Kunjungan DPP ke WIlayah II – Nov 2014

Rumbai, Sabtu-15 November 2014

Jam telah menunjukkan pukul 09:30 pagi, tampak mulai banyak Pengurus Wilayah 2 berdatangan ke Aula Gereja Katolik Stasi Santa Lucia Rumbai. Yang mengejutkan, ternyata pada saat itu seluruh DPP Paroki telah hadir (kecuali sie liturgi yang sedang berhalangan) yaitu Pastor Franco, Pastor Lius, Suster Leony, Pak Nyoman (Katekis), Pak Sugiyana (Seksi Katekese), Ibu Cecilia (Seksi Sosial) dan Bidan Endang (Seksi Sosial). Sedangkan Pengurus Wilayah 2 dihadiri oleh seluruh Perwakilan Stasi-stasi di Wilayah 2 kecuali dari Stasi Muara Fajar yang disebabkan oleh adanya kegiatan lain di stasi mereka.

Para Pengurus DPP Paroki dan Pengurus Wilayah 2 sesaat sebelum Rapat

Rapat dimulai sekitar jam 09:45, yaitu penjelasan singkat dari Pak Nyoman mewakili DPP tentang agenda yang akan dibahas pada Rapat Wilayah 2 di Bulan November ini yaitu ttg penjelasan masa adven, evaluasi PSHMRTI atau TPS yang baru, Sharing kegiatan seksi katekese, seksi liturgi, seksi sosial Paroki, proses pergantian pengurus di Stasi-stasi dan Dewan Pastoral Paroki yang akan dilaksanakan awal tahun depan.

Penjelasan tentang masa adven dilakukan oleh Pastor Franco sendiri dimana Pastor menjelaskan pengertian adven, pembagian masa adven, pengertian simbol-simbol pada masa adven antara lain pengertian dari 4 lilin, tokoh-tokoh yang berhubungan erat dengan masa adven berdasarkan alkitab, sikap-sikap dalam masa adven, dan pengharapan Pastor Franco agar Pengurus juga mensosialisasikan ke umat lainnya sampai ke tingkat kring atau lingkungan.+

Agenda lain yang dibahas adalah dari seksi katekese Paroki yaitu penjelasan tambahan untuk masa adven dimana seksi katekese telah menyiapkan 2 buku yaitu untuk Pemandu dan untuk Umum pada saat masa adven yang akan dilaksanakan di stasi-stasi atau di kring-kring.

Agenda Rapat kemudian dilanjutkan dengan evaluasi pelaksanaan PSHMRTI atau TPS baru di stasi-stasi di Wilayah 2. Masing-masing stasi melalui perwakilannya menyampaikan evaluasi termasuk concern yang perlu ditindaklanjuti oleh seksi liturgi Paroki baik itu ke keuskupan Padang maupun ke KWI.

Seksi sosial yang mendapat kesempatan berikutnya memaparkan program kerja yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini yaitu melanjutkan donor darah bekerjasama dengan PMI pada tanggal 7 Desember 2014 di SD Santa Maria 2 Labuh Baru jam 09:0sampai jam 13:00. Seksi sosial Paroki mengajak keikutsertaan semua umat dalam program donor darah ini untuk mendulang sukses yang sama pada program sebelumnya dimana kantong darah yang dibawa oleh PMI sempat kehabisan.

Seksi sosial juga menjelaskan tentang program BPJS Pemerintah dimana manfaat BPJS ini sudah dirasakan cukup berguna bagi masyarakat terutama bagi masyarakat yang memerlukan bantuan dari Pemerintah. Syarat-syarat pendaftaran, bagaimana mendaftar, berapa biaya/premi dan manfaat apa saja yang dicover oleh BPJS ini disampaikan oleh Bidan Endang secara ringkas dan padat.

Seksi Sosial Paroki sedang menjelaskan program kerja

Agenda terakhir yang dibahas dalam rapat selanjutnya adalah tentang telah dekatnya waktu pergantian pengurus baik di DPP maupun di stasi-stasi. Rapat Pleno DPP untuk pergantian Dewan Pastoral Paroki akan diadakan pada tanggal 16-18 Januari 2015 dan kemudian dilanjutkan dengan pemilihan dan pergantian pengurus di stasi-stasi di bawah Paroki Santo Paulus Pekanbaru.

Pada kesempatan ini Pak Ginting menjelaskan syarat-syarat calon Ketua ataupun Pengurus yang akan dipilih oleh umat.

Dalam rangka pergantian pengurus ini DPP mengharapkan tiap-tiap pengurus stasi mempersiapkan laporan seperti yang disyaratkan.

Rapat kemudian diakhiri dengan makan siang bersama yang sudah dipersiapkan oleh ibu-ibu di Stasi Rumbai pada jam 13:45.

~Sonny Wijaya

Pengurus DPP Paroki dan Pengurus Wilayah 2 yang hadir

Pak Nyoman sedang mencatat evaluasi TPS baru

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s