Kegiatan Pastoral Paroki St Paulus Feb – Maret 2016

Saudara-saudari terkasih,

Salam damai Kristus!

Tahun baru 2016 ini sudah kita sambut dengan penuh syukur. Kesempatan baru diberikan Tuhan kepada kita untuk mengabdikan diri kepada-Nya di dalam paroki St. Paulus yang tercinta ini.

Setiap tahun Karya kerasulan kita diwarnai dengan suatu fokus perhatian khusus.  Pada tahun ini fokus perhatian yang diminta oleh Bapa Suci kepada seluruh umat kristiani ialah “Kerahiman Allah”: kita diajak untuk menyadari dan mengalami Kerahiman Allah agar kita sanggup menjadi penyalur kerahiman itu kepada sesama.  Di tingkat Keuskupan Padang kita diminta untuk menarik perhatian pada dimensi “koinonia/persekutuan” dalam hidup menggereja.  Maka dengan kata sederhana, yang diminta dari kita ialah suatu sikap baru, yaitu: membangun persekutuan dengan semangat kerahiman / belaskasih.   Semua level dan semua aspek hidup kita patutlah diresapi dengan semangat yang baru ini: dalam hidup pribadi, dalam keluarga, dalam masyarakat dan dalam kegiatan-kegiatan gerejani di stasi, wilayah dan di paroki.  Dalam menyusun program kerja tahun ini, Dewan Pastoral Paroki telah memperhatikan dimensi ini dan sebagai langkah dukungan kongkrit untuk  mewujudkannya / mengembangkannya telah diputuskan beberapa kegiatan, antara lain:

  1. Suatu Rekoleksi untuk membantu semua pengurus stasi, wilayah memahami secara lebih mendalam maksud tema “persekutuan” dan “kerahiman”.
  2. Mendorong semua stasi, kring dan semua organisasi paroki agar masing-masing mengadakan kegiatan untuk meningkatkan ‘persekutuan’ di dalam stasi, kring / organisasinya sendiri. Satu kegiatan yang amat dianjurkan ialah agar diadakan pertemuan/perayaan peringatan Santo Pelindung di masing-masing stasi / kring. Mengenai buku panduan untuk ibadat tersebut boleh memintanya kepada Sie. Liturgi Paroki sesudah Paskah 2016.
  3. Memilih Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam (Tgl 20 November 2016) menjadi Hari Raya Pesta Paroki.

Saudara-saudari yang terkasih, pada kesempatan ini kami ingatkan beberapa hal demi lancarnya kerja sama kita, antara lain:

  1. Jadwal Kegiatan Pastoral yang diedarkan kali ini meliputi kegiatan-kegiatan hanya sampai hari Sabtu sebelum Minggu Palem. Jadwal Pelayanan pada Hari Minggu Palem dan seluruh Minggu Suci akan menyusul secara tersendiri dalam waktu dekat.
  2. Komunikasi yang baik adalah jalan yang tepat untuk membangun ‘persekutuan’. Di paroki kita ada beberapa sarana komunikasi yang baik, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Kami mohon perhatian pada sarana-sarana komunikasi, seperti misalnya:
    1. Lembaran dwibulan “Kegiatan Pastoral Paroki St. Paulus”. Baiklah lembaran ini ditempelkan di     gereja/sakresti agar semua dapat membacanya.
    2. Majalah bulanan “Warta Paroki” amat berharga sebagai sarana pembinaan umat dan komunikasi timbal balik antara DPP dan Stasi-stasi. Kami berharap agar dapat sungguh dimanfaatkan oleh pengurus dan umat.
    3. Agenda Liturgi dari Keuskupan, yang memuat petunjuk untuk ibadat mingguan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan administrasi stasi.
    4. Agenda ‘Program Kerja Paroki’ yang sebentar lagi akan diedarkan ke semua stasi.
    5. Web-site Paroki Paulus – Pekanbaru dan ‘Face-book’nya (santopauluspku. wordpress. com) yang semakin terisi dengan berita-berita dari stasi dan dengan karangan edukatif.

NB:  Demi menjamin lancarnya penggunaan Web-site paroki dan Warta paroki, baiklah di setiap stasi ditugaskan seorang ‘penghubung’ yang dapat dihubungi oleh Penanggung jawab Web-site paroki. Nama dan  No. hp-nya mohon disampaikan ke kantor paroki.

  1. Rencana Kerja tahunan di stasi: Diharapkan bahwa pada akhir bulan Januari di setiap stasi program kerja stasi untuk tahun 2016 sudah disusun dan disepakati bersama oleh pengurus dan umat di stasi. Dalam program kerja tsb tidak boleh dilupakan pertemuan bulanan pengurus stasi untuk evaluasi dan perencanaan lebih lanjut. Rencana kerja harus disampaikan ke kantor paroki dan jika ada rencana pembangunan fasilitas             apapun di stasi harus ada persetujuan dari DPP. 
  2. Masa Pra-paskah: Dalam bulan Februari akan mulai Masa Pra-Paskah  (Hari Rabu Abu, tgl 10 Feb) yang akan berlanjut sampai akhir    bulan Maret. Masa Pra-Paskah merupakan suatu kesempatan istimewa untuk membaharui hidup Kristiani kita dengan pertobatan melalui doa, matiraga (puasa dan pantang), dan perbuatan kasih. Berhubungan  dengan Masa Prapaskah, beberapa hal yang harus kita perhatian ialah, antara lain:
  • Sebelum masa Pra-Paskah mulai, peraturan Gereja tentang puasa dan pantang dibaca dan dijelaskan kepada umat. (Lihat Lampiran).
  • Di setiap stasi, entah pastor hadir atau tidak, masa pra-paskah dibuka bersama pada hari Rabu Abu (tgl. 10/2/2015) dengan ‘Upacara Pembagian Abu’
  • Di setiap stasi pada hari Jum’at diadakan upacara ‘jalan salib’.
  • Dalam bulan Maret akan diadakan pelayanan sakramen tobat di stasi-stasi. diharapkan umat dapat memanfaatkannya.
  • Persiapan Komuni Pertama yang sudah dimulai di stasi-stasi harap diintensifkan dalam masa Pra-Paskah ini dan dilaporkan ke kantor paroki.
  • Dalam masa pra-Paskah baiklah sudah diadakan juga pendaftaran calon Krisma. Kursus Krisma harus dimulai langsung sesudah Paskah agar dapat dijalankan dengan baik sebelum penerimaan sakramen tsb. dalam kunjungan Bpk Uskup bulan September y.a.d.
  • Mohon diperhatikan tanggal pertemuan DPP dengan pengurus Stasi di masing-masing Wilayah. Demi harga diri dan demi menghargai sesama, tidak layak buat stasi manapun untuk tidak menghadiri pertemuan tersebut. Jika ada alasan berat untuk absen, alasan itu harus dibenarkan oleh pastor paroki.
  • Bahan APP segera akan kami bagikan ke stasi setelah kami menerimanya dari Keuskupan.
  • Bersamaan dengan surat ini kami lampirkan lembaran Doa “Tahun Koinonia/Persekutuan” yang baru kami terima dari Keuskupan. Doa tersebut kita doakan dalam misa dan dalam ibadat lain baik di stasi maupun di kring sepanjang tahun 2016.

Demikianlah kami sampaikan.  Semoga Tuhan memberkati segala usaha kita demi Kerajaan-Nya. Atas segala perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan banyak terimakasih

Pekanbaru, 28 Januari 2016.

Salam dan hormat kami,

Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki

Rapat Legio Maria Bunda Yang Patut Dicintai - 10 Jan 2016

Rapat Legio Maria Bunda Yang Patut Dicintai – 10 Jan 2016

 

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s