Menamai Dia, YESUS

Pekan Khusus Adven 20 Des 2014

Bacaan :

Suami Istri yang mendapat anugerah anak, sebelum anak itu lahir, pasti sudah disiapkan nama baginya. Mereka saling berdiskusi, bahkan ada yang minta masukan dari orang tua dan mertua, nama apa yang paling tepat bagi anak mereka. Begitulah salah satu “kesibukan” keluarga muda.

Maria, tidak sesibuk keluarga-kelaurga muda pada umumnya. Pasalnya, Maria dan Yusuf tidak perlu menyiapkan nama. Allah sendirilahyang menyiapkan nama bagi Anak yang akan dilahirkannya. Kepada Maria, malaikat itu berkata, “Janganlah takut, hai, Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.”

Jika Allah sendiri yang menyaipkan dan memberi nama bagi “seorang anak laki-laki” yang akan lahir dari rahim Maria, pastilah nama itu bukan sembarang nama!

Pertama:

Anak itu harus diberi nama Yesus supaya digenapilah pewartaan nabi Yesaya, “Sesungguhnya anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menami Dia Imanuel.” Yesus adalah Imanuel, yang berarti Allah menyertai kita.

Kedua:

Anak itu harus diberi nama Yesus, “karena Dialah yang akan menyelamatkan umat manusia dari dosa mereka. Nama “Yesus” dalam bahasa Ibrani adalah berarti “Allah yang membebaskan”.  Karena itu malaikat Gabriel minta supaya menamai Yesus, untuk menandaskan Siapakah Dia dan untuk apakah Dia diutus.

Jadi, Yusuf dan Maria harus menamai anak Itu Yesus, karena Ia adalah Sang Pembebas. Ia diutus Allah untuk membebaskan dan menyelamatkan manusia dari segala dosa mereka. Itulah sebabnya, pada Vigili Natal nanti kita akan mendengar kabar gembira dari seorang malaikat Tuhan kepada para gembala di padang, “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.” Ya, Yesus itu Juruselamat kita.

~GusAP – diambil dari Renungan harian bercita rasa Katolik “Café Rohani”, Edisi Des 2014 tahun B/I Penerbit Karmelindo

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s