Rawil Para pastor se-Riau Daratan Oktober 2014

Sekali dua bulan, para pastor se Riau daratan mengadakan Rawil. Kali ini – Oktober 2014 – Rawil diadakan di Paroki St Maria A Fatima Pekanbaru. Hal baru dalam rawil yang biasanya diikuti oleh Para Pastor ini adalah diundangnya DPP dari masing-masing paroki untuk menghadiri presentasi – seminar – di penghujung Rawil, 8 Oktober 2014. Masing-masing Paroki mengirimkan 5 – 8 orang DPP nya yang terdiri dari Paroki St Maria Ratu Rosari Bagan Batu, St Ignatius Pasir Pangaraian, St Yosef Duri, Fransiskus Xaverius Dumai sekaligus St Petrus dan Paulus Bagansiaspi-api, Hati Kudus Pangkalan Kerinci, Theresia Kanak-kanak Yesus Air Molek, St Yoh Pembaptis Perawang, St Paulus Pekanbaru dan St Maria A Fatima Pekanbaru. Dewan Paroki kita mengirim Bpk I Nyoman PA (Katekis), Bpk T K GInting, Bpk Agustinus Peranginangin, Renata, Ibu Rosalaura Purba, Bpk Saurman SItanggang, dan Ibu Nursitti Paulina.

Rm. Cristophorus H Surya nugraha, OSC

Rm. Christophorus H Suryanugraha, OSC

Sehubungan dengan tahun Liturgi yang ditetapkan oleh Keuskupan Padang, tema seminar juga mengedepankan liturgi, “Ekaristi yang Liturgis – Seni dan merayakan” yang disampaikan oleh Rm. Christophorus H Suryanugraha OSC – Ketua Institut Liturgi Sang Kristus Indonesia, yang juga mengajar di Univesitas Katolik Parahyangan Bandung – , dimoderatori oleh RD Pardomuan Benediktus Manullang Pr – yang lebih akrab dipanggil Pastor “Bene”, yang baru menerima Tahbisan Imamat Februari 2014 yang lalu-. Acara dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 13.00.

Banyak pemahaman-pemahaman baru terutama untuk para awam yang mendedikasikan diri dalam DPP di parokinya masing-,masing, diantaranya bagaimana untuk mengupayakan bukan hanya bernyanyi dalam misa (singing at Mass), melainkan menyanyikan misa (Singing the Mass), Juga saat-saat dimana alat musik (organ) tidak dimainkan, mengenai “perasaan kepantaskan” untuk menyambut Tubuh Kristus dan banyak hal lainnya.

Secara keseluruhan, initi dari pertemuan singkat dan padat ini adalah bagaimana sekaligus harapan agar baik Imam dan umat dapat berliturgi dengan berseni, dengan indah, dan sungguh dihidupi dalam hidup harian kita. Dengan liturgi yang indah, niscaya akan menghasilkan buah yang indah juga.

buku Ch Suryanugraha

Sebagai info, Rm CH Suryanugraha OSC juga mengeluarkan beberapa buku mengenai Litrugi, diantaranya “Rupa dan Citra – Aneka Simbol dalam Misa” dan juga “Liturgi Perkawinan – Yang tetap dan yang berubah.”

(ren – DPP)

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s