Misa Hari Perkawinan Se-dunia di Paroki St Paulus Pekanbaru

Perayaan Hari perkawinan sedunia di Paroki St Paulus Pekanbaru / Foto Martinus Novianto

Perayaan Hari perkawinan sedunia di Paroki St Paulus Pekanbaru / Foto Martinus Novianto

Sabtu malam Minggu, 14 Februari 2015, di Paroki St Paulus Pekanbaru digelar Misa Hari Perkwainan Se-Dunia. Perayaan Misa khusus ini adalah kali kedua di Pekanbaru, yang mana sebelumnya diadakan juga di Paroki St Maria A Fatima. Misa ini dikoordinir oleh teman-teman dari Marriage Encounter (ME) Pekanbaru, bekerjasama dengan Seksi Keluarga DPP.

Ide agar ada perayaan perkawinan secara khusus, bermula di kota Baton Roug, ibukota dari negara bagian Lousiana, Amerika Serikat, pada tahun 1981.

Pada tahun itu beberapa pasangan suami istri ME pergi menghadap walikota, gubernur, serta Uskup kota Baton Roug. Mereka meminta agar valentine day dirayakan sebagai hari “Kami Percaya Terhadap Perkawinan” (We Believe in Marriage Day).

Pada tahun 1983, judul “kami percaya terhadap perkawinan” diubah menjadi  “Hari Perkawinan Sedunia” (World Marriage Day). Perayaan-perayaannya pun sudah lebih terstruktur. Ditetapkan bahwa perayaan “World Marriage Day” dilakukan pada minggu kedua bulan Februari.

Misa konselebrasi ini dipimpin oleh waligereja Katolik Keuskupan Padang, Bapa Uskup Mgr Martinus D Situmorang OFM Cap, bersama Rm Anton Konseng, Pr selaku pembimbing rohani Marriage Encounter (ME) Pekanbaru, bersama-sama dengan RD Pardomuan Benediktus Manullang Pr, Pastor Franco Qualizza SX, Pastor Otello Pancani SX, dan Pastor Casali Otello SX.

Dalam ritus pembuka, Pastor Anton mengajak para pasutri untuk melakukan pemeriksaan batin.

Setelah Homili dan pengucapan syahadat iman, Bapa Uskup memimpin perbaharuan janji perkawinan para pasutri. Diwakili satu pasang pasutri berdiri di depan altar, yaitu Pasutri Yohanes Sutrisno dan Laurentia Emilia, seluruh pasutri yang hadir saling berpegangan tangan dan memperbaharui janji perkawinan mereka.

Kepada para suami

  • Uskup : “Bersediakan anda untuk tetap mencintai ISTRI Anda dalam untung dan malang, dalam keadaan suka dan duka seumur hidup Anda?”
  • Para suami: Ya, saya mau

Kepada para Istri

  • Uskup : “Bersediakan anda untuk tetap mencintai SUAMI Anda dalam untung dan malang, dalam keadaan suka dan duka seumur hidup Anda?”
  • Para istri: Ya, saya mau

Pembaharuan janji perkawinan Pasutri Y Sutrisno – Laurentia Emilia / Foto Martinus Novianto

Umat terlihat sangat antusias dan senang dengan diadakannya perayaan ini. Beberapa menyatakan, bahwa setelah mengikuti perayaan ini mereka memiliki makna yang lebih mendalam dalam keluarga, merasa lebih gembira dan lebih bahagia dnegan kehadiran orang-orang di sekitar mereka, dan lebih menghargai makna kebersamaan dalam keluarga.

Pasutri Choky – Dewi

Foto-foto di Facebook Paroki Santo Paulus Pekanbaru

Pembaharuan janji perkawinan

Pembaharuan janji Perkawinan

 

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s