Stasi St Dominikus Tambusai – Malam Paskah 2015

Sabtu, 4 Maret 2015. Untuk pertama kalinya dalam sejarah peribadatan di Stasi St Dominikus Tambusai yang dibentuk akhir tahun 1989 ini, perayaan Malam Paskah umat dipimpin oleh seorang imam. Kali ini, Pastor Casali Otello SX – pastor yang telah berusia 80 tahun  – mendapat jadwal tugas untuk melayani umat di stasi ini.

Setelah sedikit mengadakan briefing tentang bacaan dan mazmur oleh DPP yang mendampingi pastor, dan juga pastor sendiri memberikan penjelasan-penjelasan singkat kepada petugas, Misa segera dimulai pukul 19.30.

Di halaman Gereja umat mengelilingi nyala api, dan Pastor membuka Misa dengan tanda salib dan salam. Bagian pertama dalam perayaan Malam paskah adalah upacara Cahaya, pastor memberkati api baru, memberkati lilin paskah, sambil menggoreskan tanda-tanda pada lilin.

Awal dan akhir, (dari kiri ke kanan) Alpha dan Omega, (A, O) Milik-Nyalah segala masa, (2) dan segala abad (0) Kepada-Nyalah kemuliaan dan kekuasaan, (1) sepanjang segala masa (5).

Umat menyalakan api lilin masing-masing yang diambil dari lilin paskah yang baru, berarak masuk ke dalam Gereja  menuju Altar sambil tiga kali bernyanyi,”Kristus cahaya dunia..” “Syukur keada Allah” Sesampainya di Altar, Lilin yang menyala dengan api batu tersebut diletakkan di tempat khusus. Tidak ada pendupaan di malam Paskah ini. Pujian paskah dibacakan oleh pemimpin lagu, dan diulangi oleh umat.

Misa berjalan dengan tertib, umat mengikuti dengan baik. Pastor yang semangat – yang dalam beberapa kesempatan dibantu umat untuk duduk, berdiri, menuruni tangga Altar – menulari umat untuk bersemangat. Misa berakhir pukul 21.00.

Satu kesan tersendiri bagi umat di Stasi ini, terharu atas pelayanan pastor dan kesederhanaan pastor. Semua seolah berlomba ingin membantu pastor, menyenangkan beliau. Seorang umat – laki-laki – bahkan berkaca-kaca dan berkata kepada kami, “terharu.” Semangat pastor di malam paskah ini dalam melayani umat terasa langsung menular kepada umat yang ingin langsung melayani gembalanya juga.

SELAMAT PASKAH

Foto acara ini dapat dinikmati di Facebook Santo Paulus Pekanbaru

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s