Kunjungan Koor Ave Verum ke Stasi St Fransiskus Assisi Indah Kiat

MENJADI PELAYAN GEREJA YANG SEJATI

Paduan  Suara  Ave Verum

Paroki Santo Paulus Pekanbaru

Dalam usianya yang ke 10 Kelompok Paduan Suara Ave Verum mengadakan kunjungan dan rekoleksi ke Stasi Indakiat.  Arti nama dari kelompok Paduan suara ini adalah “Salam Yesus” . Berkunjung ke stasi kecil merupakan hal yanag baru di lakukan oleh kelompok padian suara ini.  Sehingga sebagian besar dari peserta  yang berangkat merasa terkejut melihat  banguanan gereja stasi yang sangat sederhana. Banguan dari papan dan lantai dari semen.  Sebagian dindingnya ada yang berlubang dan tidak ada plafon. Hal ini membuat pastor dan umat sungguh merasa kepanasan terlihat dari keringat yang mengalir seperti biji jangung dari sebagian besar orang yang ada dalam gereja kecil itu. Walau demikian situasi gereja tidaklah menyurutkan hati peserta untuk memberikan suaranya dalam memuji Tuhan. Selain untuk menyemangati umat di Stasi Indakiat juga memberikan penyegaran rohani bagi peserta paduan suara Ave Verum. Maka pada saat misa paduan suata ini membawakan dua buah lagu untuk persembahan dan komuni. Walaupun tidak diiringi music tetapi semua bernyanyi dengan semangat.

Tanpa disangka dan diduga saat kelompok Ave Verum berkunjung ke stasi ini – Minggu 15 Maret 2015 – juga akan berlangsung proses peneguhan atau pelantikan pengurus stasi yang baru terpilih beberapa minggu lalu. Selain pastor Franco juga hadir Ibu Renata dari DPP (dewan Pastoral Paroki) yang bertugas di Stasi Indakiat dalam proses pelantikan pengurus.

Koor Ave Verum - menyumbangkan lagu di Stasi St Fransiskus Assisi Indah Kiat / Dom Admin

Koor Ave Verum – menyumbangkan lagu di Stasi St Fransiskus Assisi Indah Kiat / Dom Admin

Setelah Misa yang dipimpin oleh Pastor Franco Qualizza, SX.  di Gereja kecil itu, peserta masih melanjutkan kegiatannya di Komunitas Suster-suster FCJM. Rekoleksi ini dipimpin oleh Sr. Lois, FCJM. Dalam rekoleksi ini Sr. lois member tema rekoleksi ini “MENJADI PELAYAN GEREJA YANG SETIA” menurut Sr. Louis bahwa menjadi anggota paduan suara juga meyani memlalui suara. Melayani bukan untuk mencari kemegahan diri atau puji-pujian untuk diri sendiri. Tetapi melayani untuk menghantar orang agar semakin dekat dengan Tuhan. Dalam renungan yang dibawakan Sr. Louis Saragih FCJM diajak untuk dapat meneladan Santo Barnabas. Di mana Santo Barnabas menunjukkan beberapa keutamaan yang dapat dihidupi oleh anggota Ave Verum dalam melayani Gereja yaitu : Bermurah hati, Berpikir positif, bersikap positif, bekerjasama, dan berani member kesempatan. Keteladanan ini merupakan sikap yang dapat membantu untuk tidak menonjolkan diri. Dan sikap ini hanya dapat dicapai jika masing-masing dapat juga menghidupkan sikap dan keutamaan yang disampaikan oleh mother Theresia dari Kalkuta yaitu : “ buah dari keheningan adalah doa, buah dari doa adalah kekuatan iman, buah dari kekuatan iman adalah cinta kasih, buah dari cinta kasih adalah pelayanan,  buah dari pelayanan adalah kedamaian.”

Semoga semua anggota Ave Verum baik yang sudah bergabung maupun yang akan bergabung dapat menumbuh kembangkan sikap pelayanan itu dalam hati dan jiwanya agar dalam melayani gereja tidak terjadi perpecahan seperti yang dicontohkan pada awal rekoleksi. Sebab awal perpecahan pada umumnya bukan berasal dari hal besar tetapi dari hal-hal sepele.

Setelah rekoleksi selesai peserta secara berkonvoi pulang kembali ke Pekanbaru, ada 7 mobil yang ikut dalam konvoi tersebut. Sungguh perjalanan yang menyengkan baik berangkat maupun pulang. Semua berada dalam lindungan Tuhan. Tuhanlah penjaga dan penolong ku….

~Rosalaura Purba

Rekoleksi di kebun sawit / Dok. N. Paulina

Rekoleksi di kebun sawit / Dok. N. Paulina

FB_IMG_1426720609830

Rekoleksi di kebun sawit / Dok. N. Paulina

Foto bisa dilihat di Facebook kontributor

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s