Rekoleksi Bersama Rm Yoh. Winarno Sigit, SCJ

Hari Sabtu dan Minggu, 25-26 Juli 2015, kembali gedung fasilitas Paroki St Paulus dipenuhi umat dari berbagai wilayah Kali ini, DPP bersama para pengurus wilayah, pengurus stasi dan pengurus kring berkesempatan untuk mendapatkan rekoleksi yang merupakan inspirasi dari rekoleksi “Celakalah Aku jika tidak memberitakan Injil” yang digelar oleh Para pastor Rawil Riau daratan pada pertemuan mereka di Perawang, Maret 2015 yang lalu.   DPP yang berangkat pada kesempatan itu ingin membagikan pula pengalaman rekoleksi tersebut kepada para pengurus yang baru terpilih pariode 2015-2018 ini. Tema yang dibawakan kali ini adalah “Kita tingkatkan pelayanan melalui pengenalan diri san sesama.”

Rm Yoh. Winarno Sigit,SCJ – nara sumber, adalah nara sumber yang sama pada rekoleksi di Perawang tersebut, berkenan menerima undangan untuk memberikan rekoleksi serupa kepada para pengurus se-Paroki St Paulus Pekanbaru. Beliau ditemani oleh sahabat-sahabat beliau, Sdr Dian dan Franky.

Dalam sambutan Pastor Paroki – Pastor Franco Qualizza,SX – beliau menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa kita bersama dipanggil dan diutus, maka bolehlah kita beryukur. Disampaikan juga tema pertemuan ini adalah sesuai dengan tema yang ditetapkan keuskupan Padang tahun 2015 ini, yaitu Diakonia – pelayanan. Beliau berharap, agar di akhir pertemuan ini, ada “sesuatu” yang bisa dibawa pulang oleh para peserta.

Dalam sesi pertama, peserta diajak untuk duduk berkelompok, mengerjakan beberapa pertanyaan dalam diskusi kelompok untuk mengenal siapakah Gereja, apa sifat Gereja, idelisme Gereja yang hidup dan bagaimana kenyataan Gereja yang hidup itu terjadi di lingkungan masing-masing. Di akhir sesi, Rm SIgit mengulas juga tentang ciri gereja perdana dan cirri gereja jaman ini.

Pada sesi kedua, Rm Sigit memaparkan tentang rahmat baptisan, dan tugas-tugas – konsekwensi yang mengikutinya.

Hari pertama ditutup dengan doa malam yang langsung dipimpin oleh Rm Sigit, yang ternyata piawai memainkan piano. Sebelum berdoa, peserta diajak untuk diam, menutup mata, dan membawa keluarga-keluarga yang ditinggalkan untuk menghadiri rekoleksi ini dalam doa malam – menutup hari dengan syukur.

Hari kedua – dimulai dengan sarapan bersama, dan masuk ke sesi 3, dimana Rm Sigit mengajan peserta berdikusi perbedaan pemimpin dan manager, yang akhirnya mengarah pada kepemimpinan kristiani. Tegas dalam prinsip, tapi lembut dalam cara, atau denagn kata lain, cerdik seperti ular, lembut seperti merpati.

Sesi terakhir, sesi ke-empat, Rm Sigit mengajak setiap peserta membuat target pribadi, diibaratkan sebuah pohon sebagai Gereja yang hidup. Menjadikan Gereja yang hidup tentu melalui proses bertumbuh dan berkembang, dengan target buah yang ingin dicapai, akar yang merupakan cara dan kiat agar buah tersebut bisa dicapai, dan pupuk / siraman air dan matahari yang membantu perkembangan. Juga hama-hama mana yang harus disingkirkan.

Misa bersama dilaksanakan di Gereja, dipimpin oleh Rm SIgit. Setelah Misa dilakukan foto bersama, dan penutupan – kembali ke genung fasilitas umat.

Kata sambutan wakil peserta disampaikan oleh Ibu Rentauli dan Bpk Stephanus. Koordinator acara – Ibu Nursitti Paulina juga menyampaikan kesan dan pesan. Wakil ketua DPP – Bpk Yohanes Sutrisno juga menyampaikan penutup serta memberikan kenang-kenangan dan ucapan terimakaih bagi tim narasumber yang bersasal dari Jambi tersebut. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Wakil Ketua Wilayah Pusat – Bp Jonson Situmorang, dan berkat dari Pastor. Sebelum pulang, seluruh peserta menyalami Tim Nara sumber. (re)

DSC_0725

Foto-foto tersedia di Facebook Paroki St Paulus Pekanbaru

(Klik pada gambar untuk mengunduh foto iniukuran besar (4.5mB) untuk keperluan print/cetak.

 

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s