Kegiatan Pastoral Paroki Bulan Oktober-Nov 2015

Saudara-saudari terkasih,

Kita syukuri waktu penuh rahmat istimewa yang telah kita alami bersama selama bulan Agustus dan September yang baru lalu ini, khususnya dalam peristiwa pemberkatan/peresmian gereja paroki dan dalam kunjungan pastoral Bpk Uskup.

Dalam peristiwa Pemberkatan/Peresmian Gereja Paroki, kita telah sempat menikmati sejenak makna Firman Tuhan: “Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya apabila saudara –saudara  diam bersama dengan rukun!” (Mz 133:1). Persatuan umat paroki sungguh kita rasakan:  persatuan umat antar stasi, kerukunan dengan masyarakat, Pemerintah dan agama lain, dipimpin Bpk Uskup bersama para pastor dan DPP, serta didukung oleh para Religius dan paroki-paroki yang lain.  Gedung gereja yang baru itu serta upacara suci di dalamnya membuat kita juga ‘bermimpi’ sejenak betapa indahnya iman dan hidup Kristiani kita, jika kita sanggup memahaminya dan menghayatinya dengan sungguh.

Peristiwa kunjungan pastoral Bpk Uskup merupakan juga suatu berkat istimewa, suatu ‘Pentekosta kecil’ bagi paroki kita, betapa tidak demikian jika kita ingat misalnya bahwa:

  • Sejumlah cukup besar (231 orang) Saudara/i kita telah menerima Sakramen Penguatan / Krisma.
  • 45 orang ‘Prodiakon’ menerima penyegaran rohani dan pelantikan dari Bpk Uskup.
  • Satu kelompok cukup besar yang mewakili OMK kring dan stasi (116 orang) sempat bertemu dan mendapat bimbingan khusus dari Bpk Uskup.
  • Ibu-ibu juga sebanyak 114 orang yang mewakili Ibu-ibu di Kring, Stasi dan Organisasi sempat bertatap muka dgn Bpk Uskup dan menerima dari padanya tuntunan dan semangat baru dalam panggilan dan tugas mereka sebagai isteri dan ibu rumah tangga.
  • DPP diarahkan dan diteguhkan oleh Bpk Uskup dalam rapat DPP Pleno yang dihadiri 85 orang.
  • Seluruh umat paroki sempat disegarkan di Wilayah masing-masing dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin Bpk Uskup dan oleh bimbingan dan siraman rohani dari padanya.

Disegarkan pengalaman istimewa itu, kita hendak lebih bersemangat dalam tugas kita seharian dan dalam menyambut kegiatan-kegiatan Gereja yang direncanakan untuk bulan-bulan yang akan datang.

Bulan Oktober dikenal sebagai Bulan Rosario dan Bulan Misi.

Bulan Rosario. Kebiasaan kita untuk berkumpul, berdoa rosario di rumah-rumah secara bergilir selama bulan Oktober adalah suatu kebiasaan yang patut dijunjung tinggi: kita saling menerima dan membawa satu sama lain sukacita, perhatian, penghiburan doa dan berkat Tuhan. Untuk menunjang kebiasaan/devosi ini disarankan adanya di kring / stasi suatu patung Bunda Maria yang dibawa dari rumah-ke rumah, tempat doa rosario diadakan.  Berkaitan dengan bulan Oktober sebagai bulan Misi, dianjurkan pula bahwa di dalam doa Rosario, di samping ujud-ujud khusus menurut kebutuhan di masing-masing Kring / Stasi, kita selalu ingat pula ujud agar Umat Katolik setia dalam imannya dan supaya karena kelakuannya yang baik memiliki daya tarik untuk umat yang beragama lain.

Bulan Misi.  Bulan Oktober diawali dengan Pesta St. Theresia dari Kanak-kanak Yesus, Pelindung misi (tgl 1/10), dan satu hari Minggu (Minggu ke-3, tgl 18/10) dikhususkan sebagai Hari Minggu Evangelisasi. Dengan demikian kita disadarkan akan anugerah dan harta besar iman dan agama kita yang perlu kita pelihara, kembangkan dan komunikasikan kepada sesama. Betapa sedih hati kita mendengar bahwa masih ada kasus orang Katolik meninggalkan agamanya karena bujukan uang, kerja, jodoh…  Harta tak ternilai kita tukar dengan harta yang rapuh dan cepat hilang lenyap!  Kita diingatkan pula bahwa kita telah menerima anugerah iman dengan perantaraan orang lain dan sekarang kita sendiri diutus sebagai saksi iman ini kepada sesama yang belum mengenalnya.  Doa untuk panggilan, kesaksian iman kita sendiri dan sumbangan derma pada hari Minggu Evangelisasi merupakan wujud konkrit dari komitmen kita sebagai orang Katolik yang sadar akan panggilan dan tugas perutusannya.

Bulan November diawali dengan Hari Raya Semua Orang Kudus (tgl. 1/11) dan Hari Peringatan Mulia Arwah Semua Orang Beriman (tgl. 2/11) dan diwarnai dengan Penutupan Tahun Liturgi dan Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja (tgl 22/11). Dengan perayaan-perayaan ini Gereja mengajak kita untuk mengarahkan pandangan kita ke depan, ke tujuan hidup kita yang disinari Yesus dalam keadaan mulia sebagai Raja Semesta Alam yang sudah dinikmati kemuliaan-Nya oleh semua Orang Kudus dan yang mempersiapkan tempat bersama Dia bagi semua yang percaya kepada-Nya, yang masih hidup dan yang sudah mati.  Kita dianjurkan untuk meneguhkan rasa persaudaraan kita dengan Saudara/i yang sudah meninggal melalui doa, doa pribadi dan bersama di lingkungan. Suatu tanda cinta dan hormat terhadap Saudara/i yang sudah meninggal ialah juga membersihkan dan merawat tempat kuburan mereka.

Beberapa hal lain yang perlu kita perhatikan selama bulan Oktober dan November antara lain ialah:

  • Ziarah Bersama KKMK (Karyawan/ti Muda Katolik) Keuskupan Padang, yaitu OMK yang sudah bekerja. Ziarah ini akan diadakan pada tgl 10-11 Oktober, dipimpin KomKep Keuskupan Padang. Yang berminat dapat menghubungi Sie. Kepemudaan Paroki (Bpk L. Purba No. HP 081371373216).
  • Temu OMK separoki yang menurut rencana akan dilaksanakan tgl 13-15 November. Kegiatan ini sedang dipersiapkan oleh Sie Kepemudaan paroki bersama dengan Pengurus OMK dan diharapkan mendapat perhatian bukan hanya dari OMK tetapi dari seluruh Pegnurus stasi dan umat paroki.
  • Mengingat kita sudah mulai menjelang akhir tahun, baiklah Pengurus stasi (khususnya Sekretaris dan Bendahara) mulai mempersiapkan laporan tahunan dan jika dalam hal administrasi ada tanggungan yang belum dilunasi, supaya dengan segera dibereskan secara tuntas.
  • Kursus Persiapan Perkawinan akan diadakan di Labuh Baru tgl. 6-8 November.
  • Kita diingatkan pula bahwa tgl. 29/11 mulai Masa Adven yang akan berlangsung sampai Natal Dan dalam masa Adven kita menghindari pesta perkawinan dan pesta adat.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan.  Semoga Tuhan memberkati segala usaha kita demi Kerajaan-Nya dan kemuliaan-Nya.

Pekanbaru, 23 September 2015

Salam dan hormat kami

Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki

257-DSC_0123

This slideshow requires JavaScript.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s