Stasi St Philipus Arengka Ujung – Perayaan Natal 2014 di awal tahun 2015

Minggu, 4 Januari 2015 di Hari Raya Penampakan Tuhan, Stasi St Philipus Arengka Ujung mengadakan perayaan Natal bersama seluruh umat stasi, di Gedung serbaguna Gereja Ouikumene LANUD Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Perayaan diawali dengan Misa Kudus yang dipersembahkan oleh Pastor Otello Pancani, SX –  dimulai pukul 11.30 waktu setempat. Di awal Misa, Pastor mengucapkan selamat Tahun baru, dan mengajak umat untuk mensyukuri penyelenggaraan hidup yang boleh dirasakan sampai tahun 2015.

Dalam homili, Pastor membacakan Surat Gembala Keuskupan Padang untuk membuka Tahun Pelayanan (diakonia) Keuskupan Padang. Dalam surat tersebut, Bapa Uskup menyapa seluruh umat yang terhimpun di Keuskupan Padang dengan ucapan Selamat Natal. Beberapa hal yang disampaikan Bapa Uskup kepada kita – melalui surat gembala tersebut – adalah bahwa tahun 2015 ini keuskupan Padang menetapkan sebagai tahun diakonia (pelayanan), menghimbau “Pelayan tanpa pamrih” seperti Yesus sendiri yang menyerahkan nyawa sebagai tebusan untuk banyak orang. Hal lain, pada tahun 2015 yang mulai kita lalui ini, keluarga – yang merupakan tempat manusia baru dilahirkan, dibesarkan dan dididik – mendapat perhatian khusus bagi Paus dan para Uskup sedunia, karena makin baik dan indah sebuah keluarga, maka makin indah juga dan makin baik juga Gereja dan bangsa. Hal ketiga, Bapa Suci Fransiskus mencanangkan tahun 2015 ini sebagai Tahun Hidup Bakti (Tahun Religius), dan menghimbau agar kita mendoakan kaum religius, menghargai, menghomati mereka, dan mendoakan panggilan-panggilan baru.

Bapa Uskup kita juga menganjurkan agar kita memanfaatkan fasilitas sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah, yaitu program BPJS, melakukan kewajiban iuran, dan juga memperhatikan dan membantu sesama yang sekiranya kesulitan untuk membayar iuran.

Kolekte adalah persembahan kepada Tuhan dan sumbangan untuk kehidupan Gereja, dan sekaligus permohonan akan berkat Tuhan, demikian salah satu poin lain dari surat Bapa Uskup. Beliau memohonkan agar dalam tahun ini diadakan kolekte khusus untuk pembinaan calon imam, dan juga kolekte khusus untuk kegiatan Bapa Suci pada Minggu terkhir di bulan Juni mendatang.

Misa dimeriahkan juga dengan perarakan persembahan yang dipimpin oleh anak-anak BIA, dengan iringan keyboard dan lantunan penyanyi solo.

Setelah Misa berakhir, Pastor, Suster, Panitia dan seluruh umat menikmati makan siang bersama. Acara dilanjutkan dengan perayaan, terdiri dari pentas BIA, Dram BIR dan BIA, tor-tor, pentas tarian BIR yang menyajikan tarian khas daerah Kampar – bercerita tentang mengusir roh jahat pada saat memulai musim tanam dan pengundian doorprize. Acara ditutup dengan pembagian kantong-kantong makanan bagi anak-anak usia pra sekolah sampai dengan SD, dan doa penutup – pukul 15.30.

~Firsty R Renata, Admin

Foto-foto dapat dilihat di Facebook Paroki Santo Paulus Pekanbaru

Perarakan Masuk / Foto: Admin

Pengantar persembahan / Dok Admin

Umat Stasi St Philipus Arengka Ujung / Dok Admin

Gembala ditengah domba-domba / Dok Admin

Pastor Otello Pancani SX memberikan selamat kepada salah satu pemenang undian berhadiah / Foto Admin

Pastor Otello Pancani SX memberikan selamat kepada salah satu pemenang undian berhadiah / Foto Admin

Ki-ka : Bapak Priyonno Ktua Kring 3, Bpk AC Totok Ketua Stasi – Pastor Otello Pancani SX, Bapak Ignatius Sumarna Ketua Kring 5 dan ketua Panitia / Dok Admin

Orang Majus dalam pentas Drama Kelahiran Yesus oleh BIA dan BIR Stasi / Dok Admin

Orang Majus dalam pentas Drama Kelahiran Yesus oleh BIA dan BIR Stasi / Dok Admin

Pentas tarian dari BIR tentang mengusir roh jahat saat mulai musim tanam, merupakan tarian daerah Kampar / Dok Admin

Pentas tarian dari BIR tentang mengusir roh jahat saat mulai musim tanam, merupakan tarian daerah Kampar / Dok Admin

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s