April 2015 : Dari para pastor untuk seluruh umat se-Paroki

The roof copy

Saudara-saudari terkasih,

Selama bulan April dan Mei tahun ini kita akan berada dalam masa Paskah, maka kegiatan-kegiatan kita pun dalam bulan-bulan ini harus diwarnai secara khusus oleh semangat Paskah, yaitu oleh semangat Kristus yang bangkit yang mendorong kita pun bangkit bersama Dia pada suatu hidup yang dijiwai oleh iman, harapan dan cinta kasih, atau seperti kata Paulus:  “Kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.  Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.  Sebab  kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah” (Kol 3:1).  Tema Paskah tahun ini ialah:  “Kita bangkit bersama Kristus untuk Melayani”.

Kita, umat paroki St. Paulus, tahun ini mempunyai suatu alasan extra untuk ‘bangkit’ dan memperbaharui semangat hidup kristiani kita, yaitu karena sudah dimulai periode kepengurusan baru di paroki kita yang diresmikan oleh Bpk Uskup dengan pelantikan Dewan Pastoral Paroki (DPP) yang baru di Gereja St. Paulus, pada tanggal 15 Februari. Pelantikan DPP disusul langsung dengan pembaharuan pengurus di stasi-stasi. Dan sungguh merupakan suatu keberhasilan yang patut dibanggakan dan disyukuri, suatu karya Roh Kudus, bahwa dalam kurung waktu sekitar satu bulan saja, dengan bantuan DPP yang baru dipilih, telah diadakan dengan baik pemilihan dan pelantikan/pemberkatan pengurus baru di masing-masing stasi (26) paroki kita.

Seluruh umat paroki sekarang menaruh harapan besar pada pengurus baru, dan langkah-langkah awal pengurus baru amat menentukan kerja sama dan pelaksanaan kgiatan-kegiatan selanjutnya.  Maka sambil menunggu sosialisasi program kerja DPP dan pengarahan lebih lanjut dari DPP, di masing-masing stasi perlu diperhatikan beberapa hal, antara lain yaitu:

  • Harus diadakan serah terima secara rinci antara pengurus lama dan pengurus baru yang menyangkut surat-surat, buku-buku, keuangan dan hal-hal lain yang menjadi tanggung-jawab pengurus di stasi.
  • Pengurus baru bersama dengan pengurus lama diminta untuk membuat daftar inventaris stasi.
  • Pengurus baru diminta untuk menyusun program kerja jangka pendek dan jangka panjang yang harus nanti direstui Pastor/DPP. Jika ada rencana suatu pembangunan, rencana itu harus direstui dulu oleh Pastor/DPP sebelum mulai dikerjakan.
  • Agar kerja sama antar pengurus berjalan dengan baik, mutlak perlu adanya komunikasi antar pengurus. Maka penting sekali supaya diadakan pertemuan/rapat pengurus stasi, paling kurang sekali sebulan dan supaya harinya ditentukan.
  • Dalam bidang liturgi dan katekese perlu diperhatikan:
    • Agar ibadat mingguan diadakan pada waktunya dan menurut tata perayaan yang baru.
    • Agar anak-anak, remaja dan OMK ikut aktif dalam ibadat dan pembinaan di stasi.
    • Agar diadakan/diteruskan kursus persiapan Komuni Pertama menurut kebutuhan di masing-masing stasi
    • Agar diadakank/diteruskan kursus persiapan Sakramen Krisma yang akan dirayakan nanti pada kunjungan pastoral Bpk Uskup bulan September.

Suatu peristiwa lain penting di paroki kita yang patut kita syukuri ialah bahwa gereja St. Paulus di pusat paroki mulai dipergunakan secara tetap untuk beribadat pada hari Minggu Palma. Pekerjaan memang belum selesai… banyak pekerjaan ‘finishing’ yang masih perlu dituntaskan baik di dalam gereja maupun di lapangan sekitarnya. Bangku-bangku baru pun belum ada… Maka dukungan keuangan tetap kami nantikan lebih-lebih dari orang/stasi yang di masa lampau mungkin ‘lupa’ memberikan sumbangan yang telah disepakati.  Ya, dukungan itu perlu, jika kita ingin meresmikan gereja ini nanti!

Demikianlah dari kami.

Atas nama para pastor, para suster dan Dewan Pastoral Paroki, kami ucapkan

SELAMAT HARI RAYA PASKAH!

TUHAN KITA SUDAH BANGKIT DAN HIDUP…

ALLELUYA, ALLELUYA, ALLELUYA!

Pekanbaru, 28/3/2015

Salam dan hormat kami,

 Franco Qualizza, SX

Pastor paroki.

pastiors

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s