Hari Komunikasi Sedunia 2015: “Komunikasi dalam Keluarga: Tempat Istimewa Menemukan Keindahan Cinta”

Keterangan foto: Selfie Paus Fransiskus dgn Orang Muda Asia; Komunikasi dalam Keluarga, ilustrasi dari www.diocesisorrentocmare.it

Keterangan foto: Selfie Paus Fransiskus dgn Orang Muda Asia; Komunikasi dalam Keluarga, ilustrasi dari http://www.diocesisorrentocmare.it

Hari Komunikasi Sedunia 2015

Komunikasi dalam Keluarga: Tempat Istimewa Menemukan Keindahan Cinta

MENURUT siaran pers Vatikan, tema Hari Komunikasi Sedunia  2015 berkesinambungan dengan pesan Tema Hari Komunikasi Sedunia 2014, “Komunikasi: Budaya perjumpaan yang sejati“, serta berkaitan dengan tema Sinode tentang Keluarga, yang baru saja berlangsung  5-19 Oktober 2014.

Berbagai berita melaporkan tentang adanya kesulitan yang dihadapi keluarga-keluarga saat ini.  Sering kali, perubahan budaya tidak membantu kita menghargai bahwa betapa pentingnya keluarga.

“Hubungan antara para anggota keluarga dijiwai dan dibimbing oleh hukum ‘memberi secara sukarela’. Dengan menghormati dan memupuk martabat pribadi pada masing–masing anggota sebagai satu-satunya dasar nilai, sikap ‘memberi secara sukarela’ itu diwujudkan dalam sikap menerima setulus hati, perjumpaan dan dialog, sikap tersedia tanpa pamrih, pengabdian dengan kemurahan hati, dan sikap setiakawan yang mendalam” (Familiaris Consortio no. 43).

Hari Komunikasi Sedunia 2015 akan berlangsung pada 17 Mei dan akan merefleksikan tentang  orang-orang yang “mungkin terluka dan kecewa, namun cinta di antara seorang pria dan seorang wanita merupakan sesuatu yang baik,” membiarkan “anak-anak tahu bahwa mereka adalah karunia yang paling berharga,” dan membantu ”memulihkan mereka yang terluka dan kecewa …menemukan kembali keindahan cinta”.

“Bagaimana kita dapat menunjukkan bahwa keluarga adalah tempat istimewa dimana kita mengalami keindahan hidup, sukacita dan rahmat kasih,  saling menerima dan memberi, dan pertemuan dengan yang lain?”

Pernyataan itu menambahkan bahwa Gereja harus belajar kembali “bagaimana menunjukkan bahwa keluarga adalah karunia besar, sesuatu yang baik dan indah”.

“Ini adalah tugas menarik untuk menggerakkan orang melihat realitas sejati dari pribadi manusia, dan itu membuka pintu untuk masa depan, yaitu, untuk kehidupan.”

Hari Komunkasi Sedunia, satu-satunya perayaaan seluruh dunia sebagaimana diamanatkan oleh Konsili Vatikan II, setiap tahunnya selalu dirayakan di hampir semua negara. Ini berdasarkan  rekomendasi para uskup sedunia dan biasanya dirayakan  pada hari Minggu sebelum Pentakosta (17 Mei 2015).

Pesan Bapa Suci untuk Hari Komunikasi Sedunia secara tradisional diumumkan dalam rangka Pesta Santo Fransiskus da Sales, pelindung para penulis (24 Januari 2015)

 

SUmber : KWI

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s