KEGIATAN PASTORAL BULAN DESEMBER 2014 & JANUARI 2015

Saudara-saudari terkasih,

Salam damai Kristus!

Selama kurung waktu bulan Desember thn ’14 dan Januari thn ’15 pokok perhatian bagi kita semua ialah Natal dengan segala persiapannya dan perayaannya.

Dalam rangka persiapan Natal kita dibantu oleh kegiatan-kegiatan masa Adven yang dirancang untuk memaknai ‘masa persiapan penyambutan’ Sang Almasih.  Pertemuan lingkungan yang dipandu dengan bahan katekese ‘Masa Adven’, Ibadat Tobat, Novena Natal, Aksi Sosial Natal bertujuan untuk membuka hati kita pada kehadiran Tuhan di tengah kita  (Emmanuel = Allah beserta kita), di dalam hidup kita yang konkrit: di dalam keluarga, di dalam komunitas Gereja dan masyarakat, teristimewa dalam diri Saudara/i kita yang berkekurangan dan membutuhkan pelayanan kita. Sukses dan buah dari perayaan Natal banyak tergantung pada komitmen kita mempergunakan sarana-sarana untuk mempersiapkannya dengan baik.

Perayaan Natal merupakan suatu perayaan besar dalam Gereja yang patut dirayakan dengan semarak. Tema Natal tahun ini ialah:  “Berjumpa dengan Allah dalam Keluarga”. Tema ini telah disampaikan kepada kita dalam Pesan Natal dari KWI & PGI dan maknanya amat indah dan mendalam yang patut direnungkan di dalam pertemuan di kring, stasi dan di dalam keluarga kita masing-masing.

Bahwa dalam masa Natal dirayakan pula akhir tahun sipil 2014 dan tahun baru 2015 mengundang kita menyadari penyertaan Tuhan dalam hidup dan karya yang sudah kita lalui serta kesediaan-Nya untuk menyemangati dan menyertai kita dalam perjalanan hidup kita selanjutnya. Maka masa Natal ini berkaitan pula dengan waktu untuk membuat evaluasi tentang kegiatan dan kerja kita selama tahun 2014 (‘cuci gudang’… ‘tutup buku’… ‘membuat laporan’…) sekaligus juga waktu untuk merencanakan kegiatan-kegiatan kita untuk tahun 2015.  Para pengurus stasi pun diharapkan membuat suatu ‘evaluasi’tentang kegiatan stasi selama tahn 2014, ‘laporan’ kepada DPP dan kepada umat di stasi, dan ‘merancang’ kegiatan untuk masa mendatang.

 Sebagai anggota Gereja Katolik, kita mempunyai harapan besar untuk tahun 2015. Berbagai peristiwa penting direncanakan di tingkat Gereja Universal, di tingkat Nasional, di tingkat Keuskupan Padang dan di paroki kita sendiri:

  • Di tingkat Gereja Universal:
    • Di Vatikan tahun 2015 akan dilangsungkan Sinode Umum para uskup tentang tema “Perkawinan dan Keluarga Kristiani”. Tema ini sudah dibahas dalam Sinode Luar Biasa yang sudah diadakan tahun ini.  Event ini menunjukkan perhatian khusus Gereja terhadap Perkawinan dan hidup Kristiani dalam keluarga yang dianggap dasar untuk hidup Gereja.
    • Bapa Suci sudah mengumumkan tahun ini “Tahun Hidup Bhakti” (Adven I 2014 – Adven I 2015).  Maka kita diajak untuk menarik perhatian kita juga pada ‘hidup membiara’ demi Kerajaan Allah. Segala tantangan pada panggilan untuk hidup bhakti dan kesetiaan dalam panggilannya patut mendapat perhatian dan doa dari kita semua.
  • Di tingkat nasional: Pada tahun 2015 akan diadakan SIDANG AGUNG GEREJA KATOLIK DI INDONESIA (SAGKI). Sidang ini diadakan lima tahun sekali dan melibatkan hirarki dan umat dari semua keuskupan di Indonesia untuk mengintrspeksi diri dalam hidup meng-Gereja dan untuk merancang arah perjalanan Gereja di masa mendatang.
  • Di tingkat Keuskupan Padang: Dalam Rencana Pastoral Keuskupan Padang, tahun 2015 ini ialah “Tahun Pelayanan” (Diakonia).  Perhatian kita akan diarahkan secara khusus pada kegiatan-kegiatan pelayanan, sebagai wujud dari iman kasih Kristiani kita. 
  • Di paroki kita sendiri, selama tahun 2015 sudah direncanakan hal-hal penting, antara lain:
    • Pembaharuan Dewan Pastoral Paroki beserta Pengurus stasi-stasi.
    • Peresmian Pembangunan Gereja Pusat Paroki.

Semua peristiwa ini mengundang kita bersyukur kepada Tuhan atas kepercayaan-Nya kepada kita dan atas kesempatan untuk melibatkan diri secara aktif untuk membangun Kerajaan-Nya dalam hidup meng-Gereja di paroki kita ini. Sekaligus kita diingatkan pula pada tanggung jawab kita untuk memanfaatkan secara optimal segala kesempatan yang diberikannya kepada kita.

Selamat menghayati Masa Adven! Selamat merayakan Natal dalam sukacita dan damai! Selamat Tahun Baru 2015!

Salam dan hormat kami,

Franco Qualizza, SX

Pastor Paroki.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s