Dari Pastor Paroki untuk Seluruh Umat – Mei 2015

Umat se-Paroki St Paulus Pekanbaru yang terkasih…

Keluarga merupakan persekutuan pewartaan Injil; di dalam kejadian sehari-hari yang sederhana anak-anak diajarkan bagaimana cara berdoa, mencintai sesama dan nilai-nilai Injil lainnya oleh orang tuanya. Pada Vigilii Pesta Santo Fransiskus de Sales tanggal 23 Januari 2015, Bapa Suci Fransiskus mengeluarkan pesan untuk Hari komikasi sedunia yang jatuh pada setiap minggu Paskah VII, yaitu “Keluarga, tempat istimewa perjumpaan dengan karunia Kasih”. Zaman ini ada banyak tantangan dalam membangun keluarga yang Injili. Tantangannya dapat berasal dari masyarakat luas berupa moral, budaya dan ekonomi. Tantangan lainnya dapat ditemukan di dalam lingkungan keluarga itu sendiri berupa ekonomi rumah tangga dan relasi antar anggota rumah tangga. Namun sesungguhnya ada suatu misteri yang mampu menguatkan hubungan suami-isteri, yakni cinta Tuhan. Tanpa kesadaran akan cinta Tuhan di dalam keluarga, keharmonisan di dalam keluarga khususnya suami-isteri terancam retak.

Dalam kesatuan dengan Gereja Universal, pada Minggu Paskah IV yang lalu kita memperingati hari Minggu Panggilan. Kita diajak untuk bersyukur kepada Tuhan atas anugerah panggilan hidup sebagai imam, bruder dan suster yang melengkapi kharisma dan karya pelayanan dalam Gereja. “Panggilan sebagai anugerah kasih Allah”. Seraya menyukuri anugerah panggilan, kita juga diajak untuk memberi perhatian pada panggilan hidup sebagai imam, bruder dan suster, baik melalui doa maupun derma. Derma yang dimaksud di sini, tidak dibatasi pada derma dalam bentuk uang untuk pendidikan calon imam, bruder dan suster tetapi juga “derma” anak-cucu untuk menjadi imam, bruder dan suster.

Ada peristiwa yang membutuhkan perhatian, dukungan, dan doa kita. Pada tanggal 25 April, telah terjadi gempa besar di Nepal. Banyak saudara-saudara kita yang telah kehilangan keluarga mereka, beberapa masih dalam pencarian dengan penuh pengharapan dari keluarga dan teman-teman yang menantikan mereka.

Maka, dalam bulan Maria ini, bersama-sama Bunda Maria kita mendaraskan doa, baik bagi keluarga kita masing-masing, bagi para imam, bruder dan suster, juga bagi korban gempa di Nepal. Tuhan mendengarkan doa orang beriman.

Pekanbaru, 7 Mei 2015

Atas nama Seluruh Pastor dan Dewan Pastoral Paroki

P Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki

Nepal Pasca Gempa 25 APril 2015

Nepal Pasca Gempa 25 APril 2015 / Foto diambil dari Internet

Nepal - Before and After / Foto dari Internet

Nepal – Before and After / Foto dari Internet

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s