Tujuan pelayanan Anda…..

Rasul Paulus memiliki suatu kerinduan yang begitu menggebu-gebu dalam hatinya, yaitu bahwa Kristus dengan nyata diagungkan, ditinggikan, dan dimuliakan dalam segala hal yang dikerjakannya. Kerinduan itu telah timbul sejak awal pertobatannya dan terus dikejarnya sampai akhir hidupnya. Dia berjuang sedemikian rupa, mengeluarkan segenap potensi yang dimilikinya, demi mewujudnyatakan kerinduan hatinya itu.

Akan tetapi, bila kita mempelajari perkataan rasul Paulus dalam Filipi 1:20 secara seksama, kita akan mendapati bahwa cara rasul Paulus mengungkapkan kerinduan hatinya sangat aneh. Dia mengatakan: “Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal tidak akan beroleh malu, ….” Mengapa rasul Paulus berkata demikian?

Malu adalah suatu perasaan tidak menyenangkan yang kita alami ketika kita melakukan kesalahan atau kegagalan di hadapan orang-orang yang pengakuan dan pujiannya sangat kita harapkan. Malu adalah suatu perasaan tidak menyenangkan yang melanda kita ketika ada orang yang mengejek dan merendahkan kita. Ketika kita terlanjur mengatakan kepada teman-teman kita bahwa kita pasti akan menang dalam suatu pertandingan dan ternyata yang terjadi justru sebaliknya, kita gagal dalam pertandingan itu karena suatu kesalahan yang kita buat, maka kitapun merasa malu. Ketika banyak orang mengejek dan merendahkan kita karena kelemahan-kelemahan yang kita miliki, kitapun merasa malu.

Lalu, apakah kebalikan dari perasaan malu? Kebalikan dari perasaan malu adalah perasaan senang yang kita alami ketika banyak orang memuji dan mengakui kehebatan serta keberhasilan kita. Itu adalah perasaan yang kita alami ketika kita memenangkan suatu pertandingan dan banyak orang memberikan tepuk tangan meriah serta ucapan selamat kepada kita. Dengan kata lain, kebalikan dari perasaan malu adalah perasaan bangga atau perasaan terhormat. Kebalikan dari dipermalukan adalah dihormati.

Akan tetapi, apa yang dikemukakan rasul Paulus dalam Filipi 1:20 sangatlah aneh. Dia tidak mengikuti logika tersebut. Baginya kebalikan dari kehinaan dirinya bukanlah kehormatan dirinya, melainkan kehormatan Kristus. Dia tidak ingin dirinya dipermalukan bukan supaya dirinya dihormati dan dimuliakan, melainkan supaya Kristus dihormati dan dimuliakan melalui dirinya. Itulah sebabnya ia berkata:

Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal tidak akan beroleh malu, melainkan seperti sediakala, demikianpun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku. (Flp 1:20)

Apa yang paling kita inginkan menentukan apa yang paling membuat kita merasa malu. Bila kita ingin banyak orang menghargai dan menghormati kita, kita akan merasa malu ketika mereka mengejek dan merendahkan kita karena Kristus. Sebaliknya, bila kita ingin banyak orang menghormati dan memuliakan Kristus, kita akan merasa malu ketika mereka mengejek dan merendahkan Kristus karena kita.

Rasul Paulus begitu mengasihi Kristus. Baginya Kristus memiliki nilai yang tak terhingga, jauh melebihi segala sesuatu yang telah dicapai dan dimilikinya. Dia bahkan rela melepaskan segala sesuatu yang berharga dalam hidupnya dan menganggapnya sampah demi mendapatkan Kristus (Flp 3:7-8). Itulah sebabnya Paulus tidak ingin Kristus direndahkan karena dirinya. Sebaliknya, dia rindu banyak orang menghormati dan memuliakan Kristus. Itulah kerinduan dan tujuan utama rasul Paulus dalam hidup dan pelayanannya.

Bagaimana dengan anda? Apakah yang menjadi kerinduan terbesar anda dalam hidup dan pelayanan anda? Kesenangan dan kehormatan siapakah yang sesungguhnya sedang anda kejar?

~Paulus Roi

Kunjungan Kelompok Kerasulan Kitab SUci ke Stasi St Fransiskus Xaverius Bukit Payung 2013 / Dok. KKKS

Kunjungan Kelompok Kerasulan Kitab SUci ke Stasi St Fransiskus Xaverius Bukit Payung 2013 / Dok. KKKS

One thought on “Tujuan pelayanan Anda…..

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s