Dari Dapur Redaksi Warta Paroki – Des 2015

Cov Des 2015Tahun baru sudah di depan mata. Secara batin, kita sebagai umat Allah mempersiapkan diri menyambut Kelahiran Penebus kita, dengan membersihkan diri kita dari pelbagai dosa.

Pengakuan dosa – salah satu sakramen yang bisa diterimakan beberapa kali – merupakan salah satu sarana untuk memulihkan persekutuan yang intim dengan Tuhan sendiri dan juga persekutuan dengan sesama.

Tahun 2016 mendatang ditetapkan keuskupan Padang sebagai tahun persekutuan (koinonia). Gereja adalah persekutuan. Dalam syahadat pendek Gereja juga disebut “persekutuan para kudus”atau  communio sanctorum dalam bahasa latin. Tidak hanya dapat berarti “persekutuan-para kudus”, tetapi juga sebagai “partisipasi dalam hal-hal yang kudus”. Partisipasi bersama dalam harta keselamatan (yang disebut “hal-hal yang kudus”), terutama dalam Ekaristi merupakan akar persekutuan antara orang beriman (yaitu “para kudus” menurut istilah yang lazim dalam Kitab Suci) yang juga dinyatakan dalam perhatian untuk saudara dalam iman. Gereja pertama-tama suatu “persekutuan dalam iman”, “persekutuan dengan Yesus Kristus”, dan “persekutuan Roh”. Komunikasi iman mengakibatkan suatu persekutuan rohani antara orang beriman sebagai anggota satu Tubuh Kristus dan membuat mereka menjadi sehati-sejiwa.

Tahun kerahiman Ilahi juga menjadi topik dalam edisi kali ini. Tahun Yubileum Kerahiman Ilahi mendatang diharapkan akan menjadi momen rahmat sejati bagi semua umat Kristiani dan menjadi sebuah kebangkitan untuk meneruskan langkah evangelisasi baru dan pembaharuan pastoral yang dinyatakan oleh Paus Fransiskus.

SAGKI – Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia baru saja berlalu, dan topik yang diangkat para uskup kita kali ini adalah tentang keluarga Katolik – persekutuan terkecil dalam Gereja. Dari keluargalah banyak hal dimulai.

Selamat menikmati.

Salam Hangat…

Y Sugiyana

Redaktur

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s