KPP I – 2015,;

Mengawali tahun 2015 dan sebelum masa prapaskah kembali seksi keluarga menggelar kursus persiapan perkawinan. KPP angkatan I / 2015 ini dimajukan seminggu lebih awal yaitu pada pada minggu pertama Februari yaitu dari tanggal 6 – 8 februari 2015 dikarenakan pada minggu kedua agenda kegiatan di Gereja Santo Paulus Pekanbaru sangat padat.

KPP I/2015 kali ini diikuti oleh 8 pasang muda mudi dan 2 orang single, peserta berasal dari stasi –  stasi di Paroki Santo Paulus dan 1 pasang dari paroki Santa Maria. Cukup sedikit tapi hal positif yang bisa kami ambil justru bila peserta relatif sedikit seperti kali ini maka materi bisa diterima lebih baik oleh peserta.

Pada hari I jumat 6 februari KPP bisa diselesaikan pada jam 22:30, hari ini hanya diberikan 2 materi saja tapi karena saat itu bertepatan dengan diadakannya misa Jumat Pertama pada jam 19:30 sehingga KPP selesai cukup malam dan melelahkan. Hari II KPP Sabtu 7 Februari diberikan 5 materi, yang mulai diberikan padan jam 8:00 dan bisa diselesaikan pada jam 22:00. Hari ke III KPP Sabtu 8 Februari sebagai pemuncak Kursus diberikan 2 materi yaitu Komunikasi dalam Keluarga dan Ekonomi Rumah Tangga yang mulai diberikan pada jam 9:00 pagi seusai misa I dan ditutup tuntas pada jam 14:00. Pada KPP I/2015 ini narasumber Ekomomi RT bapak Martinus berhalangan dikarenakan sedang sakit (cepat pulih kembali ya pak ….) , syukurnya team seksi Keluarga yang baru dalam kepengurusan 2015-2017 yaitu Pasutri bapak Totok dan ibu Tutik siap untuk menggantikannya. Agak mendadak prosesnya tapi karena pak Totok dan Ibu sudah berpengalaman dalam memberikan materi ERT di KPP Santa Maria maka tidak ada kesulitan untuk memberikannya pada KPP di Santo Paulus.

Pada masa awal kursus peserta cenderung pasif karena pada tiga materi pertama nyaris tanpa satu pertanyaan pun dari peserta, baru pada materi ke empat dan seterusnya peserta mulai aktif bertanya. Mungkin tipikal peserta kali ini seperti mesin diesel setelah hangat baru dinamikanya terlihat. Mulai materi Psikologi dalam Keluarga para peserta mulai berani bertanya dan makin aktif terutama dalam sesion Seksualitas dan KB Alamiah. Hal ini dikarenakan para peserta antusias dalam perencanaan pembentukan keluar sehingga tujuan pernikahan itu sendiri untuk mencari kebahagian dan pengembangan keluarga menjadi makin berkualitas dalam segala hal bisa tercapai.

Harapan kami sebagai team Seksi Keluarga semoga kedepan informasi-informasi yang sudah diberikan bisa berguna bagi pasangan itu sendiri mengembangkannya dalam keluarga dan lingkungannya dan berusaha untuk merubah diri serta membuka diri agar kesesuaian bisa dibentuk dengan tidak banyak hambatan.

Melalui forum ini juga kami menekankan bahwa peserta harus bisa memberikan informasi kepada adik-adik dan lingkungannya agar proses pernikahan mulai dipersiapkan beberapa bulan sebelumnya dan jangan sekali sekali mendadak untuk minta dijadwalkan Kanonik dan Pemberkatan Pernikahan, dibutuhkan waktu untuk prosesnya.

Sampai Jumpa dalam angkatan berikutnya, salam….

Pasutri Tri S – Effen M

Peserta dan Nara sumber / Dok Seksi Keluarga

Peserta dan Nara sumber / Dok Seksi Keluarga

Nara sumber / Dok Seksi Keluarga

Suasana kursus / Dok. Seksi Keluarga

 

One thought on “KPP I – 2015,;

  1. SEKSI LITURGI
    PAROKI ST. PAULUS-PEKANBARU
    MENGHIMBAU
    KEPADA SEGENAP UMAT KATOLIK,
    KHUSUSNYA UMAT PAROKI ST. PAULUS
    YG MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL (FACEBOOK)
    DISARANKAN UNTUK MEMASTIKAN DIRI
    TELAH BERTEMAN DENGAN AKUN FB-NYA ST. PAULUS.
    ADAPUN TUJUANNYA ADALAH AGAR SETIAP USAHA UNTUK MENYEBARKAN INFORMASI, HIMBAUAN SERTA PERMINTAAN MAUPUN UNDANGAN UNTUK SUATU KEGIATAN TERTENTU
    DAPAT BERJALAN MAKSIMAL.
    DEMIKIAN HARAPAN KAMI, ATAS PERHATIAN DAN KERJASAMANYA
    DIUCAPKAN TERIMA KASIH.

    Pn G

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s