Perjalanan : Pengakuan dosa dari stasi ke stasi

Menjelang kunjungan Bapa Uskup dalam rangka kunjungan pastoral beliau, para pastor dan juga tim pastoral paroki – yang bertugas memberi pengarahan / katekese singkat / pengantar – mempersiapkan umat-umatnya dengan me-nyambangi– mereka ke stasi-stasi untuk memberikan sakramen pengakuan dosa.

Stasi pertama yang dituju adalah Sta Lusia Rumbai pada hari Sabtu tanggal 6 September.

Hari Selasa, 9 september pukul 15.00, Pastor Franco Qualizza SX, Pastor Ottelo Pancani SX dan Bapak Nyoman (katekis) menuju St Laurentius Sukaramai, dimana calon penerima Krisma dari stasi terdekatnya, yaitu St Dionisius Kampung Damai turut bergabung untuk menerima pengampunan. Sebanyak 17 peniten dari St Laurentius dan 11 peniten dari St Dionisius diterikan pengakuan dosa. Sementara itu di St Yohanes Kota Batak, Pastor Yulius Tangke Bandaso SX melayani pengkuan dosa untuk umat-umat di Stasi St Yohanes Kota Batak, St Stefanus Pasar Flamboyan, St Felicitas Kota Bangun bersama dengan Sr. Leonisia FCJM yang memberikan pengarahan ke[ada umat di sana. 15 peniten dilayani di stasi ini.

Penerimaan Sakramen Pengakuan Dosa di Stasi St Antonius Dn Koto Panjang / Foto Sr. L

Penerimaan Sakramen Pengakuan Dosa di Stasi St Antonius Dn Koto Panjang / Foto Sr. L

Rabu, 10 Sept 2014, kembali para pastor dan tim pastoral dipecah menjadi dua perjalanan. Tim pertama berangkat lebih pagi untuk mengejar jadwal pengakuan pukul 11.00 di stasi St Antonius Danau Koto Panjang, terdiri dari Pastor Franco, Sr Leonisia, ditemani Sr Agustin dan ibu-ibu dari Rumbai yaitu Ibu Irin dan Ibu Nanik. DI stasi ini dilakukan ibadat tobat, dilanjutkan dengan Misa Kudus. Sementara itu, tim kedua – berangkat kemudian – terdiri dari Pastor Lius SX, Pastor Pancani SX dan Bapak Nyoman menuju stasi St Caecilia Siabu yang mana jadwal pengakuan mereka adalah jam 15.30. Sebanyak 28 orang peniten dari stasi tersebut dilayani.

Kamis, 11 September 2014, Pastor Pancani SX dan Pastor Lius SX menuju St Veronika Palas, dan juga bergabung disana umat dari St Agnes Muara Beringin. Ibadat tobat dipimpin oleh Pastor Pancani, katekese oleh Pak Nyoman bersama Sr Leonisia FCJM dan pengakuan dosa oleh Pastor Lius SX. Acara dimulai pukul 17.00 ini melayani 26 peniten dari stasi setempat, dan 2 orang dari St Agnes muara beringin.

Perjalanan masih berlanjut, Jumat, 12 September 2014. Kali ini Seluruh Pastor dan Katekis bersama-sama menuju Stasi St Yohanes Don Bosco Rajawali, untuk menerimakan pengakuan dosa bagi 27 umat dari St Yoh Don Bosco Rajawali sendiri, juga 8 umat St Agatha Kualu Tarai, 4 umat dari St Agustinus Sriwijawa, dan 8 umat dari St Philipus Arengka Ujung.

Kunjungan-kunjungan para pastor dan Tim Pastoralnya akan diakhiri di Paroki, yang melayani ratusan umat calon penerima Krisma di Stasi pusat paroki, pada hari Senin, 15 September 2014 mulai jam 16.00.

~ I Nyoman P A.

Di dalam Sakramen pengakuan dosa inilah, kita bertemu dengan Dokter dari segala dokter, yaitu Yesus sendiri yang hadir di dalam diri imam/pastor. Untuk bertemu dengan Yesus di dalam Sakramen Pengampunan, diperlukan kerendahan hati dan penyesalan, sehingga Yesus sendiri akan memulihkan dan menyembuhkan hati kita.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s