan Pastoral paroki ST. PAULUS, kami ucapkan “SELAMAT HARI RAYA PASKAH” kepada seluruh Umat Paroki St. Paulus beserta semua Pengurusnya di tingkat Kring, Stasi, Wilayah dan semua kelompok Kategorial. Ucapan selamat Paskah ini kami iringi dengan kata-kata pembukaan Upacara Malam Paskah:  “Semoga cahaya Kristus yang telah bangkit mulia, menghalau kegelapan hati dan budi”. ‘Cahaya Kristus’ yang dimaksudkan dapat kita artikan sebagai “Kerahiman Allah” yang nampak dalam sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus, Putra Allah, demi keselamatan kita. Kasih ‘kerahiman’ itulah yang dapat menghalau segala prasangka, kecurigaan, kecurangan, kebencian dari hati kita dan menjadikan kita saksi kerahiman dan belaskasih Allah itu kepada sesama. Dengan rahmat kerahiman itu juga kita akan sanggup berjuang bersama membangun persaudaraan dan persekutuan yang dikehendaki Gereja, teristimewa dalam tahun kerahiman dan persekutuan ini, sebagai wujud kehadiran Kerajaan Allah di tengah kita: “Kita membangun Persekutuan (Koinonia) dengan Bersikap Murah Hati terhadap sesama”.

Disemangati dengan cahaya Kristus yang bangkit ini, kita hendak menjalankan dan menghidupi tugas-tugas dan kegiatan-kegiatan kerasulan kita khususnya dalam masa Paskah yang akan datang ini.  Beberapa kegiatan yang hendaknya kita perhatikan secara khusus dalam bulan April dan Mei yang akan datang, ialah:

  1. Perayaan Paskah: Mengingat bahwa bagi orang Kristiani Paskah adalah Hari Raya Utama sepanjang tahun, maka sepantasnya kita merayakannya juga secara lahiriah di stasi, di kring dan di kelompok kategorial. Perayaan Paskah gabungan stasi/kring/ kelompok kategorial pun amat dianjurkan, menurut situasi dan kondisi di tempat masing-masing.
  2. Pertemuan Bina Iman Remaja (BIR) se-paroki, Hari Minggu Paskah IV di pusat paroki: Hari Minggu, tgl 17 April, (H. Minggu Paskah IV) ialah Hari Minggu Panggilan. Dalam suasana masa Paskah dan dalam rangka menggiatkan kesadaran kita untuk mendukung panggilan-panggilan untuk imamat dan hidup bhakti, maka akan diadakan pertemuan anak-anak BIR se-paroki. Diharapkan agar undangan untuk berpartesipasi dalam kegiatan ini yang sudah dibagikan di stasi-stasi dapat ditanggapi secara positif oleh semua stasi.
  3. Persiapan Sakramen Krisma: Sakramen Krisma tahun ini akan diterimakan oleh Bpk Uskup dalam kunjungan pastoral ke paroki kita bulan September. Bagi yang merencanakan penerimaan Sakramen tersebut sudah harus mulai persiapan sesudah perayaan Paskah. Mohon perhatian dari para pengurus stasi.
  4. Komuni Pertama: Dalam masa Paskah dan menjelang akhir tahun sekolah banyak stasi merencanakan Komuni Pertama untuk anak-anak. Agar peristiwa penting ini menghasilkan buah yang baik bagi anak-anak kita, amat dibutuhkan agar di samping para pembina, para orang tua sendiri terlibat bersama anak-anak mereka dalam persiapan dan pelaksanaan peristiwa ini. Kepada para Pembina / Pengurus stasi diminta agar dilaporkan secepatnya ke kantor paroki rencana waktu Komuni Pertama di stasi agar dapat dilayani semestinya.
  5. Bulan Mei = Bulan Maria: Kembali kita diberi kesempatan untuk mendekatkan diri kita kepada Tuhan melalui Maria. Maka di semua stasi kita menghidupkan kembali devosi kepada Bunda Maria, melalui doa rosario dan renungan Sabda Tuhan dari liturgi harian di lingkungan.
  6. Kursus Persiapan Perkawinan : KPP yang akan datang di paroki kita akan dilangsungkan tgl 13-15 Mei. Mohon agar kursus tersebut diperhatikan oleh yang merencanakan pernikahan dalam waktu dekat.
  7. Kapitel Provinsi Xaverian di Indonesia: Mulai tanggal 25 April akan diselenggarakan Kapitel Provinsi SX di Indonesia. Mohon doa agar Kapitel ini dapat berlangsung dengan baik dan menghasilkan buah yang berguna untuk Kongregasi Xaverian dan untuk umat yang dilayaninya.
  8. Pembangunan ‘Pendopo’ di pusat paroki: Untuk mendukung dan menunjang kegiatan-kegiatan di gereja baru dan di ‘fasilitas’ – tempat pembinaan di pusat paroki – , maka Dewan Pastoral Paroki telah merancang pembangunan suatu ‘gedung multi fungsi’ di belakang gedung gereja baru, serta rehab bagian rumah koster, gudang dan toilet di belakang gereja. Rencana ini sudah disetujui oleh Keuskupan; panitia pembangunan juga sudah terbentuk, maka pekerjaan pembangunan akan mulai dalam waktu dekat. Biaya untuk pembangunan ini akan diambil dari ‘sisa’ uang pembangunan gereja, dari usaha panitia dan dari sumbangan-sumbangan sukarela.  Mengingat gedung ini akan kita pergunakan bersama, maka diharapkan dukungan dari kita semua berupa doa  dan sekaligus sumbangan dana ‘sukarela’ secara pribadi dan per kelompok / stasi / kring.
  9. Membangun Persekutuan/Koinonia melalui sikap keterbukaan dan kejujuran: Dalam upaya untuk membangun suatu persekutuan makin kuat di antara kita, menurut tujuan ‘tahun koinonia/persekutuan’, rupanya yang amat berpengaruh ialah bukan banyaknya kegiatan yang akan kita lakukan, melainkan sikap terbuka dan jujur satu sama lain yang sanggup kita bangun dalam kegiatan-kegiatan rutin dan non-rutin di dalam keluarga, di kring, di stasi dan di paroki. Melalui sikap terbuka dan jujur dapat kita membangun kepercayaan satu sama lain yang menjadi landasan untuk saling menghormati dan untuk bekerja sama dengan baik. Untuk itu, juga dalam hal-hal yang  dianggap sederhana dan kecil dapat kita temukan sarana ampuh dalam membangun persaudaraan dan persekutuan, seperti:
  • Pertemuan doa mingguan/bulanan di lingkungan secara rutin.
  • Rapat bulanan Pengurus Stasi dan Ketua-ketua Kring untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan bulan yang sudah lewat dan merencanakan kegiatan-kegiatan ke depan.
  • Laporan administrasi keuangan bulanan rapi dan terbuka.
  • Perhatian pada kebutuhan sesama warga/umat baik dalam peristiwa sedih maupun dalam peristiwa gembira.
  • Komunikasi antar pengurus stasi dan Pastor/Kantor paroki tentang rencana kegiatan-kegiatan di stasi.

 Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Semoga Tuhan memberkati usaha kita yang baik demi Kerajaan-Nya.  SELAMAT HARI RAYA PASKAH!  Tuhan sudah bangkit, hidup dan menyertai kita, Alleluya, Alleluya, Alleluya!

P Franco Qualizza,SX – Pastor Paroki

DSC_0405

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s