Kegiatan Pastoral Juni – Juli 2015

Saudara-saudari terkasih,

DSC_1869Kita sedang mengakhiri bulan Mei, bulan Maria, yang selalu membawa pencerahan dalam hidup komunitas Kristiani berkat ibadat doa Rosario yang diadakan umat di kring-kring secara bergantian.

Bulan Juni dan Juli, yang terbentang di depan kita, merupakan juga suatu masa yang dinanti-nantikan dan penuh pengharapan karena tahun ajaran akan berakhir dan itu berarti bahwa murid-murid /siswa-i akan ‘mendapat rapor’, akan ‘naik kelas’ atau ‘tamat’… dan lebih-lebih akan menikmati ‘masa libur sekolah’! Masa libur itulah yang dinanti-nantikan, yaitu masa bebas ‘PR’, dengan berbagai kesempatan untuk “cuci mata” di tempat wisata atau di tempat sekolah / kuliah yang baru. Suatu masa penuh sukacita, asal… dipergunakan dengan tanggung jawab.  Namun masa yang indah itu dapat juga menjadi “masa panen untuk setan…” – menurut kata Santo Yohanes Bosko – yaitu akan menjadi masa panen untuk Setan jika dalam masa itu kita melupakan Tuhan dan perintah-perintah-Nya dan merasa dapat bersikap dan berlaku “tanpa rem” dan “tanpa aturan”….

Dalam bulan Juni dan Juli  Saudara kita dari agama Islam akan menunaikan ibadah puasa. Kita menghormati dan mendukung mereka dalam ibadah tersebut agar mereka dapat memperoleh buah yang mereka harapkan dari padanya.

Di dalam paroki kita ada juga beberapa peristiwa penting yang patut kita perhatikan dalam bulan-bulan yang akan datang ini, antara lain, ialah:

  • Bpk Uskup sudah menentukan tanggal pemberkatan dan peresmian gereja St. Paulus di pusat paroki kita, yaitu hari Minggu tanggal 23 Agustus 2015. Berkaitan dengan itu DPP telah membentuk Panitia Persiapan Pemberkatan dan Peresmian gereja tersebut dan Panitia itu sudah mulai bergerak menyusun program kegiatan-kegiatannya. Karena gereja ini adalah milik kita bersama, maka diminta partesipasi dari semua stasi dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang direncanakan oleh Panitia. Bagi stasi-stasi yang belum menyelesaikan tanggung jawab mereka tentang biaya pembangunan, inilah kesempatan yang baik untuk menunjukkan tanggung-jawabnya dan sikap setiakawannya.
  • Pada tanggal 30/6-1/7 akan diadakan RAWIL (Pertemuan para pastor se-wilayah Riau) dan paroki kita akan menjadi tuan rumah. Dalam pertemuan tersebut, selain mendalami tema ‘tahun pelayanan’, akan dibahas juga pokok-pokok lain yang berkaitan dengan kegiatan pastoral di Wilayah Riau.
  • Selama bulan Juni ada rencana DPP untuk mengadakan pertemuan dengan pengurus stasi di Wilayah-wilayah. Jadwalnya akan diumumkan dalam waktu dekat dan perhatian diminta dari semua stasi untuk mensukseskan pertemuan tersebut.
  • Tgl 24-26 Juli akan diadakan rekoleksi untuk pengurus stasi di pusat paroki. Rekoleksi ini akan dipimpin oleh Rm. Sigit SCJ dan diadakan dalam rangka membantu kita menghayati makna “tahun pelayanan” yang kita rayakan di Keuskupan kita tahun ini. Undangan akan diedarkan dan diharapkan tanggapan positif dari semua pengurus stasi.
  • Sesudah masa Paskah di beberapa stasi dijadwalkan perayaan Komuni Pertama dan Baptis anak / Penerimaan resmi. Persiapan untuk peristiwa tersebut harus diadakan dengan baik agar bermakna bagi anak, bagi orangtua dan keluarga, dan untuk seluruh umat di stasi.
  • Setelah diadakan penyegaran untuk para pembina BIA dan BIR, maka diharapkan agar para pembina tersebut membuat program kerja di stasi mereka masing-masing dan bergerak membimbing anak-anak BIA dan BIR.
  • Kita mulai intensifkan juga persiapan penerimaan Sakramen Krisma yang akan dirayakan bulan September nanti.
  • Otello Pancani SX, pergi cuti ke kampung halamanya (Italia). Semoga dia disegarkan dalam masa cutinya itu dan dapat kembali nanti untuk melayani kita dengan semangat baru.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Semoga Tuhan memberkati segala usaha kita demi Kerajaan-Nya.

Pekanbaru, 30 Mei 2015

Salam dan hormat kami,

Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s