Kegiatan Pastoral Des 2015 – Jan 2016

Foto : Pembukaan Stasi St Lusia Rumbai Cup - Nov 2015 - By St Lusia Rumbai (Paulus C Motoh)

Foto : Pembukaan Stasi St Lusia Rumbai Cup – Nov 2015 – By St Lusia Rumbai (Paulus C Motoh)

Saudara-saudari terkasih,

Salam damai Kristus!

Dengan Hari Minggu Adven I, tgl 29 November, kita akan memasuki tahun liturgi yang baru: misteri kehadiran dan kasih Kristus kembali ditawarkan kepada kita untuk dihayati dan dialami dalam segala kekayaannya secara pribadi dan bersama-sama di dalam Gereja. Selama tahun yang lalu di keuskupan kita, Misteri Kristus tsb didekati dari sudut pandangan ‘Diakonia’ / Pelayanan, yaitu: melalui sikap pengabdian tulus kepada Tuhan, Sang Pencipta dan Penyelamat, dan kepada sesama, melalui perbuatan cintaka kasih yang nyata.

Tahun ‘koinonia’ / ‘persekutuan’:

Tahun ini, menurut rencana pastoral keuskupan Padang, misteri Kristus tsb akan disoroti dari sudut pandangan ‘koinonia’/’persekutuan’. Dimensi Pelayanan di dalam Gereja yang telah kita perhatikan selama tahun 2015 ini, dimaksudkan justru untuk menciptakan relasi yang tepat dengan Allah dan dengan sesama manusia agar kita dapat mengalami dan mengembangkan suasana persaudaraan yang diciptakan oleh kasih Tuhan, Raja cintakasih. Dengan demikian kita mulai mengalami dan mengembangkan Kerajaan Allah di dunia ini sejak sekarang dengan harapan kita akan mengalami kemuliaannya kelak.

Yubileum Kerahiman:

Tema ‘persekutuan’ yang hendak diemban di keuskupan kita selama tahun 2016, dilengkapi dan diperkaya oleh tema yang dipilih oleh Bapa Suci untuk Gereja Universal, yaitu tahun 2016 sebagai tahun “Yubileum Kerahiman” ( akan dibuka tgl 8 Desember dan akan berakhir pada akhir tahun liturgi – Hari Raya Kristus Raja) .  Allah itu Maharahim. Segala ciptaan adalah buah kerahiman-Nya.  Di dalam kerahiman-Nya pun semuanya dapat ditampung dan disucikan. Kita diharapkan disemangati terus oleh kerahiman yang kita terima dari pada-Nya dan mampu menularkannya kepada sesama.

Masa Adven dan Natal:

Selama Masa Adven kita dipanggil agar makin peka pada Tuhan yang sedang datang, yang sedang mengetuk pintu hati kita dan minta diterima sebagai Sahabat dalam perjalanan hidup kita. Dalam Masa Natal pandangan kita akan diarahkan pada Kanak-kanak Yesus, Sang Putera Allah, yang lahir di Betlehem dan dibaringkan di dalam palungan, yaitu: Sang Putera Allah yang tidak menganggap hina menanggalkan kemuliaan-Nya dan menjadi miskin, agar kita, yang miskin ini, menjadi kaya karena kemeskinan-Nya. Di dalam diri-Nya nampaklah dengan jelas betapa besarnya kerahiman Allah. Dalam diri Sang Sabda yang menjelma menjadi manusia, kemanusiaan kita dimuliakan dan diilahikan.

Untuk membantu kita menghayati masa Adven dan Masa Natal semestinya,  maka beberapa sarana yang disajikan di paroki kita patut mendapat perhatian kita bersama, yaitu antara lain:

  • Bahan Pendalaman Iman Masa Adven: Tiga pertemuan yang telah dipersiapkan oleh Sie Katekese dengan tema  “Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah”, diharapkan dapat dijalankan dengan baik di stasi dan di lingkungan.
  • Pelayanan “Sakramen Perdamaian / Sakramen Tobat”: menjelang Natal, dalam kunjungan pastor-pastor ke stasi akan diutamakan pelayanan Sakramen Tobat untuk memberi kesempatan menerima anugerah kerahiman Tuhan, dan menjadi saksi kerahiman-Nya kepada sesama.
  • Amplop Aksi Natal: Tuhan menjadi solider dengan kita agar kita pun menjadi solider dengan sesama kita, teristimewa dengan yang miskin dan menderita. Solidaritas ini diwujudkan dengan semangat tema Natal tahun ini: “Keluarga Berbagi Kasih dengan Saudara Kita yang Membutuhkan”. (Hasil pengumpulan dana melalui Amplop Aksi Natal akan dipergunakan oleh Sie Sosial Paroki untuk segala kebutuhan di bidang sosial di paroki kita).
  • Pertemuan Pengurus Stasi di Wilayah. Pertemuan ini penting. Suatu kesempatan penting untuk menjalin komunikasi antara DPP dan pengurus stasi dan juga untuk memperkuat kerja sama dan kesetiakawanan antar stasi-stasi. Harapan agar kita merelakan waktu untuk mengikutinya.
  • Rapat Dewan Pastoral Paroki Pleno: Rapat tsb akan diadakan tgl 11-12 Desember dan merupakan suatu saat istimewa bagi semua pengurus stasi dan DPP untuk bersyukur bersama, untuk mengevaluasi kegiatan stasi dan paroki selama thn 2015 dan untuk merencanakannya ke depan. Hasil dari Rapat DPP Pleno tsb banyak tergantung dari refleksi yang dibuat di masing-masing stasi tentang keadaan serta harapan yang dialami. Maka segala laporan yang diminta untuk Rapat DPP Pleno tsb harap dibuat dengan teliti dan tanggung jawab.

 

Kepada Saudara sekalian atas nama para pastor dan Dewan Pastoral Paroki, kami ucapkan:

Selamat  mempersiapkan dan merayakan Adven, Natal dan Tahun Baru!

 

Salam dan hormat kami,

Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s