Stasi St Laurentius Suka Ramai – Pemilihan Dewan Stasi Periode 2015 – 2018

BUKAN KAMU YANG MEMILIH AKU

MELAINKAN AKULAH YANG MEMILIH KAMU

Mungkin kata Exsodus (bertolak ke tempat yang dalam) dapat digunakan untuk semua pengurus yang berkarya di ladang Tuhan. Siapa yang mau melakukan Exsodus maka taruhannya adalah merelakan diri untuk dipakai oleh Tuhan. Bukan karena sendiri mampu dan tau, tetapi karena Tuhanlah yang memilih. Hal ini sungguh sangat terasa paling tidak oleh pengurus DPP (Dewan Pastoral Paroki) yang sudah beberapa minggu ini sudah merelakan diri untuk pergi ke stasi-stasi. Pergi ke sana bukan karena tidak ada kesibukan. Sungguh masing-masing dari pengurus DPP menyadari bahwa kesibukannya sangat banyak. Tetapi demi tugas yang dipercayakan  maka harus mau dan merelakan diri untuk melakukan exsodus. Tentu yang direlakan bukan hanya waktu tetapi juga tenaga dan lain-lainnya. Waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat karena sepanjang minggu sudah bekerja, namun sekarang digunakan untuk pergi ke stasi melakukan pemilihan terhadap pengurus stasi.

Hal ini sempat menjadi bahasan dari Tim A yang di utus ke Stasi Santo Laurensius Sukaramai. Perjalanan ke sana ditempung dalam waktu ± 2 jam. Saat Tim sampai di sana umat sudah memulai Ibadat Sabda yang dipimpin oleh Bapak Sijabat yang menjabat sebagai ketua stasi periode 2012 s.d 2015. Agar tidak membuang-buang waktu, setelah ibadat sabda, umat diminta untuk tidak pulang dulu karena masih aka nada acara pemilihan pengurus stasi.

Dalam proses pemilihan pengurus, hamper disemua stasi selalu tidak mudah untuk memilih calon pengurus. Pada umumnya semua umat saat dicalonkan  selalu menolak untuk dicalonkan, baik yang sudah pernah menjabat, maupun yang belum pernah. Namun baiklah kita kembali kepada teladan Bunda Maria yang berkata dalam FIATnya ; “ sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan terjadilah padaku menurut kehendakMU” dialah abdi Allah yang menjadi teladan kerendahan hati kepada kita. Walau tidak mudah karena kedosaan kita menghambat kita untuk tidak mudah meneladaninya.

Jumlah umat yang hadir saat pemilihan di suka ramai adalah sebanyak 20 orang laki-laki dan 35 orang perempuan tidak termasuk anak-anak. Bila dibandingkan dengan jumlah umat secara adminitrasi tentu jumlah yang hadir itu belum seluruhnya.

Sebelum melakukan pemilihan dilakukan terlebih dahulu pengusulan calon secara tertulis oleh umat, dan siapa saja yang telah dituliskan umat tidak bioleh lagi menolak untuk dicalonkan. Maka hasil usulan umat terdapat 5 orang calon yaitu : bapak H Lumban Batu, Bapak Sijabat (ketua stasi yang lama), Bapak Sinaga, Bapak togatorop, dan Ibu S br. Sidabutar, dan yang terpilih menjadi ketua Stasi periode 2015 s.d 2018 adalah Bapak Sijabat (terpilih kembali) dan yang menjadi wakil ketua adalah Bapak Lumban Batu. Yang terpilih sebagai sekretaris adalah Ibu br. Sinulingga, yang menjadi bendahara adalah Ibu br. Gultom. Selain perangkat inti tersebut juga dipilih seksi-seksi yang dibutuhkan untuk stasi yaitu :

  1. Seksi Liturgi                           : Bapak Sinaga
  2. Seksi Katekese dan Kitab Suci: Ibu br. Sidabutar
  3. Seksi Humas dan Sosial         : Bapak H. Sihombing
  4. Seksi BIA dan BIR                 : Ibu br. Naibaho . Karena seksi BIA dan BIR sudah merasakan betapa kesulitannya dalam mendampingi anak-anak maka diminta untuk memilih temannya dalam melakukan pendampingan terhadap anak dan remaja.
  5. Seksi Kepemudaan                 : Bapak T Pakpahan
  6. Seksi Harta benda dan pemeliharaan gereja : Bapak Togatorop.

Demikianlah pengurus Stasi Santo Laurensius Suka ramai untuk periode 2015 s.d. 2018. Kita semua berdoa untuk semua pengurus agar teta bersemangat dalam menjalankan tugas pelayanan gereja. Seperti yang disampaikan oleh bapak Sijabat :”hendaklah kita mau berkurban seperti yang dilakukan Bapak Abraham, tidak usah ½ nya, tetapi ¼ nya yang diteladankan Bapa Abraham pasti gereja kita sudah maju.

Semoga semangat berkurban dapat menjiwai semua pengurus dalam memberikan pelayanannya.

~ Rosalaura Purba

Gereja stasi St Laurentius Sukaramai / Dok Admin

Gereja Stasi St Laurentius Sukaramai / Dok Admin

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s