DPP 2015-2018 dan menyembuhkan orang kusta

Minggu, 15 Februari 2015, di Gereja Baru Paroki St Paulus Pekanbaru, diadakan Misa Konselebrasi Mingguan pukul 08.30 dipimpin oleh Waligereja Katolik Keuskupan Padang, Mgr Martinus D Sitomorang OFM Cap, bersama Pastor Paroki Pastor Franco Qualizza SX, Pastor Otello Pancani SX, Pastor Yulius Tangke Bandaso SX, dan Pastor Casali Otello SX.

Dalam homili, Bapa Uskup menyinggung tentang orang kusta, sesuai dengan bacaan injil hari ini. Orang Kusta, orang yang tidak ada harapan, orang yang tidak ada semangat, orang yang disingkirkan dari komunitas, datang kepada Yesus dan minta belas kasihan-Nya, “Kalau Engkau mau, Engkau bisa menyembuhkan aku.” Dan Yesus mau.

Orang kusta adalah orang yang tercabut dari akarnya – akar sosial – dan berarti ia bukan lagi manusia normal yang bisa mengembangkan dirinya, tidak bisa lagi memberi sumbangan, dan malah dianggap sebagai ancaman.

Bapa Uskup mengajak kita untuk menilai diri sendiri, apakah kita pernah sedemikian membuat orang merasa dikucilkan, membuat orang  merasa tidak diindahkan, tidak dihargai? Jawablah di hadapan Tuhan.

DPP 2015 2018 / Foto : Martinus Anwar Novianto

DPP 2015 2018 “Roh Kudus akan berbicara untuk kamu”  / Foto : Martinus Anwar Novianto

Sebanyak 26 orang, yaitu DPP periode 2015 – 2018 diberkati dan dilantik oleh Bapa Uskup. Seperti Yesus, kita pun dimampukan untuk menyembuhkan orang kusta, bukan malah mengucilkan. Mengutip pesan Santo Paulus Rasul, “Lakukan apa saja, dimanapun, demi Kemuliaan Tuhan”. Bukan untuk kepentingan martabat diri sendiri. Lakukan yang terbaik bagi Allah. Jangan takut, pesan beliau, karena – kembali mengutip pesan St Paulus Rasul, “Roh Kudus akan berbicara untuk kamu.

Pemberkatan DPP 2015 2018 oleh Bapa Uskup Mgr Martinus D Situmorang OFM Cap / Foto: Martinus A Novianto

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s