Dari Pastor paroki untuk seluruh umat – Sept 2015

Salam dalam Kasih Kristus Tuhan kita….

Tak kenal maka tak sayang. Agar dapat mengasihi Tuhan, maka kita perlu mengenalNya, salah satunya dengan membaca Kitab Suci. Bulan September, bulan Kitab Suci Nasional – pada tahun ini mengambil tema “Keluarga Melayani Seturut Sabda.” Sebagai Gereja, keluarga kristiani adalah himpunan orang yang percaya kepada Kristus. Hal ini nyata ketika mereka bersekutu dalam doa menanggapi janji Yesus, “Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku di surga” (Mat 18:19). Namun, bukti nyata bahwa mereka adalah pengikut Kristus adalah ketika mereka melakukan perintah Yesus, yakni saling mengasihi dan saling melayani. Tentu perintah ini pertama-tama harus diwujudkan di antara sesama anggota keluarga sendiri, sehingga menjadi kesaksian bahwa mereka benar-benar murid Kristus. Selanjutnya, kasih ini harus diperluas kepada semua orang, terlebih kepada saudara seiman.

Keluarga sebagai gereja mini diharapkan menjadi tempat yang baik bagi setiap orang untuk mengalami kehangatan cinta yang tak  mementingkan diri sendiri, kesetiaan, sikap saling menghormati dan mempertahankan kehidupan.  Inilah panggilan khas keluarga Kristen dan apabila mereka menyadari panggilannya ini, maka keluarga menjadi persekutuan yang menguduskan, di mana orang belajar menghayati kelemahlembutan, keadilan, belaskasihan, kasih sayang, kemurnian, kedamaian, dan ketulusan hati.

Tanggal 23 Agustus yang lalu, Gereja Paroki kita telah diberkati oleh Bapa Uskup, sekaligus diresmikan bersama-sama dengan Plt Gubernur Riau. Tentunya kita boleh bersyukur dan berbangga karena apa yang kita cita-citakan bersama sudah paripurna. Namun, hal lain yang tak kalah penting adalah pembangunan iman kristiani kita, salah satunya dengan melaksanakan pembinaan / katekese secara terus-menerus. Bukan hanya membuat orang saling berkontak, melainkan juga dalam kesatuan dan kemesraan, dengan Yesus Kristus. Segala kegiatan mewartakan Kabar Gembira dimengerti sebagai usaha mempererat kesatuan dengan Yesus Kristus. Mulai dengan pertobatan ‘awal’ seseorang kepada Tuhan yang digerakan oleh Roh Kudus melalui pewartaan Injil yang pertama, katekese berusaha mengukuhkan dan mematangkan kesetiaan pertama ini. Langkah ini bisa kita mulai dalam keluarga kita masing-masing.

Maka dalam kesempatan yang baik di bulan September ini, mari kita bersama berjuang untuk menciptakan keluarga kita masing-masing menjadi gereja kecil tempat Yesus hadir dan kenisah tempat Roh kudus berdiam.

Salam Hangat

Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki

Perayaan Ekaristi dalam rangka Pemberkatan dan Peresmian Gereja Paroki 23 Ags 2015 - Foto Pastor Salvador Cruz,SX
Perayaan Ekaristi dalam rangka Pemberkatan dan Peresmian Gereja Paroki 23 Ags 2015 – Foto Pastor Salvador Cruz,SX

One thought on “Dari Pastor paroki untuk seluruh umat – Sept 2015

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s