Kisah Institusi (Konsekrasi)

Doa yang mengingatkan kita akan peristiwa perjamuan malam terakhir dinamakan Kisah Institusi (Konsekrasi). Rumusannya dalam DSA II adalah sebagai berikut:

Sebab pada malam Ia dikhianati, Yesus mengambil roti. Ia mengucap syukur dan memuji Dikau, memecah-mecahkan roti itu, dan memberikannya kepada murid-murid-Nya seraya berkata…..” dan seterusnya.

Konsekrasi

Konsekrasi

Sabda dan tindakan Yesus diulangi. Kurban Salib Kristus dihadirkan kembali bagi kita, dan kita mengalami kuasa-Nya yang menebus dan menyelamatkan.

Doa tadi disebut kisah institusi karena mengisahkan peristiwa dimana Tuhan Yesus menetapkan atau meresmikan adanya Sakramen Ekaristi. Pada malam perjamuan terakhir itu, Yesus menetapkan atau mendirikan Sakramen Ekaristi dengan bersabda,”Lakukankah ini untuk mengenangkan Daku.” Gereja memenuhi amanat Kristus ini dengan cara merayakan Ekaristi.

Biasanya, sesaat sebelum konsekrasi, putra Altar dapat membunyikan lonceng atau gong sebagai tanda untuk umat. Demikian pula – sesuai dengan kebiasaan setempat – putra altar dapat membunyikan lonceng atau gong pada saat hosti atau piala diperlihatkan kepada umat.

Yang sungguh harus diperhatikan, ketika konsekrasi suasana yang diciptakan adalah hening – hikmat, dan ketika imam memperlihatkan hosti dan piala, umat memandangnya dengan hikmat. Ketika hosti dan piala diturunkan, umat membungkuk dengan hikmat. Tangan dapat dikatupkan di dada, atau posisi menyembah, atau sikap lain yang hormat dan pantas, sesuai dengan kebiasaan masing-masing.

=======================

SERI : Memahami Liturgi – Khususnya Ekaristi

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s