Hari MInggu Adven I tahun B

HARI MINGGU ADVEN I

Yesus bersabda,

33 “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.

 34 Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga.

 35 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta,

 36 supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur.

 37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!”

ASSISI-POPE

 Yesus mencintai negeri-Nya.

Sebagai warga yang mengamati situasi politiknya, Yesus menangisi nasib dan memprediksi kehancuran bangsa-Nya, berikut Bait Allah, simbol identitas bangsa-Nya.

Murid-murid-Nya bertanya kapan itu akan terjadi. Yesus menjawab bahwa semuanya itu akan terjadi selama generasi itu masih hidup. Penginjil Markus melukiskan perombakan sosio-politik yang dahsyat itu dengan warna-warni sastranya; ia menulis bahwa mata hari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. (Mrk 13:24).

Dalam kata-kata ini Yesus tidak mengumumkan “akhir dunia” melainkan perombakan atau kesudahan satu era sosiopolitik. Dalam agama dan budaya  pada zaman itu  matahari, bulan diakui dan disembah sebagai Dewa-Dewi, sebab setiap hari mata hari dan bulan terbit, bangun dan kemudian terbenam, pergi tidur; oleh karena itu matahari dan bulan diyakini memiliki kondisi dan kekuatan ilahi; maka itu penguasa dunia seperti kaisar di Roma harus disembah sebagai: Divus Augustus (Dewa Augustus) dan Firaun di Mesir sebagai Dewa Matahari. Demikian pula para penguasa dunia suka digambar sebagai bintang-bintang, seperti raja Babilon oleh Yesaya 14:

 12 Hai engkau raja Babel, hai engkau Bintang Timur, Hai engkau putera Fajar,, sudah jatuh dari langit, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai engkau yang mengalahkan bangsa-bangsa!

 13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.

 14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi, engkau sudah jatuh ke dalam liang kubur!

Pewartaan injil, yaitu, pesan Yesus, kepada segala bangsa akan menyebabkan para penguasa dunia mengalami “gerhana dan bintang-bintang kejatuhan.

Berkat pewartaan injil semua dewa itu berjatuhan, sebab “nafsu kekuasaan diganti oleh sikap pelayanan karena kasih”.

Situasi ini disampaikan oleh penginjil Markus di bab 13.  Kiranya penjelasan ini perlu, sebab injil hari ini merupakan kelanjutannya.

Dalam Injil hari ini Yesus mulukiskan diri-Nya sebagai “Seorang yang bepergian” (BepergianYesus, artinya, Yesus pergi sebab akan dibunuh) maka Ia “meninggalkan rumahnya” (rumah-Nya itu adalah keluarga-Nya, yaitu komunitas murid-murid-Nya) dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya (yaitu Yesus menyerahkan kepada murid-murid-Nya tanggung jawab mewartakan kasih Bapa-Nya kepada semua orang), masing-masing dengan tugasnya (artinya, pewartaan injil adalah tanggung jawab bersama, namun dengan cara dan fungsi yang berbeda sesuai kesanggupan masing-masing murid-Nya).

Jika”tuan rumah itu tiba-tiba pulang jangan kamu didapatinya sedang tidur” artinya,

Yesus mengharapkan murid-murid-Nya tidak tidur, melainkan sigap mendeteksi situasi di mana manusia membutuhkan pelayanan kasih dan berani turun tangan, sebab dalam pelayanan kasih itu Yesus datang.

Apabila kita melayani orang terdorong oleh kasih, Yesus, Anak Manusia, datang dan Ia menghadirkan kasih Bapa-Nya melalui kasih kita.

 ~ P. Otello Pancani, SX

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s