Dari Pastor paroki : Kegiatan Pastoral Agustus – Sept 2015

Saudara-saudari terkasih,

 Kita sudah melewati ‘masa liburan’ dan sudah kembali ke pos kerja kita masing-masing dengan rasa lebih segar jiwa raga, semoga!

Ternyata dalam dua bulan yang terbentang di depan kita, bulan Agustus dan September, kegiatan-kegiatan yang menanti kita dapat tergolong sebagai kegiatan-kegiatan puncak di paroki kita tahun ini:

  1. Pemberkatan dan Peresmian gereja paroki St. Paulus dijadwalkan pada hari Minggu, tgl 23 Agusutus. Sejak Surat Izin Pelaksana pembangunan gereja ini kita terima, bulan Juni 2011, sampai sekarang, sudah empat tahun lamanya kita bergulat dengan pembangunan ini. Akhirnya perjuangan kita sudah berhasil, maka patutlah sekarang kita bersama mensyukurinya dan memestakannya. Berkaitan dengan pesta peresmian/pemberkatan gereja ini, adapun beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu:
  2. Semua petunjuk yang disampaikan kepada kita oleh Panitia Pemberkatan/Peresmian gereja ini, harap diperhatikan dan diindahkan.
  3. Kembali kami tegaskan bahwa gereja St. Paulus di pusat paroki adalah Gereja Paroki, yaitu untuk seluruh umat di paroki kita. Maka pada hari pemberkatan/peresmian oleh Bpk Uskup, seluruh umat paroki diundang untuk menghadirinya.  Ibadat Sabda Mingguan yang biasanya diadakan di stasi-stasi,  untuk hari Minggu ini ditiadakan. Umat yang berhalangan untuk menghadiri perayaan di pusat paroki dapat beribadah di rumahnya sendiri.
  4. Demi lancarnya upacara, seluruh umat diharapkan sudah tiba di Labuh Baru pkl 08.00 dan berusaha mengikuti acara-demi acara dengan hikmah – Pengurus stasi dan orangtua bertanggung-jawab memelihara suasana sakral dan tertib.
  5. Kita boleh bersyukur dan merasa bangga atas gereja yang telah didirikan ini. Tentu kebanggaan ini dapat kita rasakan jika kita juga turut bertanggung jawab untuk memberikan sumbangan yang telah disetujui bersama dan ditetapkan oleh Panitia Pembangunan dan DPP.  Maka sekiranya tanggungan kita belum lunas…, baiklah dipergunakan kesempatan ini untuk menuntaskannya.
  6. Pada hari Minggu tgl. 16 Agusutus akan diadakan ‘gerak jalan santai’ yang direncanakan oleh Panitia Pemberkatan/Peresmian gereja. ‘Gerak jalan santai’ ini akan mulai pkl 06.30 pagi.  ‘Start dan finish’ di depan gereja St. Paulus. Umat paroki diharapkan hadir dalam jumlah besar.  Maka diharapkan agar, bersama dengan umat dari Wilayah Pusat, umat dari stasi-stasi lain juga turut meramaikan kegiatan tersebut, khususnya umat dari stasi-stasi dekat dengan Labuh Baru (Rumbai, Palas, Rajawali, Arengka, …).  Pelayanan Misa pagi hari Minggu itu di gereja Labuh Baru akan ditiadakan dan sebagai gantinya Misa dijadwalkan hari Sabtu, tgl 15 Agustus, pukul 18.30 dan pada hari Minggu sore, tgl 16 Agustus, pkl 18.30.
  7. Kunjungan Pastoral Bpk Uskup. Kunjungan ini ke paroki kita dijadwalkan tgl 10s/d16 September. DPP belum sempat menyepakati agenda yang dapat diusulkan kepada Bpk Uskup selama kunjungannya ini. Kalau sudah ditentukan akan kami kabarkan secepatnya ke stasi-stasi.  Sementara yang perlu kita lakukan ialah:
  8. Menyepakati tempat kunjungan Bpk Uskup di masing-masing Wilayah. Dimohon bantuan dari Ketua-ketua Wilayah untuk memusyawarakan dengan Ketua-ketua stasi tempat/stasi yang akan dikunjungan Bpk Uskup dan menyampaikan hasilnya kepada kami.
  9. Di semua stasi perlu dimantapkan persiapan Sakramen Krisma bagi calon-calon Krisma. Data-data tentang calon-calon Sakramen Krisma harus secepatnya disampaikan ke kantor paroki agar dapat direncanakan persiapan dekat di stasi/wilayah.
  10. Jadwal Pertemuan Bpk Uskup dengan organisasi-organisasi tertentu dan dengan DPP akan menyusul.

III. Pelayan Pembantu Pembagi Komuni Kudus (Pro-diakon).  Karena sudah jatuh tempo tugas dari para ‘Pro-diakon’ ini, maka dimohon bantuan dari Ketua-ketua stasi, lebih-lebih di stasi-stasi besar, untuk menyampaikan kepada Pastor nama calon-calon yang dapat dipilih dan diangkat oleh Bpk Uskup untuk tugas terhormat ini di paroki kita.

  1. Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia (17 Agustus). Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita ikut mensukseskan kegiatan-kegiatan masyarakat dan Pemerintah setempat yang diadakan sehubungan dengan Perayaan !7 Agusutus dan sedapat mungkin kita juga berkumpul untuk beribadat di gereja pada Hari Raya tsb untuk mensyukuri Tanah Air kita dan memohon perlindungan Tuhan atas Pemerintah dan atas seluruh rakyat Indonesia.
  2. Bulan Kitab Suci. Seperti sudah biasa kita lakukan setiap bulan September, tahun ini juga kita diminta untuk memanfaatkan bulan September untuk meningkatkan perhatian dan pengetahuan kita tentang Kitab Suci.  Di semua stasi dan kring diminta untuk mengadakan pertemuan Kitab Suci, menurut petunjuk dari bahan panduan BKSN yang akan disampaikan kepada kita.  Sekaligus kita diminta untuk mendukung segala kegiatan dari Sie Kitab Suci tingkat paroki, wilayah dan stasi.
  3. Kunjungan dan Pelayanan para Pastor di beberapa stasi selama bulan Agustus masih belum dapat terlaksana secara optimal karena kekurangan tenaga. Rencana P. Pancani akan kembali bulan September. Selamat kembali, pastor… dan jangan lupa oleh-oleh, ya!

Demikianlah yang dapat kami sampaikan.   Semoga kita selalu diterangi dan disemangati oleh Roh Kudus dalam segala pelayanan kita dan semoga Tuhan berkenan memberkati segala usaha kita demi nama-Nya dan demi Kerajaan-Nya.

Pekanbaru, 23 Juli 2015.

Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki

kAOS pANITIA BELAKANG

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s