St Agnes Muara Beringin – Ibadat Jumat Agung

Jumat, 3 April 2015

Jumlah umat di stasi St Agnes muara Beringin ada sebanyak 22 KK itupun bertambah 2 KK kurang lebih satu bulan yang lalu. Menurut pengakuan umat sebelumnya di stasi ini belum  pernah ada perayaan Jumat Agung bersama seorang imam. Maka dari itu persiapan umat juga untuk perayaan tersebut sangat kurang. Walau demikian Pastor Cazali,SX. (pastor yang telah mencapai usia kuat menurut pemazmur ini, karena telah melebihi usia 80 tahun) tidak patah semangat. Sebelum perayaan dimulai Pastor dan temannya yang datang dari paroki sabar membantu umat untuk mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam perayaan Jumat Agung.

Untuk Membacakan Injil dipilih 2 orang laki-laki yaitu : Ketua stasi dan seorang pemuda sedangkan untuk menjadi Yesus tetap dibacakan oleh pastor. Juga dilatih lagu-lagu yang akan dinyanyikan dalam perayaan. Pada perayaan Jumat Agung di stasi ini pastor masuk tanpa tiarap karena situasinya yang tidak memungkinkan. Salib yang masih tergantung di dinding diturunkan yang akan digunakan untuk penyembahan salib. Setelah semua persiapan telah cukup ibadat jalan salibpun dimulai dengan cukup hikmat.

Dalam pengantar singkat Pastor mengatakan kalau umat harus sering melihat salib yang tergantung  di rumah masing-masing. Salib yang memberikan keselamatan digunakan untuk berdoa bersama dengan keluarga. Karena baru saja terjadi anak remaja yang tidak jauh dari stasi ini terlibat dengan narkoba dan meninggal dunia. Maka harapan pastor agar umat selalu ingat pada salib Yesus yang begiut mengasihi umatnya. Sehingga karena kasih  tidak merelakan anak-anak jatuh pada kebinasaan ; seperti penarung obat-obatan terlarang***

~Rosalaura Purba

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s