Ucapan Syukur dari Pastor Paroki : Gereja Paroki St Paulus Pekanbaru

DSC_0317

Kami yakin bahwa suatu perasaan lega meliputi hati Panitia Pembangunan, para arsitek dan tukang serta seluruh umat paroki St. Paulus Pekanbaru atas berita bahwa pemberkatan dan peresmian gedung Gereja Paroki yang baru sudah ditetapkan oleh Bpk Uskup, yaitu: hari Minggu tgl 23 Agustus 2015.

Sejak terbitnya Surat Izin Pelaksanaan oelh Dinas tata Kota Pekanbaru, bulan Juni 2011, pekerjaan pembangunan berlangsung selama empat tahun sampai IMB resmi kami terima bulan Juni 2015.  Ini suatu waktu cukup lama di mana pekerjaan pembangunan fisik berjalan gandeng dengan hidup dan kegiatan paroki yang diwarnai kegembiraan dan rasa berkembang bersama, jikapun tidak terlepas berbagai tantangan dan kesulitan dalam proses pembangunan gereja paroki ini.  Dalam proses pembangunan, rasa persatuan dan persaudaraan umat pasti dikokohkan oleh berbagai kegiatan, termasuk melalui doa bersama untuk pembangunan gereja ini dan melalui sumbangan-sumbangan umat sebagai tanda-wujud rasa milik bersama.  Pengertian tentang Gereja hidup itu sendiri pun makin berkembang dan oleh panitia dipantulkan dalam arsitektur gedung gereja dan dalam gambar-gambar dan lukisan-lukisan di dalam gedung gereja.  Tetapi tidak dapat dipungkiri pula bahwa proses pembangunan ini menjadi batu ujian untuk kesetiaan anggota panitia, tantangan untuk ketrampilan para tukang, ujian ketekunan para donatur dan umat.

Kami menyadari bahwa pembangunan gereja ini adalah hasil perjuangan umat paroki ini yang mulai jauh sebelum terbit Surat Izin Pelaksanaan dan merupakan hasil kerja sama dari berbagai pihak. Kami mensyukuri secara khusus segala arahan dan dukungan dari Keuskupan Padang, segala dukungan dan sumbangan umat katolik di paroki ini dan di luar paroki ini, di dalam negeri dan di luar negeri, dukungan dan simpati dari Pemerintah dan dari umat agama-agama tetangga. Kepada semua pihak, yang tidak dapat disebut namanya satu per satu, yang secara moral dan material telah mendukung pembangunan ini, kami haturkan terima kasih setulus tulusnya.

Berkaitan dengan proses pembangunan gedung gereja ini, kita teringat akan kata Paulus:

Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.” (1Kor 3:6-7).

Kami yakin bahwa pekerjaan pembangunan gereja ini dapat diselesaikan hanya karena dorongan Roh Kudus melalui sekian banyak pihak dan sekian banyak orang. Kita yang terlibat secara langsung atau tidak langsung dalam pembangunan ini boleh juga bersyukur dan merasa bangga karena pikiran, tenaga dan harta kita dipergunakan untuk “menyiram” suatu ‘pohon’ yang tumbuh atas dorongan dari Tuhan dan untuk kemuliaan Tuhan.  Semoga ‘pohon’ ini dapat juga menghasilkan buah yang baik yang kita harapkan untuk kita sendiri dan untuk banyak orang lain sekarang dan di masa mendatang.

Pekanbaru, 20 Juli 2015

Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s